Optimalisasi Digital Marketing Dalam Pemanfaatan Pemasaran Produk UMKM Indonesia

Authors

  • Annisa Risky Firdausiyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R Yuniardi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digital Marketing, Penjualan, Bisnis

Abstract

Digital marketing merupakan sesuatu yang baru dalam usaha pemanfaatan digital dalam berbisnis dan pemasaran produk sehingga tercapainya peningkatan penjualan. Eksistensi digital marketing ini dapat dimanfaatkan penyedia bisnis UMKM. Penelitian mengenai optimalisasi digital marketing dalam pemanfaatan pemasaran bisnis UMKM ini termasuk dalam penelitian deskriptif yang perolehan datanya berdasarkan adanya faktor pendukung objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan optimalisasi digital marketing yang tepat dalam pemasaran produk UMKM. Berdasarkan analisis penelitian ini menunjukkan bahwa pebisnis produk UMKM masih minim dalam penggunaan digital marketing sebagai strategi pemasaran jasa tersebut sehingga diperlukan upaya optimalisasi secara maksimal

References

Awali, H. 2020. Urgensi Pemanfaatan E- Marketing Pada keberlangsungan UMKM Di Kota pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Fadly, S. 2020. Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. 5, 213-222

Hadi, D.F., Zakiah, K. 2021. Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. COMPETITIVE, 16(1), 32-41.

Maskarto, L.N.R. 2021. Penerapan Strategi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122-127.

Maulidasari, C.D., & Damrus, D. 2020. Dampak Pemasaran Online Di Era Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 233-245.

Sedyastuti, K. 2018. Analisis Pemberdayaan UMKM Dan peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117-127.

Sulaksono, J. 2020. Peranan Diigital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Firdausiyah, A. R., & Rusdianto, R. Y. (2025). Optimalisasi Digital Marketing Dalam Pemanfaatan Pemasaran Produk UMKM Indonesia . Jurnal Sinabis, 1(4), 1185–1188. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/269

Issue

Section

Articles