Upaya Pemberdayaan Pelaku Usaha dalam Branding Produk Melalui Desain Visual dan Media Sosial untuk Meningkatkan Promosi di Era Digital
Keywords:
Pemberdayaan Pelaku Usaha, Branding Produk, Media SosialAbstract
Dalam era digital yang ditandai oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pelaku usaha menghadapi tantangan yang signifikan dalam memperkuat branding produk mereka. Meningkatnya persaingan di pasar global memerlukan strategi yang efektif dan inovatif, termasuk melalui sosialisasi dan pendampingan dalam desain visual serta pemanfaatan media sosial. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku usaha, khususnya masyarakat Kelurahan Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tarik produk serta memperluas jangkauan pasar mereka. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sosialisasi mengenai pentingnya branding dan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran, diikuti dengan sesi pendampingan praktis dalam penerapan desain visual yang menarik dan efektif. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang cara mengelola konten yang relevan dan menarik di berbagai platform media sosial. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam mengelola branding produk mereka, yang berdampak positif pada visibilitas, daya tarik, dan hubungan dengan konsumen. Rekomendasi dari kegiatan ini mencakup perlunya program pemberdayaan yang berkelanjutan untuk memperkuat keterampilan pelaku usaha dalam branding, guna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, meningkatkan daya saing produk, dan mendorong inovasi di pasar yang terus berkembang
References
Edwin Zusrony, Widyaningsih, D., Sumarlin, T., Santoso, A. B., Adriana, M., Dianta, I. A., & Setiawan, D. (2023). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Model Bisnis Daring Bagi Kader PKK Desa Randusari, Desa Bangsalan dan Desa Salakan, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3814-3819. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/j pkm/article/view/1911
Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan produk UMKM Masa pandemi covid-19 melalui pelatihan digital marketing dengan graphic designer software canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 643. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (n.d.). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan Penjualan Bagi UMKM tajur Halang Makmur. Abdiformatika. http://www.abdiformatika.org/index.php/ho me/article/view/147
Hakim, A. R., & Mulyadi, T. M. (2020). Digital branding Dan Desain Optimalisasi Peningkatan Penjualan produk UMKM Makanan Tradisional di Kabupaten Sukoharjo. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.1068
Hutajulu, D. S., Ingepuri, P., Musnaini, M., Octavia, A., Masriani, I., & Utama, A. N. (2024). Optimalisasi Pengembangan kemasan dan digital marketing Untuk Meningkatkan branding “Gom-gom snack.” EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6), 913–921. https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i6.2901
Lazuarni, S., Hendarmin, RM. R., & Wulandari, T. (2022a). Pelatihan Desain Grafis Untuk Bisnis di Zaman Serba Digital dan visual Kepada Mahasiswa Kota Palembang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 524. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7909
Martono, Y., Palupi, M. E., Felita, B., Saptaningtyas, S. N., Raharjianti, B. M., & Hananto, F. T. (2020). Pemberdayaan Masyarakat di Desa Kalikurmo Berbasis Kearifan Lokal. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70–79. https://doi.org/10.24246/jms.v1i12020p70- 79
Mira Veranita, Gunardi, Ramayani Yusuf, & Yunyun Ratna H. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Melalui Pelatihan Digital Marketing. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyara-kat), 4(3), 388-401. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1461
Mutaqin, E. Z., Saputri, S. L., & Maulida, M. F. (2023). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Digital Marketing Produk Sirup Jahe Kelompok Wanita “Tiara Tani” Di Desa Tanggeran. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2993–3006. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6756
Nofirda, F. A. ., Ahmad, I. ., Syavira, A. ., Ramadhanti, N. ., Marsyhandya, N. H. ., & Syakilla, M. . (2023). Upaya Peningkatan Omset Penjualan dengan Penggunaan Digital Marketing dan Ekonomi Hijau Melalui Packaging pada “Usaha Kue Nona Manis”. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2414–2421. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14132
Awalludin, M., & Eka Pratama, A. Y. (2024). Promosi Produk di Medsos Melalui Bekal Desain Marketing Online. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 651–655. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2215
Paranoan, N., Palalangan, C. A., & Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi penerapan digital marketing Dalam Meningkatkan pendapatan UMKM Produk Kuliner di Makassar. Accounting Profession Journal, 4(1). https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.33
Pudjoprastyono, H., Layli, R. M., Wicaksono, T. M. A., & Faajri, M. S. (n.d.). Pemberdayaan UMKM rolade sawi Melalui Peningkatan branding digital Dan Inovasi kemasan. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM). https://www.ejournalrmg.org/index.php/AMPKM/article/view/13 2
Ramadhan, M. I. P., Arrobi, J., & Putri, S. N. (2023). Strategi Pemberdayaan UMKM Melalui Penerapan Metode Branding dan Pemasaran Online Upaya Meningkatkan Pendapatan di Desa Cikembang. Easta Journal of Innovative Community Services, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.58812/ejincs.v2i01.155
Sakti, I. M., Pratiwi, D. C., & Jati, S. C. (2022). Pelatihan Fotografi dan Editing untuk Meningkatkan Promosi Produk Kerajinan Rajut. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 451–464. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/6 825
Nurmalya Kardina, R., Wijayanti, L. ., Abidatun Mu’awanah, N. ., Chaiyun Nafiah, I. ., As’ad Santiko, I., & Albana, I. (2023). Strategi Peningkatan kemampuan marketing melalui sosial media pada UMKM bangkit Wilayah Banyumas. Journal of Sustainable Communities and Development, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51519/journalscd.v1i1.218
Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Putri, D. M., & Sari, R. A. (2021). Peran digital marketing Dan Packaging Dalam Meningkatkan produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita, 3(2), 52–58. https://doi.org/10.15294/puruhita.v3i2.5310 0
Susilo, J. I., & Iswanto, R. (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai media Promosi Untuk menaikkan brand awareness parvis production. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 7(02), 81–92. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v7i02.923
Wahyuni, E. D., Febryan, I., Oktaviani, D., Putra, A., Pradana, R., Aulia, A., Rahmayanti, V., & Regata, D. (n.d.). Peningkatan Perekonomian Desa melalui pemberdayaan UMKM Dan pemanfaatan digital marketing. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/ind ex.php/cdj/article/view/12207
Zusrony, E., Santoso, A. B., Widyaningsih, D., Dianta, I. A., Purhita, E. J., Sumarlin, T., Aqham, A. A., Andriana, M., Fitrianto, Y., & Kusumaningtyas, D. D. (2024). Pelatihan Pemasaran digital Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Ekonomi Usaha mikro kecil Dan Menengah. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.30812/adma.v5i1.4023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jenny Amelia Gifani, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


