Strategi Digitalisasi UMKM melalui Google Maps dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Authors

  • Silvia Nur Safitri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat Nugroho Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Google Maps, Transformasi Digital, Daya Saing, Strategi Pemasaran

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian, tetapi masih menghadapi tantangan dalam adopsi teknologi digital yang dapat meningkatkan daya saing mereka. Salah satu platform digital yang potensial adalah Google Maps, yang tidak hanya berfungsi sebagai peta digital, tetapi juga sebagai alat pemasaran efektif melalui fitur Google My Business. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi digitalisasi menggunakan Google Maps dapat membantu UMKM, terutama warung makan, dalam meningkatkan visibilitas, interaksi dengan konsumen, dan penjualan. Metode yang digunakan adalah Project-Based Learning (PjBL), di mana UMKM diajarkan untuk mengoptimalkan penggunaan Google Maps dalam bisnis mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah pelanggan, ulasan positif, serta keterlibatan konsumen setelah UMKM mengoptimalkan profil mereka di Google Maps. Selain itu, fitur Google My Business Insights memungkinkan UMKM untuk memantau perilaku konsumen secara real-time, sehingga mereka dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif. Meskipun banyak UMKM yang telah merasakan manfaatnya, tantangan dalam literasi digital masih menjadi penghambat, terutama di daerah pedesaan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan intensif dan pendampingan yang lebih lanjut agar UMKM dapat memaksimalkan potensi Google Maps dalam transformasi digital mereka

References

Adzani, M. F. (2024). Pendayagunaan Digital Branding dengan Google Maps pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Desa Japanan. Jurnal Gembira Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 4.https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/557

Ardhianto, E. (2022). Pemanfaatan peta google sebagai sarana promosi melalui penandaan lokasi usaha rumahan di paguyuban warga lentera prigi mranggen demak. Jurnal Pengapdian Masyarakat, 2(2), 78. Diambil kembali dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/intimas/article/view/8982/3583

Cahya, U. D. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Di Desa Basilam Baru Kecamatan Muara Tais-II Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 248. https://www.researchgate.net/publication/376965734

Chairi, Z. (2022). Peningkatan Produktifitas UMKM Melalui Pemanfaatan Digital Marketing di Kelurahan Tegal Sari I Kecamatan Medan Area. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(2), 345. Diambil kembali dari https://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/6730

Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model Pembelajaran Abad 21. Padang: Muharika Rumah Ilmiah.

Fauziyyah, P. A. (2023). Pembuatan NIB Dan Aplikasi Google Maps Dalam Pengembangan UMKM Desa Kebondalem Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(4), 1838. Diambil kembali dari https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1214/903

Hermawati, S. (2024). Meningkatkan Akses dan Jangkauan UMKM Desa Melalui Model Pendidikan Literasi Digital. Jurnal Indopedia Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan, 2(2), 306. Diambil kembali dari https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/288

Ikerismawati, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1298. https://www.researchgate.net/publication/373743256

Insani, S. F. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps. Jurnal Warta LPM, 25(1), 47. Diambil kembali dari https://journals2.ums.ac.id/warta/article/view/596/200

Lestari, A. S. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(3), 888. Diambil kembali dari https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1459

Merdekawati, A. K. (2021). Pelatihan Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 66. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/356358533

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM . Jurnal Komunikasi dan Media, 1(1), 35. Diambil kembali dari https://journal.unika.ac.id/index.php/jkm/article/view/2848/pdf

Putri, N. S. (2024). Transformasi Melalui Literasi Digital: Peran Generasi Muda Dalam Mewujudkan Sdgs Dan Daya Saing Global. Jurnal Indopedia Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan, 2(2), 349. Diambil kembali dari https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/289

Resia, u. S. (2024). Membangun Masa Depan Digital: Inovasi Literasi Remaja Tasikmalaya Dan Sdgs 2030. Jurnal Indopedia Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan, 2(2), 367. Diambil kembali dari https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/295

Rohmah, A. N. (2022). Pemanfaatan Google My Business Sebagai Media Digital Marketing Pada Bukuan Fried Chicken. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 38. Diambil kembali dari https://pdfs.semanticscholar.org/11e3/718cc234131ebed6130dbcfbec6cb1e27fac.pdf

Romdonah, U. K. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Dusun 3 Desa Pamanukan Melalui Pendaftaran Lokasi Usaha Di Google Maps. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(5), 57. Diambil kembali dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3646/1415

Sholicha, N. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Umkm Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 1159. Diambil kembali dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/2286/1104

Suraya, F. (2021). Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita, 3(2), 54. Diambil kembali dari https://journal.unnes.ac.id/sju/puruhita/article/view/53100/20672

Zagoto, Y. (2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 38. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/367813254

Zilfi, R. (2020). Implementasi Google Maps Api Untuk Lokasi UMKM di Kabupaten Sidoarjo Berbasis Android. Ubiquitous Computers and Its Applications Journal, 3(1), 53-58. Diambil kembali dari https://123dok.com/document/yn9l8lpq

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Safitri, S. N., & Nugroho, R. H. (2025). Strategi Digitalisasi UMKM melalui Google Maps dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis . Jurnal Sinabis, 1(4), 1106–1116. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/258

Issue

Section

Articles