Pentingnya Digitalisasi dalam Upaya Mendukung Pengembangan Bisnis

Authors

  • Angela Clarisa Wijaya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi, Transformasi Digital, Pengembangan Bisnis

Abstract

Transformasi digital telah menjadi kebutuhan mendesak bagi perusahaan untuk tetap relevan dalam lingkungan bisnis yang semakin dinamis. Perkembangan teknologi telah mendorong perusahaan dari berbagai sektor untuk mengadopsi digitalisasi demi mempertahankan daya saing dan memperluas jangkauan pasar. Tujuan artikel ini yaitu membahas mengenai pentingnya digitalisasi dalam pengembangan bisnis yang meliputi manfaat, dampak positif, tantangan, serta studi kasus UMKM maupun perusahaan yang menerapkan digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari studi literatur yang mengacu pada jurnal, buku, dan sumber lainnya yang relevan. Temuan menunjukkan bahwasanya digitalisasi dapat meningkatkan produktivitas, memperluas pasar, dan memperbaiki kualitas produk atau layanan perusahaan. Meskipun demikian, perusahaan juga menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan pengetahuan teknologi, masalah keamanan, dan perubahan budaya kerja. Keterbatasan penelitian ini terletak pada penggunaan data sekunder tanpa melibatkan wawancara atau data primer langsung

References

Ariq, M. A., & dkk. (2023). Dampak Digitalisasi Terhadap Bisnis Dan Perdagangan. Journal of Comprehensive Science, 2(6): 1801-1816.

Asiyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2): 442-448.

Dalan, U. A. (2023, June 24). Digitalisasi Bisnis dan Artificial Intelligence di Indonesia. Retrieved from Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/digitalisasi-bisnis-dan-artificial-intelligence-di-indonesia. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2024

Harto, B., & dkk. (2023). Strategi Bisnis Berkelanjutan Melalui Inovasi Model Operasional Di Era Digitalisasi Bisnis. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(2): 243-251.

Hilmiana, & Kirana, D. H. (2022). Digitalisasi Pemasaran Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pendapatan Umkm Segarhalal. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1): 74-81.

Kurniawan, R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Digitalisasi Pada Manajemen Usaha Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(3): 1050-1064.

Laziva, N. d. (2024). Studi Literatur Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Era Masyarakat 5.0: Strategi dan Faktor. Management Business Inovation Conference (pp. 1050-1079). Pontianak: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Malihah, L., & Normala, S. (2024). Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Digital : Sebuah Tinjauan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1): 505-512.

Purba, A. A., & dkk. (2023). Analisis Implementasi Etika Bisnis Pada Era Digitalisasi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11): 328-333.

Rupianti, R., & dkk. (2023). Manajemen Bisnis Dalam Era Digital Pendekatan Teoritis dan Praktis. Malang: Penerbit Litnus.

Tambunan, R. T., & Nasution, M. I. (2023). Tantangan dan Strategi Perbankan Dalam Menghadapi Perkembangan Transformasi Digitalisasi Di Era 4.0. Sci-Tech Journal, 2(2): 148-156.

Tannady, H. (2024). Peran Digitalisasi Untuk Meningkatkan Performa Bisnis: Sesi Pemaparan Bagi Anggota Asosiasi Riset Ilmu Manajemen Kewirausahaan Dan Bisnis. Community Development Journal, 5(5): 8851-8855.

Tiarapuspa, & dkk. (2024). Pelatihan Digitalisasi dan Pemasaran Dalam Mendukung Peluang dan Menghadapi Tantangan bagi UMKM. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1): 1-12.

Verhoef, P. C., & dkk. (2021). Digital transformation: A multidisciplinary reflection and research agenda. Journal of Business Research, 122: 889-901.

Yuniarti, T., & dkk. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra, 2(2): 121-126.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Wijaya, A. C., & Andarini, S. (2025). Pentingnya Digitalisasi dalam Upaya Mendukung Pengembangan Bisnis . Jurnal Sinabis, 1(5), 1280–1285. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/283

Issue

Section

Articles