Pendidikan Bela Negara Bagi Santri Di Pondok Pesantren Nurul Iman Probolinggo
Keywords:
Pendidikan Bela Negara, Santri, Pondok Pesantren, Wawasan Kebangsaan, KarakterAbstract
Pendidikan bela negara merupakan bagian penting dalam membentuk karakter generasi muda yang cinta tanah air dan memiliki rasa kebangsaan yang kuat. Pondok Pesantren Nurul Iman berperan strategis dalam mengintegrasikan nilai-nilai bela negara ke dalam kehidupan santri. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman santri terhadap konsep bela negara serta mengaplikasikan nilai-nilai kebangsaan melalui kegiatan praktis dan interaktif. Program ini dilaksanakan melalui ceramah, diskusi kelompok, simulasi upacara 17 Agustus, dan kegiatan lomba kebangsaan.Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman santri mengenai wawasan kebangsaan, di mana mereka tidak hanya memandang bela negara sebagai tugas militer, tetapi juga sebagai tanggung jawab sosial dalam menjaga persatuan dan keutuhan NKRI. Kegiatan seperti latihan baris-berbaris, kerja bakti, dan simulasi pengibaran bendera berhasil memperkuat sikap disiplin, kerjasama, dan rasa tanggung jawab di kalangan santri. Evaluasi program melalui kuesioner dan diskusi evaluatif menunjukkan bahwa santri mampu menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.
References
Adhim, B. (2016). Santri Dan Penguatan Praktek Bela Negara: Studi Kasus Ponpes SPMAA. Defendonesia, 2(1), 6-14. https://doi.org/10.54755/Defendonesia.V2i1.52
Elisabeth, E., Siwi, K. R., Wulandari, F., & Setyawan, R. (2024). Pendampingan Lomba Drumband Dalam Kegiatan MBKM Bela Negara Di Kota Salatiga. Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 130–137.
Humas. (2023, Oktober 14). Santri Siaga Bela Negara. Metrouniv.ac.id. https://www.metrouniv.ac.id/artikel/santri-siaga-bela- negara/
Kamaluddin, K., Rusdi, R., Ilham, M., Hulihulis, F., Papilaya, A. R., Sanadi, M. C., Kammu, N., & Ibrahim, I. (2022). Edukasi Bela Negara Dalam Menumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Negara Republik Indonesia Melalui Kegiatan Lomba Hut RI. Amma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(10), 1272–1275.
Rudi, R., Gulo, W. O. H., Pradityo, A., Selfiyana, S., Mubarok, R., Irawan, C., Hurairah, A., & Yanuar, V. I. (2024). Toleransi Dan Bela Negara Di Lingkungan Pesantren: Peran Pesantren Dalam Membangun Generasi Emas Indonesia. Pendidikan Karakter Unggul, 3(1).
Satori, A., & Kusmayadi, E. (2018). Pendidikan Bela Negara Bagi Santri Pesantren Di Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 157-164.
Soepandji, K. W. (2018). Konsep Bela Negara Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Hukum & Pembangunan, 48(3), 436–456.
Widiyanto, D., & Istiqomah, A. (2019). Pembinaan Kesadaran Bela Negara Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 133–143.
Wirastho, E., Saputra, A., & Azhari, P. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Di Pesantren Isy Karima Karanganyar. Khairukum: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.
Abidin, Z. (2019). Peran Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Nasionalisme Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 45-53. https://doi.org/10.18860/jpi.v10i2.7845
Aziz, A., & Rohman, S. (2020). Pendidikan Bela Negara sebagai Penguatan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(3), 122-133. https://doi.org/10.31004/jpk.v4i3.764
Barata, E., & Fikri, H. (2017). Implementasi Pendidikan Bela Negara di Pesantren: Studi Kasus Pesantren Al-Mukmin Ngruki. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(4), 317- 330. https://doi.org/10.24191/jpen.v22i4.767
Firmansyah, R. (2018). Nasionalisme di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Generasi Muda. Jurnal Kajian Sosial dan Politik, 6(2), 89-100. https://doi.org/10.14710/jurnal.ksp.v6i2.912
Harun, M. (2019). Santri dan Bela Negara: Kajian Historis Peran Santri dalam Mempertahankan NKRI. Jurnal Sejarah dan Kebangsaan, 12(1), 101-110.
https://doi.org/10.14710/jurnal.sejarah.v12i1.7678 Hidayatullah, M., & Wahid, A. (2021). Penguatan Wawasan Kebangsaan Melalui Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama dan Karakter, 5(1), 55-65. https://doi.org/10.36677/jpak.v5i1.814
Mahfudz, M., & Setyawan, E. (2019). Peran Guru dalam Mengajarkan Bela Negara kepada Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(3), 210-225. https://doi.org/10.20885/jpk.v11i3.3457
Nurcholis, M. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Bela Negara dalam Kurikulum Pesantren Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 201-214. https://doi.org/10.21580/jpi.v13i2.9871
Prasetyo, B. (2018). Pendidikan Bela Negara di Era Globalisasi: Tantangan untuk Pemuda Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 25(1), 78-90. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11178.1884
Supriyadi, A. (2021). Membangun Karakter Nasionalis Melalui Pendidikan di Pesantren. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 133-145. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13756
Yusni, S., & Syahrul, R. (2020). Peran Pesantren dalam Menumbuhkan Nasionalisme Melalui Pendidikan Bela Negara. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45-57. https://doi.org/10.19109/jpi.v8i1.1137
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Nushron Haqiqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


