Strategi Peningkatan Citra Merek UMKM Sepande dalam Menghadapi Digitalisasi

Authors

  • Bagas Branahda Putra Agung Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Maharani Ikaningtyas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Citra merek, UMKM, Digitalisasi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 2 (dua minggu) dimulai dengan survei UMKM bulan juli 2024 pelaksanaanya sesuai dengan tahapan program dan selesai bulan Agustus 2024. Fokus utama pengabdian ini adalah sosialisasi pentingnya pembangunan citra merek (branding) UMKM di Desa Sepande, Sidoarjo, dalam menghadapi era digitalisasi. Citra merek yang kuat sangat penting bagi pelaku UMKM untuk menciptakan identitas unik yang mudah dikenali dan diingat oleh konsumen, terutama di era digital yang semakin kompetitif. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui survei lapangan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi UMKM, dilanjutkan dengan sosialisasi workshop dan seminar branding yang menekankan penggunaan media sosial, terutama Facebook, sebagai platform pemasaran digital. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM terhadap pentingnya citra merek dan penggunaan digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar. Program ini diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap pemahaman UMKM di Desa Sepande mengenai pentingnya citra merek sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan digitalisasi dan memperluas jangkauan pasar melalui media sosial

References

Amri, M., Futaqi, F. A., Anason, A. B., Rofiqoh, G., & Mariskha, G. N. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan dan Branding BUM Desa Kutukulon dan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di Kecamatan Jetis Ponorogo. ULTAN Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 56–76. http://www.civiliza.org/journal/index.php/sultan/arti cle%20/view/118

Barus, D. R., Natanael Simamora, H., Glora Surya Sihombing, M., Panjaitan, J., & Susana Saragih, L. (2023). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(6), 357–365. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcs r/article/view/3031/2861

Binti Azizatun, Putri Aprilya Rahmawati, R. J. P. D. N., & Ariani, C. (2024). Pemerataan Digitalisasi UMKM Di Desa Sepande Kabupaten Sidoarjo. 3(1), 220–226. https://www.ejournalrmg.org/index.php/AMPKM/article/view/310/346

Bowo, F. A. (2023). Penguatan Umkm Melalui Pembayaran Digital: Strategi Digital Marketing Dalam Era Baru. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 22(2), 135–140. http://ejournal- jayabaya.id/Perspektif/article/view/110

CN, Y., & Helmita, H. (2023). Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Digitalisasi Pemasaran untuk Kesejahteraan Masyarakat. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 576–590. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOMB/articl e/view/4836/3842

Daisy, A., Syafitri, A., Apriliansyah, E., Nusantara, P., Helvy, M., Zamardha, R., & Wahyudi, K. E. (2024). ARSY : Aplikasi Riset kepada Masyarakat Digitalization of MSMEs as an Effort to Expand the Market Through Product Branding in Jatisari Village Digitalisasi UMKM Sebagai Upaya Memperluas Pasar Melalui Branding Produk di Desa Jatisari. 5(2), 110–118. http://www.journal.al-matani.com/index. php/arsy/article/view/1017/618

Iqbal Al Baihaqi, Tyna Yunita, A. S., Juwita, D., & Handayani, A. N. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Analisis SWOT untuk UMKM “Baso Aci Akang” untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran di Era Digitalisasi. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(5), 249–255. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/artic le/view/852/632

Juwita, D., & Handayani, A. N. (2022). Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(5), 249–255. https://journal3.um.ac.id/index.php/ft/article/view/3 496/2254

Medianto Kurniawan, H., Youlla, D., & Widarti, S. (2024). Akselerasi Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM KPJ Group di Dusun Karya I Desa Kuala Dua. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2757–2764. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3350 Mulyaningtyas, A., Branahda, B., Agung, P., Putrifia, M. A.,

Wiranata, H., Susi, A., Ardian, R., Septyanti, R., Alfiyahya, S., Nugraini, R. A., Erwanti, M., & Sa, N. (2024). Optimalisasi Branding UMKM di Desa Sepande Kec. Candi, Sidoarjo Melalui Digital Marketing. 3(1), 15–22. https://www.ejournalrmg.org/index.php/AMPKM/article/view/280/317

Neni Sri Wahyuni, T Ahmad Helmi, Muhammad Nelson Pinem, Supar Wasesa, Sri Rahayu, Sugi Hartati, Fikri Al- Haq Fachryana, & Deddy Pranata. (2022). Opimalisasi Peningkatan Penjualan Melalui Pendampingan Pemasaran Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Binaan Puspa Binjai. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 42–48. https://doi.org/10.47065/jpm.v3i2.694

Nurhadi. (2023). Strategi Pemberdayaan Bisnis Masyarakat Melalui Aktivita Digitalisasi UMKM Guna Mengoptimalkan Potensi Penjualan (Studi Kasus pada UMKM Gudang Sandal). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 344–352. https://jurnalfkip.samawa-university.ac. id/KARYA_JPM/article/view/389/323

Pura, T., Langkat, K. A. B., & Strategi, M. (2024). Peningkatan umkm lokal desa tapak kuda, kec. tanjung pura, kab. langkat melalui strategi branding dan digitalisasi marketing. 5(5), 8338–8343. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ cdj/article/view/34203/22725

Ramadhan, M. M., & Farida, S. N. (2023). Transformasi Branding UMKM Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pemasaran Pada Pasar Wisata Harmoni Keputih. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.8170684

Rizki Agam Syahputra, C. W. A. P. O. M. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 521–527. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/arti cle/%20view/871

Samihardjo, R., Lestari, S., & ... (2023). Pelatihan Digital Marketing “Branding” Bagi Dunia Usaha. AMMA: Jurnal …, 1(12), 1776–1779. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/a rti%20cle/view/2070

Sandika, D. P., & Yuniningsih, Y. (2023). Penerapan Digitalisasi Bisnis Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pemasaran UMKM Deep’s Cookies Di Kelurahan Kutisari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4966–4971. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/arti cle%20/view/2322

Setiawan, T., Susetyo, D. P., & Pranajaya, E. (2021). Edukasi Literasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1599-1606. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.692

Septiadi, B., & Agus, I. (2024). Transformasi Bisnis di Era Digital: Analisis Sistematis Terhadap E-Bisnis di Indonesia Pada Konteks UMKM. Journal of Digital Literacy and Volunteering, 2(1), 38–43. https://jurnal.relawantik.or.id/ict/article/view/80

Zed, E. Z., Miyati, S., Yanti, N., Nurfaidah, E., Saputro, B., & Sabilla, S. (n.d.). Peningkatan Kinerja Usaha Kecil Jajanan Tradisional. Inovasi Dan Kreativitas Dalam Ekonomi, 7(4), 77–82. https://ojs.co.id/1/index.php/ike/article/view/1046/1 259

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Agung, B. B. P., & Ikaningtyas, M. (2025). Strategi Peningkatan Citra Merek UMKM Sepande dalam Menghadapi Digitalisasi . Jurnal Sinabis, 1(4), 1163–1171. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/266

Issue

Section

Articles