Pendampingan Proses Digitalisasi Melalui Sekolah Pasar Menggunakan Grabmerchant Pada Pasar Jambangan Surabaya
Keywords:
Digitalisasi, Pasar Tradisional, UMKMAbstract
Pasar tradisional menghadapi tantangan besar, terutama dengan meningkatnya persaingan dari pasar modern dan ketidakmampuan sebagian besar pedagang untuk beradaptasi dengan teknologi digital. Program digitalisasi melalui Sekolah Pasar, yang dilaksanakan di Pasar Jambangan Surabaya, bertujuan untuk memberdayakan pedagang dengan memperkenalkan dan melatih mereka dalam penggunaan aplikasi GrabFood dan GrabMart. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi lapangan untuk memahami dampak dari digitalisasi terhadap UMKM di pasar tersebut. Hasil menunjukkan bahwa digitalisasi dapat meningkatkan daya saing pedagang dan memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan demikian, teknologi digital menjadi kunci penting dalam mempertahankan kelangsungan usaha pedagang tradisional.
References
Aini, D., & Fauzi, H. (2019). Analisis Kebijakan Dan Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kabupaten Situbondo. Cermin: Jurnal Penelitian, 3(2), 142-157. doi: 10.36841/cermin_unars.v3i2.459
Andaningsih, I. R., Trinandari, T., Novita, N., & Kurnia, K. (2022). Pemberdayaan umkm melalui digitalisasi keuangan menggunakan aplikasi catatan keuangan di pasar kranggan wilayah kecamatan jati sampurna kota bekasi jawa barat. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 143-155.
Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan digitalisasi marketing Desa Kebondalem melalui aplikasi google maps: Upaya meningkatkan pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477-483.
Azizah, L. N. (2019). Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil (Studi Kasus Pasar Kiringan Desa Kemlagilor Turi Lamongan). Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 4(Volume IV No. 1, Februari 2019), 823–831. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.224
Bata, P., Egam, P. P., & Makarau, V. H. (2019). Eksistensi Pasar Tradisional Bersehati Terhadap Tata Ruang Kota Manado. Jurnal Spasial, 6(3), 571–580. https://doi.org/https://doi.org/10.35793/sp.v6i3.25475
Dian, P., & Nadhar, M. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Minat Beli pada Pasar Tradisional YUME : Journal of Management Analisis Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Minat Beli pada Pasar Tradisional Cakke Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. YUME : Journal of Management, 3(3), 65–83. https://doi.org/10.37531/yum.v11.34
Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G., Pramesti, D., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi Umkm Dalam Menghadapi Digitalisasi. Jurnal Oikos-Nomos : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 33–42.
Florita, A., Publik, J. A., Jurusan, J., Publik, A., & Mubarak, A. (2019). Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang. JMIAP:jurnal ilmu administrasi publik, 1, 143–153. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24036/jmiap.v1i1.11
Hartono, H., Rudiyanto, M. A., & Asj’ari, F. (2020). Analisa Dampak Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar (Studi pada Pasar Tradisional Desa Bulubrangsi Kec. Laren Kabupaten Lamongan). PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 72–84. https://doi.org/10.36815/prive.v3i2.835
Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM . Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225
Laily Bunga Rahayu, E., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 672–685. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1303
Legowo, M. B., Prayitno, D., & Indiarto, B. (2021). Program Kemitraan Masyarakat Untuk Sosialisasi Program Digitalisasi UMKM Di Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(2), 588-601.
Nasution, E. Y., & Indria, T. (2021, November). Digitalisasi UMKM di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 797-805).
Nugraha, A. L., Lesmana, M., & Djayusman, R. R. (2019). Pengembangan Pasar Tradisional Songgolangit Ponorogo: Tinjauan Perspekti Ekonomi Islam. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2), 188-207.
Prayogi, A., & Kirom, M. (2022). Assistance in Developing The Digitalization of Msmes For The Wonoyoso Village Community of Pekalongan in Facing The New Normal Era. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14–24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652
Rahayu, L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Belidi Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4, 672–685.
Salam, R., Izzatusholekha, I., & Putri, R. Z. (2023). Modernisasi Pasar Ciputat Melalui Program Revitalisasi Pasar. Swatantra, 21(1), 105-116.
Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57.
Syahputra, R., Putri, C., Maliza, N., & Lestari, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 2, 521–527.
Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121–126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mayra Reninta Khansa, R Yuniadi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


