Pemberdayaan Umkm Di Desa Gondek: Implementasi Digitalisasi Melalui Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran Produk
Keywords:
UMKM, Digitalisasi, E-Commerce, Media Sosial, PemasaranAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 1 (satu minggu) dimulai dari pengumpulan informasi, pendataan UMKM, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan digitalisasi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital serta meningkatkan daya saing UMKM di desa Gondek. Melalui pelatihan dan sosialisasi, pelaku UMKM dibimbing dalam memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk membangun branding dan memasarkan produk mereka. Proses pendampingan meliputi pembuatan akun, optimasi profil, pembuatan logo pengelolaan konten, praktik foto produk, dan strategi pemasaran digital lainnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital para pelaku UMKM, serta mendorong pertumbuhan bisnis mereka.
References
Asiyah, S. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Evi Imtihani, M. F. (2023). Penerapan Akun E-Commerce Shopee dalam Strategi Digital Marketing pada UMKM Rempeyek Bunda Rahayu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Hikmah, L. S. (2023). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Sidoarjo.
Halim, A., (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju . GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan Volume 1, No. 2,. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP
Imania Melati Putri, P. F. (2023). Pendampingan UMKM Parfum Melalui Pengelolaan ECommerce Shopee (Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online UMKM Parfum Di Sidoarjo).
Indika, D. R., & Jovita, C, 2017, Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, No 1, Vol. 1, 25-32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Kadarisman, M, 2019, The influence of government and MUI mediations towards marketing strategy of Warteg and its impact on developing MSMEs in Jakarta, Indonesia. Cogent Business & Management, No.1, Vol.6.
Lukiyana, L., & Yusuf, N. M. ,2022, The Influence of Digital Marketing and E-commerce on MSME Marketing Performance with Entrepreneurship Orientation as Moderating. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), No.2, Vol.5, 13437-13487
Mauli, dan Khoirun Nisa. Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. Jurnal Al-Nisbah. Vol. 5. No.02. 2019.
Muddin, L. A. (2021). Pendampingan Digital Marketing, Inovasi Produk UMKM Sepatu Kulit di Sidoarjo. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Musnaini, Suherman, & Wijoyo, H, 2020, Digital Marketing, CV. Pena Persada, Pekan Baru.
Nurcahyani, D. I. (2023). Implementasi Pendampingan Penggunaan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Frozenfood Lancar Jaya di Kelurahan Turi, Kota Blitzar . JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat
Octaviani, C. C., dkk. (2024) Sosialisasi Digital Marketing dan Branding Produk sebagai Pemberdayaan UMKM Era Digital di Desa Gondek. Media Pengabdian Kepada Masyarakat ( MPKM) Vol. 3 No. 1, 234-240
Pelengkahu, R. M. (2023). Pengaruh Promosi, Phisical Evidence, Harga Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Kota Manado. EMBA.
Putri, I. M. (2023). Pendampingan Umkm Parfum Melalui Pengelolaan E-Commerce Shopee (Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online Umkm Parfum Di Sidoarjo).
Qurata Ayuni, H. C. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 23 No.2.
Rachman, M. R. K., Yanda Bara Kusuma, Y. B. (2024) Implementasi Strategi Pemasaran Digital Melalui E-Commerce Shopee pada UMKM Keripik Putri Sari Desa Wonokerto Masyarakat Berkarya : Jurnal Pengabdian dan Perubahan Sosial Volume.1, No.3 Hal 41-50
Rahmah, Z. Z., dkk (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Umkm Di Desa Kintelan (Studi Kasus Umkm Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Jurnal BUDIMAS Vol. 04, No. 01. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/ji lpaud/article/view/338/227
Saputri, M. E., & Utami, F. N, 2023, Knowledge Management on Bandung MSMEs in the Digital Era, Conference on Digital Humanities 2022 (CODH 2022) on February, 7-14.
Saputri, S. A. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. Knowledge : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan.
Sulaksono, J, 2020, Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, No.1, Vol.4, 41-47.’
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A, 2020, Digital Marketing, Edulitera PT. Literindo Berkah Karya, Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhiya Ul Hikmah, Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


