Pengembangan Branding Digitalisasi Marketing Terhadap UMKM Melalui Media Sosial di Desa Sumput
Keywords:
UMKM, Teknologi Digital, Pemasaran Digital, Hijab Eco-Print, Media Sosial, E-CommerceAbstract
Teknologi digital telah memberikan dampak besar bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk di Desa Sumput, Sidoarjo. Salah satu UMKM yang menghadapi tantangan adalah Arunica Craft, usaha hijab eco-print yang didirikan oleh ibu-ibu PKK. Mereka mengalami kesulitan dalam memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk pemasaran. Melalui program pengabdian masyarakat ini, pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang branding dan pemasaran digital. Program ini terdiri dari tiga tahap: observasi, pelatihan, dan penerapan langsung. Hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat identitas bisnis. Dengan ini, diharapkan UMKM di Desa Sumput dapat lebih berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas
References
Aisyah, S. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Era Pandemi. JPKM, 12(1), 45-46. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2411
Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Asmawati, J. A., Firmansyah, & Layli. (2023). Edukasi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM dengan Memanfaatkan Digital Marketing Melalui Sosial Media. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 4(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2572
Mariam, S., Haeba, A., & Ramli. (2023, November). Pelatihan Dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(4), 379-390. https://icjcs.escid.org/index.php/home/article/d ownload/149/159
Maulida, L., & Rizki, M. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.22373/jpkm.v3i1.2900
Prayogi, I. A. (2023). Pendampingan UMKM Berbasis E-Commerce dan Packaging di Desa Mancak Kabupaten Serang. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i1.6595
Prihatiningtyas, S., Umardiyah, F., Husna, A. L., Wardani, D. K., Ningsih, W. S., Mufajar, I. A., & Wildan, M. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Desa Pesantren. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42-50. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.449 5
Putri, R., & Amalia, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Desa Biaro Lama Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.31943/jpm.v1i1.2595
R.Amaliyyah. (n.d.). Inovasi Foto Produk Sebagai Media Promosi Online Dalam Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm Bolu “Ciptoroso" di Lingkungan Ampean Kelurahan Tonatan Ponorogo.
Riofita, H., Arimbi, Rifky, M.G., Samalah, L. R., Asrita, R., & Nurzanah, S. (2024, Januari). Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen di Era Digital. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 21-26. https://jurnalistiqomah.org/index.php/jemb/arti cle/view/617/551
Rosida, T., & P S, D. R. (2023). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal PkM STIEKMA, 1(1). http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v2i2.207
S, H., & R, I. (2022). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk pada Masa COVID-19. Abdipraja: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.21831/abdipraja.v4i1.3602
Sari, E. P., & Amelia, R. (2022). Pendampingan Meningkatkan Penjualan UMKM Wisata Desa Tigaras Melalui Digital Marketing. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.31849/e-amal.v3i2.3452
sasa, Adi, D. S., Triono, M. A., & Supanto, F. (n.d.). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3). https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Septian, R., & Rahmat. (2023). Strategi Pemberdayaan UMKM dalam Pening-katan Ekonomi Masyarakat. Sawala, 6(1). http://dx.doi.org/10.47201/berdaya.v2i2.207
Sholeh, M., & Pranoto, A. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Para Pelaku UMKM di Kecamatan Sedayu Bantul sebagai Upaya untuk Mempromosikan Produk. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.29040/budimas.v5i1.7220
Sholikah, R., Ulhaq, I. D., & Laila, N. (2023, April). Pemberdayaan Pelaku UMKM Melalui Digital Marketing. Jurnal Pengab-dian Kepada Masyarakat, 3(2), 243-254. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.64
Soetarto, Panjaitan, D. T. M. R., & Tambunan, Y. E. (n.d.). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Study Di Kelurahan Sei Putih Timur II Kecamatan Medan Petisah). Jurnal Darma Agung, 32(1), 67-76. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurna luda/article/download/4135/3600/
Zahra, I. P., Khoirunnisa, Minarti, A., Silfiani, E., & Yustia, H. (2021). Pendampingan dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Toko Kuenak di Ciputat Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melisa Cornelia, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


