Digitalisasi Proses Bisnis Dalam Industri Hiburan: Studi Kasus Strategi Engagement Melalui Media Sosial
Keywords:
Keterlibatan media sosial, Digitalisasi, Industri hiburan, Konten buatan pengguna, Kolaborasi influencerAbstract
Industri hiburan telah mengalami transformasi signifikan dengan munculnya digitalisasi, terutama melalui media sosial, yang berfungsi sebagai platform strategis untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana integrasi media sosial ke dalam proses bisnis digital dapat mengoptimalkan keterlibatan di industri hiburan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif untuk menelaah bagaimana perusahaan hiburan dan artis memanfaatkan platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube untuk berinteraksi dengan audiens. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen terhadap konten media sosial dan analisis tematik terhadap strategi keterlibatan. Temuan menunjukkan bahwa interaksi langsung, konten video pendek, live streaming, dan storytelling sangat efektif dalam menciptakan koneksi personal dan emosional dengan penggemar. Penelitian ini juga mengungkap bahwa analitik media sosial memainkan peran penting dalam memahami perilaku audiens dan mengukur efektivitas kampanye. Selain itu, konten yang dihasilkan oleh pengguna (user-generated content/UGC) dan kolaborasi dengan influencer diidentifikasi sebagai strategi utama untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun komunitas. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam tentang integrasi holistik media sosial ke dalam proses bisnis digital, serta memberikan wawasan praktis bagi para pelaku industri untuk meningkatkan keterlibatan secara berkelanjutan.
References
Arianto, B. (2022). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 132–146. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1148
Daniati, N. S., Priyatno, A., & Muhdiyati, I. (2024). Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Moralitas Pada Era Digitalisasi di SDN Caringin 02. Karimah Tauhid, 3(4), 4091–4106. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid. v3i4.12812
Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.30 1
Muhammad, Y. R., & Rachman, A. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Karya Musik Di Era Industri 4.0 (Studi Kasus Pada Band Sendau Gurau Di Semarang Social Media As a Promotion of Music Works in the Industrial Era 4.0 (Case Study of the Sendau Gurau Band in Semarang). Musikolastika: Jurnal Pertunjukan & Pendidikan Musik, 2(1), 23–30. http://musikolastika.ppj.unp.ac.id/index.php/musikolastikahttps://doi.org/10.75 92/musikolastika.v2i1.35
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.5 7
Noventa, C., Soraya, I., & Muntazah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram BuddyKu Sebagai Sarana Informasi Terkini. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(3), 626–635. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1 124
Riki, Kremer, H., Suratman, Ciptoputra, V. A. A., & Hazriyanto. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk. Jurnal Cafetaria, 4(1), 98–105.
Saud, M., Ida, R., Abbas, A., Ashfaq, A., & Ahmad, A. R. (2020). The Social Media and Digitalization of Political Participation in Youths: An Indonesian Perspective. Society, 8(1), 83–93. https://doi.org/10.33019/society.v8i1.1 60
Setya, I., Jayanti, D., Kusumawardhani, A., Administrasi, M., & Vokasi, S. (2023). Social Media Marketing Melalui Tiktok Sebagai Sarana Pemasaran Produk Umkm Fashion “Tulus Signature” Dan “Ghaffa the Label.” Noctis, 02(01), 16–29. https://journal.uns.ac.id/noctis/index
Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Literasi Visual Pada Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal AKRAB!, 10(1), 71–80. https://jurnalakrab.kemdikbud.go.id/jur nalakrab/article/view/276/219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Nur Rohmawati Wulandari, Nurhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


