Meningkatkan Brand Marketing dan Digitalisasi UMKM Jajanan Pasar di Kelurahan Kejawan Putih Tambak Surabaya dengan Pembuatan E-Katalog dan Media Sosial
Keywords:
UMKM, Pengabdian masyarakat, Bisnis digital, Media promosiAbstract
UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki oleh badan usaha dan perseorangan yang memenuhi syarat sebagai usaha mikro. Peran UMKM menjadi salah satu program penting di dalam mencapai sistem Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dan sudah diakui di lingkup perekonomian nasional. Dunia bisnis dan ekonomi juga semakin berkembang karena kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan ini mendorong para pelaku usaha untuk beralih dari transaksi bisnis tradisional ke arah bisnis digital. Oleh karena itu, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini ialah untuk membantu meningkatkan usaha yang dimiliki oleh UMKM, berupa peningkatan citra bisnis ataupun branding produk usaha dan pelaksanaan digitalisasi bisnis. Adapun tahapan metode penyelesaian kegiatan program pengabdian masyarakat kepada pihak UMKM berupa tahap awal, tahap persiapan, tahap pengerjaan program hasil diskusi, tahap Implementasi dan finishing program yang dibuat, dan tahap penyerahan hasil dan evaluasi. Dari hasil program tersebut diperoleh penyelesaian berupa penyerahan E-Katalog sebagai media promosi dan juga pembuatan akun sosial media sebagai media penjualan secara digital, hasil ini memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan kepada pihak UMKM tersebut
References
Amanda Amelia Sari, A. S. (2023). Optimalisasi Pengembangan Digitalisasi Marketing Dan Digital Branding Produk UMKM Madu Lebah Klanceng . : Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 53-61.
Budiwitjaksono, G. S. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 615-624.
Faisal Pamungkas, R. M. (2022). Pengembangan Digitalisasi UMKM POKDARWIS Pasca Pandemi COVID-19. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat , 46-53.
Farastutie, I. F. (2023). Optimalisasi Digitalisasi UMKM di Kelurahan Rungkut Kidul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 1762-1770.
If Bambang Sulistyono, E. A. (2023). Pendampingan Digitalisasi Produk UMKM PKK di Desa Sumberejo Wonogiri Melalui Branding dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 157-163.
Iqbal, M. (2022, Juli 16). UMKM Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Diambil kembali dari https://lindungihutan.com/: https://lindungihutan.com/blog/pengertian-umkm- adalah/
M. Wesla Dhifayana Sukirman, R. I. (2023). Pemberdayaan Dan Sosialisasi Usaha Mikro Melalui Digital Marketing Dan Branding Terhadap Beberapa UMKM Di Kelurahan Kepanjenkidul Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 87-98.
Majid, M. N. (2024). Digitalisasi UMKM: penguatan fotografi produk sebagai upaya branding UMKM di Kabupaten Mojokerto. Abdimas Dewantara, 59-69.
Manihuruk, R. d. (2024). Optimalisasi Branding Melalui Digitalisasi Bisnis UMKM Dapoer Athakiela. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 155-161.
Mas’ud, H. d. (2023). Pelatihan Peningkatan Branding dan Penjualan UMKM Melalui Digitalisasi dan Kreativitas Promosi. Devotion: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi, 77- 89.
Pebrina Swissia, H. (2023). Optimalisasi Digital Marketing dalam Meningkatkan Branding pada UMKM TEMPE Mbah Mul di Desa Purwotani. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5949-5956.
Purnamasari, P. H. (2024). Implementasi Program Pengabdian Masyarakat Untuk Branding Dan Digitalisasi UMKM Di Desa Jayamukti Kab. Bekasi. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 100-103.
Refyawati, D. A. (2023). Digitalisasi Branding UMKM Gula Aren Cek Midut Di Batang Hari Ogan Tegineneng, Pesawaran, Lampung. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1242-1247.
Rizka, S. S. (2023). Optimalisasi Branding Dan Re-Branding Produk UMKM Di Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 68-78.
Rizki Agam Syahputra, C. W. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 521-527.
Roosinda, F. W. (2023). Pemberdayaan UMKM Cafe Patung Kuda MelaluiI Digitalisasi dan Branding Media Sosial Di Desa Ledug Indah Kec. Prigen Kab. Pasuruan. Jurnal Abdi Bhayangkara, 1687-1696.
Sandi, B. S. (2022). Pengembangan Digitalisasi Umkm Masyarakat Kelurahan Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi., 1546-1552.
Sandika, D. P. (2023). Penerapan Digitalisasi Bisnis Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pemasaran UMKM Deep’s Cookies Di Kelurahan Kutisari. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4966-4971.
Sukirman, M. W. (2023). Pemberdayaan Dan Sosialisasi Usaha Mikro Melalui Digital Marketing Dan Branding Terhadap Beberapa UMKM Di Kelurahan Kepanjenkidul Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 87-98.
Zakiyah Zulfa Rahmah, Y. R. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM Di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto)). Jurnal BUDIMAS, 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lilyana Fransiska Sinaga, R. Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


