Strategi Digitalisasi Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Toko Kelontong Safari di Kota Surabaya

Authors

  • Erniz Regi Nobelyta Zuniyanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi, Pengembangan, UMKM Toko Kelontong

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam peneraparan bisnis digital sebagai upaya pengembangan UMKM Toko Kelontong. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan pada UMKM Toko Kelontong Safari di Kota Surabaya. Berdasarkan hasil analisa situasi dan identifikasi permasalahan, Toko Kelontong Safari belum dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai media dalam memasarkan produk. Selain itu Minimnya pemahaman pemilik Toko Kelontong Safari terkait peluang digitalisasi bisnis juga menghambat kemampuan toko untuk berkembang di era digital. Sehingga dalam mengatasi permasalahan tersebut dilakukan 4 aktivitas yang menawarkan solusi kepada Toko Kelontong Safari. Tahap implementasi pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari mengedukasi pentingnya digitalisasi bisnis, pendaftaran platform e-commerce, mendaftarkan pin google maps, serta membuat konten pemasaran. Hasil program pengabdian masyarakat ini Toko Kelontong Safari telah terdaftar di google mpas, dan memiliki akun e-commerce shopee untuk meningkatkna penjualan secara online. Melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan digitalisasi bisnis yang telah dilakukan, Toko Kelontong Safari memiliki peluang untuk berkembang menuju UMKM naik kelas.

References

Nurcholis, Noptrina, N., Wibisono, D. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Sebagai Media Promosi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5912-5921, https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19352

Shonhadji, N., dkk. (2023). Penerapan Digital Marketing pada UMKM “ESM Collection” di Kota Surabaya. E- DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(2), 372-380. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D. P., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran bagi Pelaku UMKM. BAKTI BANUA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8-11. https://doi.org/10.35130/bbjm.v2i1.212

Suyadi., Syahdanur., Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1-10. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat

Zefriyenni., Eliza., Azka, B.P., Lusiana. (2022). Pengembangan UMKM Berbasis Digital pada UMKM Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 558-564. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.41446

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Zuniyanto, E. R. N., & Kusumasari, I. R. (2025). Strategi Digitalisasi Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Toko Kelontong Safari di Kota Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(4), 1156–1162. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/265

Issue

Section

Articles