Optimalisasi Sumber Daya Manusia dalam Penerapan Branding dan Strategi Digital Pada UMKM di Desa Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Andri Rizal Setiawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Acep Samsudin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Branding, Strategi Digital, UMKM

Abstract

Sebagian pemilik UMKM di Desa Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, menghadapi   tantangan dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk. Mereka masih menjual produk mereka dari mulut ke mulut tanpa memanfaatkan pemasaran digital dan strategi branding yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran    sumber  daya    manusia (SDM)  dalam  penerapan branding dan strategi digital di UMKM. Pemahaman dasar mengenai pentingnya legalitas, seperti sertifikasi halal, serta penggunaan platform digital dan pengembangan strategi branding, diberikan kepada pemilik UMKM. Ini mencakup pelatihan pembuatan desain logo dan foto produk. Diharapkan dengan adanya optimalisasi SDM, pemilik UMKM dapat memanfaatkan platform digital seperti WhatsApp Business dan Instagram untuk pemasaran, serta memiliki desain logo dan foto produk yang menjadi ciri khas usaha mereka, sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar yang lebih luas

References

Ainun, N., Wahida, A., & Maming, R. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/JESYA.V6I1.967

Andita, M. P., Indra, A. M., & Adilla, M. (2024). Pengembangan UMKM Adekfat dengan Pendampingan Desain dan Promosi Produk. Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS), 2(2), 61-69. https://doi.org/10.36706/BECERIS.V2I2.35

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., Putra, M. A. R., Wardana, B. S., Cahya, R. A., Ramadhan, R. T., & Arum, D. P. (2022a). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/CDJ.V3I2.4702

Batubara, C., Safitri, D., Sari, D. P., Luthfiah, H. T., & Putra, B. U. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 420–427. https://doi.org/10.31004/JH.V3I2.265

Budi, S. A. (2021). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis. Digital Marketing Malang:Edulitera (Anggota IKAPI No.211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.

Dedi Mardiansyah, Ikhlasul Fikri, N. F. et. all. (2023). Penambahan Lokasi UMKM dan tempat Umum Kedalam Geogle Maps Di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN).https://ejournal.sisfokomtek.org/index.ph p/jpkm/article/view/1940/1530

Dewi, M. K., Suhartono, D., & Subarkah, P. (2022). Implementasi Metode Bruce Archer dan Analisis SWOT pada Redesain Logo untuk Peningkatan Promosi Kripik TempeMama Ghusla. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 5(2), 99–110. https://doi.org/10.25273/DOUBLECLICK.V5I2.12012

Dr. Didik Hariyanto, M.Si Mojopahit, J., & Sidoarjo, B. (2023). Buku Ajar Komuni-kasi Pemasaran. Umsida Press, 0, 1–142. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-068-7

Erwin, Rahmad Solling Hamid, Ni Nyoman Suarniki, Elia Ardyan, Ahmad Syamil, Zunan Setiawan, Sepriano, Edhie Rachmad, Y. (2023). PSIKOLOGI PEMASARAN SOCIETY 5.0 : Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0 - Yoesoep EdhieRachmad, Erwin Erwin, Rahmad Solling Hamid, Ni Nyoman Suarniki, Elia Ardyan, Ahmad Syamil, Zunan Setiawan, Sepriano - Google Books. Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=XbC_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA77&dq=Sebuah+jurnal+yang+relevan+dengan+topik+ini+adalah+jurnal+yang+diteliti+oleh+Kingsnorth+(2019)+yang+berjudul+“Digital+Marketing+Strategy+:+An+Integrated+Approach+to+Online+Market

Faldy, T. D., Noor, S., & Nurvenda, S. S. (2023). Tinjauan Atas Strategi E-Marketing Pada Kinasih Resort & Conference Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 4(2),71–80. https://doi.org/10.37641/JIPKES.V4I2.2069

Ilmiah, I. and Hariyana, N. (2023). Pendampingan Dan Penerapan Branding Produk Sebagai Strategi Pemasaran UMKM “Rempeyek Mak Sri”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), pp.1627-1634. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/ article/view/1163/875

Khaidarmansyah, K. and Halimah, H. (2022). Edukasi Penerapan Digital Branding Untuk Peningkatan Ekonomi Umkm Makaroni Di Tanjung Senang, Bandar Lampung. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(10), pp.2859-2866. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i10.1651

Kurniasari, D.N., Taufikurrahman, T. and Roidah, I.S. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Legalitas Usaha dan Re-Branding Produk di Desa Kedungdalem Kabupaten Probolinggo. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4). https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.ph p/NJPC/article/view/487/521

Kustini, E., Fauzi, R.D. and Simangunsong, R.R. (2023). Penerapan Branding Product Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan Selitar Desa Sindanglau Kecamatan Carita Kabupaten Padeglang Banten. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), pp.51-54. http://pijarpemikiran.com/index.php/praxis/articl e/view/629/589

Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Jurnal Cafetaria, 3(1), 24– 35. https://doi.org/10.51742/AKUNTANSI.V3I1.492

Leiwakabessy, T. F. F., Ikbal, L., Sihasale, J. R., Risambessy, M. S., Samale, L., & Ananda, G. M. C. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Negeri Halong. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 158–163. https://doi.org/10.30598/PATTIMURA- MENGABDI.1.3.158-163

Magdalena, B. (2021). Penerapan Digital Marketing Dan Strategi Branding Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Madu Gegala (Klanceng) Di Desa Penengahan Pesisir Barat. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), pp.1115- 1120. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i6.533

Pitaloka, L. K., & Kardoyo, K. (2023). Membuka Pintu Pasar Digital: Pelatihan Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Olahan Pangan di Salatiga. Madaniya, 4(4), 1368–1380. https://doi.org/10.53696/27214834.559

Solihiyah, E.D.Z. and Tondang, I.S. (2023). Penerapan Digital Branding Melalui Pendekatan Penyuluhan, Pelatihan, dan Pendampingan Bagi Pelaku UMKM Kelurahan Medokan Semampir. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), pp.156-163. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.266

Wijayanti, A.R. and Nur, D.I. (2023). Penerapan Branding Dan Digital Marketing Guna Pengembangan Umkm Kelurahan Klampok Kota Blitar. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp.10-17. https://doi.org/10.47233/jpmittc.v2i2.989

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Setiawan, A. R., & Samsudin, A. (2025). Optimalisasi Sumber Daya Manusia dalam Penerapan Branding dan Strategi Digital Pada UMKM di Desa Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo . Jurnal Sinabis, 1(4), 1189–1198. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/270

Issue

Section

Articles