Optimalisasi Sumber Daya Manusia dalam Penerapan Branding dan Strategi Digital Pada UMKM di Desa Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo
Keywords:
Sumber Daya Manusia, Branding, Strategi Digital, UMKMAbstract
Sebagian pemilik UMKM di Desa Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, menghadapi tantangan dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk. Mereka masih menjual produk mereka dari mulut ke mulut tanpa memanfaatkan pemasaran digital dan strategi branding yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran sumber daya manusia (SDM) dalam penerapan branding dan strategi digital di UMKM. Pemahaman dasar mengenai pentingnya legalitas, seperti sertifikasi halal, serta penggunaan platform digital dan pengembangan strategi branding, diberikan kepada pemilik UMKM. Ini mencakup pelatihan pembuatan desain logo dan foto produk. Diharapkan dengan adanya optimalisasi SDM, pemilik UMKM dapat memanfaatkan platform digital seperti WhatsApp Business dan Instagram untuk pemasaran, serta memiliki desain logo dan foto produk yang menjadi ciri khas usaha mereka, sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar yang lebih luas
References
Ainun, N., Wahida, A., & Maming, R. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/JESYA.V6I1.967
Andita, M. P., Indra, A. M., & Adilla, M. (2024). Pengembangan UMKM Adekfat dengan Pendampingan Desain dan Promosi Produk. Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS), 2(2), 61-69. https://doi.org/10.36706/BECERIS.V2I2.35
Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., Putra, M. A. R., Wardana, B. S., Cahya, R. A., Ramadhan, R. T., & Arum, D. P. (2022a). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/CDJ.V3I2.4702
Batubara, C., Safitri, D., Sari, D. P., Luthfiah, H. T., & Putra, B. U. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 420–427. https://doi.org/10.31004/JH.V3I2.265
Budi, S. A. (2021). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis. Digital Marketing Malang:Edulitera (Anggota IKAPI No.211/JTI/2019) Imprint PT. Literindo Berkah Karya.
Dedi Mardiansyah, Ikhlasul Fikri, N. F. et. all. (2023). Penambahan Lokasi UMKM dan tempat Umum Kedalam Geogle Maps Di Nagari Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN).https://ejournal.sisfokomtek.org/index.ph p/jpkm/article/view/1940/1530
Dewi, M. K., Suhartono, D., & Subarkah, P. (2022). Implementasi Metode Bruce Archer dan Analisis SWOT pada Redesain Logo untuk Peningkatan Promosi Kripik TempeMama Ghusla. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 5(2), 99–110. https://doi.org/10.25273/DOUBLECLICK.V5I2.12012
Dr. Didik Hariyanto, M.Si Mojopahit, J., & Sidoarjo, B. (2023). Buku Ajar Komuni-kasi Pemasaran. Umsida Press, 0, 1–142. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-068-7
Erwin, Rahmad Solling Hamid, Ni Nyoman Suarniki, Elia Ardyan, Ahmad Syamil, Zunan Setiawan, Sepriano, Edhie Rachmad, Y. (2023). PSIKOLOGI PEMASARAN SOCIETY 5.0 : Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0 - Yoesoep EdhieRachmad, Erwin Erwin, Rahmad Solling Hamid, Ni Nyoman Suarniki, Elia Ardyan, Ahmad Syamil, Zunan Setiawan, Sepriano - Google Books. Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=XbC_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA77&dq=Sebuah+jurnal+yang+relevan+dengan+topik+ini+adalah+jurnal+yang+diteliti+oleh+Kingsnorth+(2019)+yang+berjudul+“Digital+Marketing+Strategy+:+An+Integrated+Approach+to+Online+Market
Faldy, T. D., Noor, S., & Nurvenda, S. S. (2023). Tinjauan Atas Strategi E-Marketing Pada Kinasih Resort & Conference Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 4(2),71–80. https://doi.org/10.37641/JIPKES.V4I2.2069
Ilmiah, I. and Hariyana, N. (2023). Pendampingan Dan Penerapan Branding Produk Sebagai Strategi Pemasaran UMKM “Rempeyek Mak Sri”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), pp.1627-1634. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/ article/view/1163/875
Khaidarmansyah, K. and Halimah, H. (2022). Edukasi Penerapan Digital Branding Untuk Peningkatan Ekonomi Umkm Makaroni Di Tanjung Senang, Bandar Lampung. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(10), pp.2859-2866. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i10.1651
Kurniasari, D.N., Taufikurrahman, T. and Roidah, I.S. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Legalitas Usaha dan Re-Branding Produk di Desa Kedungdalem Kabupaten Probolinggo. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4). https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.ph p/NJPC/article/view/487/521
Kustini, E., Fauzi, R.D. and Simangunsong, R.R. (2023). Penerapan Branding Product Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan Selitar Desa Sindanglau Kecamatan Carita Kabupaten Padeglang Banten. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), pp.51-54. http://pijarpemikiran.com/index.php/praxis/articl e/view/629/589
Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Jurnal Cafetaria, 3(1), 24– 35. https://doi.org/10.51742/AKUNTANSI.V3I1.492
Leiwakabessy, T. F. F., Ikbal, L., Sihasale, J. R., Risambessy, M. S., Samale, L., & Ananda, G. M. C. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Negeri Halong. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 158–163. https://doi.org/10.30598/PATTIMURA- MENGABDI.1.3.158-163
Magdalena, B. (2021). Penerapan Digital Marketing Dan Strategi Branding Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Madu Gegala (Klanceng) Di Desa Penengahan Pesisir Barat. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), pp.1115- 1120. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i6.533
Pitaloka, L. K., & Kardoyo, K. (2023). Membuka Pintu Pasar Digital: Pelatihan Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Olahan Pangan di Salatiga. Madaniya, 4(4), 1368–1380. https://doi.org/10.53696/27214834.559
Solihiyah, E.D.Z. and Tondang, I.S. (2023). Penerapan Digital Branding Melalui Pendekatan Penyuluhan, Pelatihan, dan Pendampingan Bagi Pelaku UMKM Kelurahan Medokan Semampir. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), pp.156-163. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.266
Wijayanti, A.R. and Nur, D.I. (2023). Penerapan Branding Dan Digital Marketing Guna Pengembangan Umkm Kelurahan Klampok Kota Blitar. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp.10-17. https://doi.org/10.47233/jpmittc.v2i2.989
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andri Rizal Setiawan, Acep Samsudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


