Upaya Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Trowulan Melalui Pendaftaran E-Commerce

Authors

  • Isna Masmira Dwijayanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Siti Saroh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, E-Commerce, Proses Bisnis

Abstract

Pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan hal yang penting bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Trowulan, namun banyak dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Trowulan yang belum tertarik dan memahami keuntungan bergabung dengan e-commerce. Pengamatan proses bisnis di Desa Trowulan dilaksanakan selama satu minggu. Tujuan pengabdian masyakat ini adalah Pengenalan e-commerce dan keuntungan melakukan pendaftaran e-commerce untuk kegiatan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Trowulan. Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diberikan edukasi mengenai keuntungan yang akan didapatkan apabila mendaftarkan bisnisnya dalam e-commerce. Hasil pengabdian masyarakat, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tertarik mendaftarkan bisnisnya ke e-commerce, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga merasakan keuntungan dalam kegiatan usahanya berupa peningkatan omset bisnisnya serta lebih banyak menjangkau pelanggan di luar kota

References

Analisis Pengaruh E-Commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2022). Journal of Finance and Business Digital, 1(2), 107-118.https://journal.formosapublisher.org/index.php/jf bd/article/view/1264/973

Ayodya, W. (2020). UMKM 4.0. PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=bzNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=buku+umkm&ots=rtmXgpHWBG&sig=E48jGJklU3LupZWIk8b7xMWFlU&redir_esc=y#v=onepage&q=buku%20umkm&f=false

Bowo, F. A. (2023). Peran E-Commerce Dan Strategi Promosi Ditinjau Dari Kebijakan Klustering UMKM Di Era Digital. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 22(1), 59-66. https://ejournal- jayabaya.id/Perspektif/article/view/73/51

Dwijayanti, I. M., & Prabowo, B. (2023). Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Keputran Kejambon II Melalui Web E-PEKEN Surabaya. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 287-294. https://jurnalfkip.samawa- university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/598/488

Fitriani, D., & Hwihanus. (2023). Peranan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Perkembangan E-Commerce Dalam Pengambilan Keputusan Bagi Usaha UMKM. Jkpim:Jurnal Kajian dan Penalaran IlmuManajemen, 1(1), 64-77. https://jurnal.aksaraglobal.co.id/index.php/jkpim/article/view/50/38

Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152-161. https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/articl e/view/392/228

Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). Peran E-Bisnis dalam Pengembangan UMKM. Jurnal Economina, 1(2), 240-247. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/eco nomina/article/view/73/49

Istiqomah, A., Kartika, D., & Safira, O. P. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Digital Menggunakan Ecommerce Shopee Pada UMKM Majun Jaya Di Kp. Pasir Pogor Rt/Rw 009/005 Ds. Nagacipta Kec. Serang Baru Kab. Bekasi. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10-15. https://jurnal.dim- unpas.web.id/index.php/dinamika/article/view/ 552/505

Lismula, R. J. A. (2022). Analisis Pengaruh E- Commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Journal of Finance and Business Digital (JFBD), 1(2), 107-118. https://www.researchgate.net/profile/Arif- Tirtana2/publication/344647374_Rancang_Bangun_Aplikasi_ECommerce_Untuk_Meningkatkan_Pendapatan_UMKM/links/5f90da2f458515b7cf93730f/Rancang-Bangun-Aplikasi-E-Commerce-Untuk- Meningkatkan-Pendapatan-UMKM.pdf

Maharani, A., & Nurlukman, A. D. (2022). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Umkm Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Di Kota Tangerang. Sebatik, 27(1), 333-343. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/arti cle/view/2160/827

Maria, V., Gunawan, S. N., Faradiva, N. I., Agustiani, H., Ramadhan, D. C., & Salamah, F. (2024). Peran E-Commerce dalam Meningkatkan Akses Pasar bagi Produk UMKM Lokal di Kota Serang. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), 3(2), 155-164. https://journalstiayappimakassar.ac.id/index.php/Jimas/article/view/1206/1289

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34–40. https://jurnal.abdimas.id/index.php/peradaban/ article/view/6/6

Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 5(2), 36-53. https://ojp.e- journal.lp2m.uinjambi.ac.id/index.php/iltizam/arti cle/view/594/364

Percepatan Digitalisasi Umkm Dan Koperasi. (2022). TOHAR MEDIA. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=neCWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA39&dq=buku+digitalisasi+umkm&ots=nGd_DXjpmo&sig=T32FjvWXQw1YmBwQLiIxto2cuuo&redir_esc=y#v=onepa ge&q=buku%20digitalisasi%20umkm&f=false

Sahrul, E. A., & Nuringsih, K. (2023). Peran E- Commerce Media Sosial dan Digital Transformation Untuk Peningkatan Kinerja Bisnis UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 286-299. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmieb/articl e/view/23293

Saputri, S. A., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Indonesia. KNOWLEDGE : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 3(1), 69-75. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/103397445/2023libre.pdf?1686816213=&responsecontentdisposition=inline%3B+filename%3DPeran_Marketplace_Dalam_Meningkatkan_Day.pdf&Expires=1728281622&Signature=VGbvJy2QUSYltJlK1iF6glbzDTijoA6OxEWJQVuQ36dshKh6lU-A0wSa

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127. https://inobis.org/ojs/index.php/jurnal- inobis/article/view/65/55

Setiawan, B. (2018). Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Jurnal ABDIMAS Mandiri, 2(2), 106-110.https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/articl e/view/531/657

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298 – 309. https://repository.ubaya.ac.id/39011/

Wibowo, Y., & Degustia, F. (2023). Pelatihan E- Commerce Pada UMKM Tekat Tiga Dara. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 77-83. https://ojs3.lppmuis.org/index.php/JPIS/article/view/504/407

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Dwijayanti, I. M., & Saroh, S. (2025). Upaya Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Trowulan Melalui Pendaftaran E-Commerce . Jurnal Sinabis, 1(4), 1148–1155. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/264

Issue

Section

Articles