Pendampingan Pembuatan Media Sosial Instagram dan E-Commerce Shopee Sebagai Sarana Digital Marketing pada UMKM di Kecamatan Kenjeran
Keywords:
Pendampingan, Media Sosial, Instagram, E-Commerce, Shopee, Digital Marketing, UMKMAbstract
Pendampingan pembuatan media sosial Instagram dan platform e-commerce Shopee sebagai sarana digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Kenjeran bertujuan untuk meningkatkan visibilitas serta daya saing produk lokal di era digital. Dalam penelitian ini, tim pendampingan melakukan serangkaian kegiatan, termasuk pelatihan, bimbingan teknis, dan penyuluhan ten-tang penggunaan media social dan e-commerce. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif, di mana pelaku UMKM dilibatkan secara langsung dalam proses pembuatan dan pengelolaan akun media sosial serta toko online. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM tentang strategi digital marketing, reaksi positif dari masyarakat terhadap produk yang dipromosikan, serta peningkatan penjualan melalui platform Shopee. Kesimpulannya, implementasi media sosial dan e-commerce telah berhasil memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi UMKM di Kecamatan Kenjeran, mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pemasaran yang efektif
References
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Naya, R. E. C., Anggraeni, R. P., Muhamad, F. R., & Budiwitjaksono, G. S. (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Bagi UMKM Limunite di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar Use of Instagram Social Media as a Promotional Means For Limunite MSMEs in Village of Sukorejo City of Blitar. JPMIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i2.163
Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.35130/jrimk
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Riska Amalia, Siti Syaodah, Susilawati Susilawati, & Riki Gana Suyatna. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Studi Kasus Batik Tedjo. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 295–301. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.568
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. Retrieved from https://www.slideshare.net/DataReportal/digital- 2019-indonesia-january-2019-
Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 73. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865
Susanto, G., Evelyn, R., Leo, D., & Felicio, H. (2023). Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 483–491. https://doi.org/10.5281/zenodo.10115513
Wisnuaji, P. T., Rachmawati, D., & Sudari, S. A. (2023). Penerapan Digital Marketing untuk Peningkatan Pemasaran UKM Heppi Kitchen Depok. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 139–146. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i3.1767
Waluyo, S., Pramusinto, W., Ferdiansyah, F., & Susanti, I. (2021). Pemasaran Produk Ukm Pada Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Online Marketing Kerjasama Dengan Kelurahan Parung Serab. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 921–925. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1360
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shinta Mahmudah, R.Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


