Pendampingan Pembuatan Media Sosial Instagram dan E-Commerce Shopee Sebagai Sarana Digital Marketing pada UMKM di Kecamatan Kenjeran

Authors

  • Shinta Mahmudah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • R.Yuniardi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pendampingan, Media Sosial, Instagram, E-Commerce, Shopee, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Pendampingan  pembuatan       media   sosial   Instagram         dan platform e-commerce Shopee sebagai sarana digital marketing bagi  Usaha  Mikro,  Kecil,  dan  Menengah  (UMKM)  di Kecamatan Kenjeran bertujuan untuk            meningkatkan visibilitas serta daya saing produk lokal di era digital. Dalam penelitian ini, tim pendampingan melakukan serangkaian kegiatan,           termasuk pelatihan, bimbingan  teknis,  dan penyuluhan ten-tang            penggunaan media social dan e-commerce. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif, di mana pelaku  UMKM  dilibatkan  secara langsung dalam proses pembuatan dan pengelolaan akun media sosial serta toko online. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM tentang strategi digital marketing, reaksi positif dari masyarakat terhadap produk yang dipromosikan, serta peningkatan penjualan melalui platform Shopee. Kesimpulannya, implementasi media sosial dan e-commerce telah berhasil memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi UMKM di Kecamatan Kenjeran, mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pemasaran yang efektif

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Naya, R. E. C., Anggraeni, R. P., Muhamad, F. R., & Budiwitjaksono, G. S. (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Bagi UMKM Limunite di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar Use of Instagram Social Media as a Promotional Means For Limunite MSMEs in Village of Sukorejo City of Blitar. JPMIS : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i2.163

Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.35130/jrimk

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Riska Amalia, Siti Syaodah, Susilawati Susilawati, & Riki Gana Suyatna. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Studi Kasus Batik Tedjo. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 295–301. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.568

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. Retrieved from https://www.slideshare.net/DataReportal/digital- 2019-indonesia-january-2019-

Supratman, L. P., & Rachmansyah, M. (2020). Peran Media Instagram dalam Memasarkan Produk Fashion Dollies. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 73. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2865

Susanto, G., Evelyn, R., Leo, D., & Felicio, H. (2023). Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 483–491. https://doi.org/10.5281/zenodo.10115513

Wisnuaji, P. T., Rachmawati, D., & Sudari, S. A. (2023). Penerapan Digital Marketing untuk Peningkatan Pemasaran UKM Heppi Kitchen Depok. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 139–146. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i3.1767

Waluyo, S., Pramusinto, W., Ferdiansyah, F., & Susanti, I. (2021). Pemasaran Produk Ukm Pada Sosial Media Instagram Sebagai Sarana Online Marketing Kerjasama Dengan Kelurahan Parung Serab. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 921–925. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1360

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Mahmudah, S., & Rusdianto, R. (2025). Pendampingan Pembuatan Media Sosial Instagram dan E-Commerce Shopee Sebagai Sarana Digital Marketing pada UMKM di Kecamatan Kenjeran . Jurnal Sinabis, 1(4), 1117–1124. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/259

Issue

Section

Articles