Optimalisasi Konten Media Sosial Instagram Sebagai Penunjang Digital Marketing Pada PT. CSM Cargo
Keywords:
Optimalisasi, Konten, InstagramAbstract
Konten merupakan hal utama dalam digital marketing yang dijalankan di sosil media. Instagram adalah sosial media yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, dan sering digunakan sebagai media promosi secara digita saat inil. PT. CSM cargo salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang yang sudah ada sejak tahun 2013 hingga saat ini terus berkembang. Optimalisasi konten di akun @csmcargo sangat diperlukan untuk memperluas jaringan pasar dari CSM Cargo. Pada kegiatan optimalisasi ini dilakukan dengan merencanakan, menjadwakan, menjalankan, dan mengevaluasi konten dari akun instagram @csmcargo. Konten yang di upload terjadwal dengan baik dan rutin sesuai tenggat yang dijadwalkan. Konten yang di upload terbagi atas 4 content pillar yaitu, promotion, tren, BTS, dan education yang di upload di feed, instastory ataupun reels di akun instagram @csmcargo. Kegiatan optimalisasi ini berjalan dengan baik, dan dapat diukur melalui insight yang terus meningkat. Optimalisasi berhasil dijalankan dengan lancar dan optimal selama 3 bulan
References
Amanda, A., & Ridho, W. F. (2023). Peran Astuti, A. W., Sayudin, S., & Muharam, A. (2023). Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2787-2792.
Barokah, Siti, Wulandari, O. A., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). “Optimalisasi Digital Marketing Melalui Facebook Ads Di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 17-22.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2017). Digital marketing excellence: Planning, optimizing and integrating online marketing. Abingdon: Routledge.
Fani, M. A., Daulay, A. N., & Harianto, B. (2024). Strategi Konten Kreatif Dalam Membentuk Citra MerekDi Media Sosial (Studi Kasus Pada UsahaKonten Kreatif Yelo Studio). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 307-318.
Gunelius, S. (2011). Content marketing for dummies. Hoboken: John Wiley & Sons.
Hidayat , T., & Amalia, R. (2020). Strategi Penyusunan Content Plan pada Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement. Jurnal Komunikasi dan Pemasaran Digital, 75-88.
Kotler, p., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Boston: Pearson Education.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai MediaKomunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 18-33.
Ningsih, S., & Setiawan, D. (2021). Optimalisasi Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 145-155.
Pratama, A. P., & Wicaksono, A. (2019). Pengelolaan Content Planner sebagai Strategi Pemasaran Digital yang Efektif. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 133-145.
Pratama, Y. R., & Sari, D. (2021). Peran Konten Visual dalam Meningkatkan Engagement di Media Sosial: Studi Kasus pada UMKM. Jurnal Pemasaran Digital Indonesia, 75-89.
Pratiwi, E. (2022). Analisis Pengaruh Konten Digital terhadap Keputusan Konsumen di Platform Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 121-134.
Putra, B. A., & Ningsih, S. (2021). Pengaruh Evaluasi Konten Pemasaran Digital terhadap Peningkatan Brand Awareness di Media Sosial. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 98-110.
Santoso, H., & Wibowo , A. (2020). Pengaruh Kualitas Visual dan Editing Konten Terhadap Efektivitas Pemasaran Digital. Jurnal Komunikasi dan Media, 45-58.
Sari, D. P., & Hadi, A. (2020). Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 65-74.
Sari, R. N. (2021). Pengaruh Konten Partisipatif terhadap Engagement di Media Sosial. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 45-59.
Setia, F., Barkah, C. S., Herawaty, T., & Auliana, L. (2021). Usulan Strategi Optimasi Akun Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Reach Melalui Instagram Advertinh (Studi Kasus: Humingbad Clothing). Jurnal Sekertaris dan Administrasi Bisnis.
Urva, G., Pratiwi, M., & Syarief, A. O. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 56-61.
Wahyudi, E., & Hakim, A. R. (2020). Evaluasi Strategi Pemasaran Digital pada Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement. Jurnal Manajemen Pemasaran, 120-135.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Yogantari, M. v., & Widyaswari, I. W. (2018). Efektifitas Instagram Sebagai Sarana Periklanan Baru di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosia, 127-131.
Yunus, C. D., & Ulum, M. B. (2023). Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Konten Instagram Otomatis bagi Pelaku UMKMdengan Flutter Framework. Jurnal Ilmiah Informatika (JIF), 196-205.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Leli Esterina Hutahaean, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


