Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Blurukidul dengan Digitalisasi Melalui Platform Shopee

Authors

  • Della Sari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi, Pemasaran, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pemasaran produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Blurukidul melalui digitalisasi pemasaran menggunakan platform e-commerce Shopee. Pelaku UMKM di Desa Blurukidul masih banyak yang belum memanfaatkan pemasaran digital, sehingga berdampak pada peningkatan penjualan dan jangkauan pasar. Langkah yang dilakukan adalah analisis kebutuhan dan identifikasi UMKM, pelatihan digitalisasi pemasaran, pendampingan membuat akun Shopee Seller, serta optimalisasi pemasaran produk melalui Shopee. Hasil yang dicapai adalah peningkatan pengetahuan digital 20 pelaku UMKM. Berharap ke depannya dapat memperluas cakupan pendampingan dan memberikan manfaat berkelanjutan bagi pertumbuhan UMKM. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi produk UMKM dan mendorong adopsi pemasaran digital di kalangan pelaku usaha lainnya

References

Lubis, I., Lubis, H., Zakir, A., & Silitonga, F. W. (2021). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Secara Online. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 78-84.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17-28.

Rosyidiana, R. N., Ervianty, R. M., Firmandani, W., Linduwati, P. M., & Margaretha, C. C. (2023). Digitalisasi UMKM: Implementasi Product Detail Pages dan Pengelolaan Keuangan Digital pada UMKM di Bojonegoro. Jurnal Layanan Masyarakat, 7(1).

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121-126.

Yusuf, M., Sutrisno, S., Putri, P. A. N., Asir, M., & Cakranegara, P. A. (2024). Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review. Jurnal Darma Agung, 30(3), 786-801.

Hamidi, D. Z., Ginanjar, N. S., Deni, A., Safitri, N., & Suwarna, I. (2023). Optimalisasi Manajemen UMKM melalui Pendam-pingan dan Pelatihan Pengabdian pada Masyarakat. Jurnal Pengabdian West Science, 2(03), 206-212.

Melandi, I. K., Budiman, A., & Yusuf, I. (2023). Analisis strategi pemasaran digital pada travelxism menggunakan digital marketing canvas. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1107- 1122.

Witanti, W., Arum, W. A., Fitrieni, Y., Zahra, Y. F., Widianto, Y. M., & Permatasari, V. S. (2024). Optimalisasi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada UKM Dapoer Grandma Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 196-201.

Purwaamijaya, B. M., Herdiana, O., Maesaroh, S. S., & Guntara, R. G. (2022). Pelatihan optimalisasi pemasaran produk UMKM melalui sosial media tiktok. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 1(2), 133-140.

Ridho, W., & Azka, S. L. (2023). Optimalisasi Branding UMKM Rempeyek “Mak Sri” Melalui Pengembangan Desain Kemasan Produk dan Pemanfaatan Digital Marketing. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 143-159.

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., ... & Indah, S. R. (2022). Pelatihan digital marketing untuk mencapai optimalisasi strategi pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839.

Nugraha, E. S., & Andarini, S. (2023). Optimalisasi Branding UMKM Mikasi Drink Dengan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4).

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.

Suranta, S., Widagdo, A. K., Zoraifi, R., & Sulardi, S. (2022). Optimalisasi pemasaran BUMDes “Lestari Jaya” dan UMKM Desa Sanggung Gatak Sukoharjo untuk meningkatkan omzet di masa pandemi. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 357-364.

Pramiana, O., & Gilang, M. R. (2022). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(1), 5-12.

Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi digital marketing untuk pengembangan umkm kelurahan kebonsari kecamatan jambangan kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325-1332.

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan digital marketing pada UMKM sebagai penunjang kegiatan promosi dan pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88-92.

Zuhdi, R., Waningyunq, P. P., Sofyaningrum, R., Prasetyo, E., Abror, M., Kurniawan, M. A., & Azizah, R. N. (2024). Digital Marketing sebagai Optimalisasi Pemasaran UMKM Produk Unggulan Masyarakat. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01), 1-7.

Kharismawaty, R., Pratiwi, D., Lubis, I. S., Laowo, S. J., & Handayani, W. (2022). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Budidaya Ikan Lele Pada UMKM Griya Cendekia Desa Curug Gunung Sindur Bogor. JIMAWAbdi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 2, 59-65.

Silajadja, M., Magdalena, P., & Nugrahanti, T. P. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88-100.

Sunarjo, W. A., Wibowo, D. E., Nasution, N. B., Rabbani, N., & Sasongko, A. D. W. (2024). Optimalisasi Pemasaran Digital Dan Pendaftaran Hak Merek Pada UMKM Batik Menuju Dayasaing Global. PENA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 107-112.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Sari, D., & Kusumasari, I. R. (2025). Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Blurukidul dengan Digitalisasi Melalui Platform Shopee . Jurnal Sinabis, 1(4), 1090–1096. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/256

Issue

Section

Articles