Pemanfaatan Teknologi Ai Menggunakan Flair.Ai Untuk Menunjang Pemasaran UMKM Ayna

Authors

  • Ety Dwi Susanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indy Melva Adinda Marsha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

AI, Digital Marketing, Flair.ai, Pemasaran, Teknologi

Abstract

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) kini memungkinkan UMKM meningkatkan efisiensi dan potensi pertumbuhan penjualan produk secara signifikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital marketing dengan efektif dan efisien. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan bersama UMKM Ayna yang menjual berbagai makanan catering, dessert, dan kondimen makanan. Kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi program pemanfaatan AI untuk menunjang pemasaran, pengenalan AI berupa flair.ai, dan pendampingan praktek langsung penggunaan AI. Hasil dari kegiatan ini UMKM Ayna memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang AI dan flair.ai. Selain itu, dapat mengimplementasikan foto produk yang memiliki tingkat kualitas yang jauh lebih baik untuk menarik minat pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat kepada UMKM Ayna sangat bermanfaat untuk menunjang pemasaran

References

Adam, A. A., et al. (2022). Digital Marketing Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Kota Tomohon. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1187-1194.

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 96- 102.

Amira, B., & Nasution, M. I. P. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Ai) Dalam Meningkatkan Efesiensi Dan Pengembangan Usaha Mikro,Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Riset Manajemen, 362-371.

Arief, H., et al. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelegence (AI) dalam Meningkatkan Penjualan dan Sustainability Bisnis UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 335-342.

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. Jurnal NCOINS National Conference of Islamic Natural Science, 77-89.

Budiningrum, E. W., et al. (2024). Program Pengenalan Artificial Intelligence untuk UMKM dengan ChatGPT untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 32-48.

Fahmi, S. (2024). Pemanfaatan Teknologi AI untuk Menunjang Pemasaran Produk UMKM di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 91-103.

flair.ai. (2024). flair.ai. Dipetik OKtober 3, 2024, dari flair.ai: https://flair.ai/

Haikal, A., et al. (2023). Penggunaan AI Tools untuk Meningkatkan Kualitas Sosial Media UMKM Artree. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1-8.

Iqbal, M., et al. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Sebagai Media Pendukung Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada UMKM Borneo Istimewa. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 24-28.

Jannatin, R., et al. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 1-12.

Komalasari, Y., et al. (2023). Pemanfaatan Teknologi pada Pengembangan Sumber Daya UMKM. Jurnal FMI Papua 15, 837-842.

Lauwis, A., et al. (2024). Pengabdian Masyarakat untuk Optimalisasi Pemasaran Digital pada UMKM Lomilk. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Communit, 49-54.

Muhardono, A., et al. (2024). Pelatihan Optimalisasi Konten Marketing menggunakan Aplikasi Artificial Intellegence(AI) bagi UMKM Kampoeng Batik Kauman Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1959- 1968.

Nalendra, M. A. S., et al. (2023). Revolusi Digital : Pemanfaatan Teknologi AI dalam Display Produk UMKM Olahan Hasil Laut. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 673 - 678.

Pongtambing, Y. S., et al. (2023). Peran dan Peluang Kecerdasan Buatan dalam Proses Bisnis UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 201-206.

Setiawan, R., et al. (2024). Pendampingan UMKM dalam Pemanfaatan AI dan Digital Payment untuk Memperkuat Branding pada Desa Mendalo Darat Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 87-91.

Setiyanto, B., et al. (2021). Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Marketplace Dalam Menunjang Kegiatan Pemasaran Pelaku UMKM Pada Rumah BUMN Purbalingga. Jurnal Tridarma, 1-9.

Syahputro, E. N. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Gresik: Caremedia Communication.

Trifia, A., et al. (2024). Transformasi Digital : Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Inovasi Produk Layanan UMKM untuk Menarik Minat Pelanggan di Era Digital. Journal of Institution and Sharia Finance, 1-15.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Susanti, E. D., & Marsha, I. M. A. (2025). Pemanfaatan Teknologi Ai Menggunakan Flair.Ai Untuk Menunjang Pemasaran UMKM Ayna . Jurnal Sinabis, 1(4), 1139–1147. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/263

Issue

Section

Articles