Implementasi WhatsApp Business dalam Digitalisasi Pemasaran dan Pengelolaan Pelanggan pada Usaha Catering

Authors

  • Vanny Rahma Yulianti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat Nugroho Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Catering, UMKM, Whatsapp Business;, Pemasaran Digital

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat dalam dua dekade terakhir telah berdampak signifikan pada berbagai industri, termasuk industri catering. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor catering yang selama ini mengandalkan proses manual untuk pemasaran dan manajemen pelanggan, harus beradaptasi dengan perubahan ini agar tetap kompetitif. Penelitian ini berfokus pada implementasi WhatsApp Business sebagai alat digitalisasi pemasaran dan manajemen pelanggan untuk UMKM catering. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan Project-Based Learning (PjBL), penelitian ini mengeksplorasi bagaimana WhatsApp Business dapat meningkatkan manajemen pesanan dan memperluas jangkauan pemasaran usaha catering. Penelitian melibatkan observasi langsung dan wawancara dengan UMKM catering di Desa Sambiroto, Mojokerto. Temuan menyoroti tantangan utama yang dihadapi oleh UMKM, seperti manajemen pesanan yang tidak efisien dan jangkauan pemasaran yang terbatas, serta menunjukkan bagaimana fitur-fitur WhatsApp Business yang mudah digunakan dapat menawarkan solusi praktis. Fitur-fitur tersebut meliputi katalog produk, balasan otomatis, dan pengelolaan pelanggan yang meningkatkan komunikasi dan keterlibatan pelanggan. Kesimpulan menekankan peran WhatsApp Business dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar, memberikan wawasan berharga bagi UMKM di sektor catering untuk memperkuat daya saing mereka di era digital.

References

Al Faruq Abdullah, M. (2021). Memanfaatkan Whatsapp Business Sebagai Sarana penunjang Digital Marketing UMKM ditengah Pandemik Covid-19 di Kelurahan Tanjung Duren. Jurnal Pengabdian Masyarakat ANDHARA, 1 (2), 21. Diambil kembali dari https://jurnal.undira.ac.id/andhara/article/view/107

Ardiansyah, H. G. (2023). Peneraptan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Menggunakan Articial Intelligence (Studi kasus Sri Ratu Laundry). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), 406. Diambil kembali dari https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3462/713

Astria, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Business Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. Jurnal Eksyar, 8(2), 259. Diambil kembali dari http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/Eksyar

Atika, D. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan UMKM. Inovasi Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 63. Diambil kembali dari https://journal.staittd.ac.id/index.php/inv/article/view/66

Billy, P. P. (2024). Penerapan Aplikasi Pemesanan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 12(1), 39. Diambil kembali dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/viewFile/16952/6514

Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL). Padang: Muharika Rumah Ilmiah.

Dwiantari, S., & Slahanti, M. (2022). Media Sosial Whatsapp Business Sebagai Media Promosi Guna Meningkatkan Penjualan Bakmi Jowo Denbagus. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 79. Diambil kembali dari http://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB

Fadly, H. D. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 219. Diambil kembali dari http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042

Febrianti, D. (2022). Peningkatan Produktivitas Pemasaran Umkm Kuliner Dari Konvensional Menuju Era Digital. Indonesian Journal of Digital Business, 2 (2), 24. Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/article/view/55925

Ferdian, M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Menggunakan Whatsapp Business dan Go-Food Bagi UMKM. Journal of Comprehensive Science, 4(3), 1871. Diambil kembali dari https://djournals.com/jpm/article/view/1627

Hendriyani, C. (2020). Analisis Penggunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan dan Kedekatan dengan Pelanggan di PT Saung Angklung Udjo. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 195. doi:https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171

Kotler, P. &. (2014). Marketing Management. Kendallville: Puation Inc.

Lastina, D. (2019). Peningkatan Produktivitas Pemasaran UMKM Catering Mpok Atiek dengan pendekatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT. Jurnal Dinamika Teknik, 12(2), 44-45. Diambil kembali dari http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1308737&val=554&title=

Lessa, R. (2022). Implementasi Modul Kewirausahaan Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 116. Diambil kembali dari https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS/article/view/2197

Margareta, S. (2024). Pendampingan Penggunaan Fitur Whatsapp Business sebagai Pendukung Promosi Penjualan UMKM di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 254. Diambil kembali dari https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/21825/8787

Mawadati, A. (2022). Strategi Pemasaran Produk Dengan Whatsapp Business. Jurnal Dharma Bakti, 5(2), 207. Diambil kembali dari https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/dharma/article/download/4043/2905

Rahmatullah, J. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact, 2(2), 2. Diambil kembali dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/844

Setia Budi, E. (2024). Pelatihan dan Pemanfaatan Teknologi Whatsapp Business Dalam Mengembangkan Penjualan Produk Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (3), 294. Diambil kembali dari https://djournals.com/jpm/article/view/1627

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, G. B. (2023). Strategi Digital Marketing Menggunakan Whatsapp Business Pada Warung Makan Menwari. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Business, 6(2), 566. Diambil kembali dari http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Yulianti, V. R., & Nugroho, R. H. (2025). Implementasi WhatsApp Business dalam Digitalisasi Pemasaran dan Pengelolaan Pelanggan pada Usaha Catering . Jurnal Sinabis, 1(4), 1097–1105. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/257

Issue

Section

Articles