Pemberdayaan UMKM melalui Inovasi Sabun Kertas dengan Pendekatan Pemasaran Digital untuk Menarik Minat Pembeli di Kelurahan Kalijudan
Keywords:
Pemberdayaan UMKM, Pemasaran Digital, Inovasi Produk, Sabun KertasAbstract
Pemberdayaan UMKM melalui inovasi sabun kertas dengan pendekatan pemasaran digital bertujuan untuk meningkatkan daya saing pelaku UMKM di Kelurahan Kalijudan, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya. UMKM adalah andalan perekonomian Indonesia, namun banyak UMKM di wilayah ini menghadapi tantangan dalam hal inovasi produk dan pemanfaatan teknologi pemasaran digital. Dalam konteks ini, sabun kertas diperkenalkan sebagai solusi praktis dan ramah lingkungan yang menawarkan kemudahan penggunaan dan efisiensi. Selain inovasi produk, perluasan jangkauan pasar memerlukan strategi pemasaran efektif yang memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dalam pembuatan sabun kertas dan optimalisasi pemasaran digital. Progam ini diharapkan dapat membantu UMKM menarik pembeli yang lebih luas dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal
References
Ajis Saputra, J & Bahrun, K. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, dan Bentuk Kmasan Terhadap Minat Beli Produk Tahu. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS). 4(1), 138 – 146. https://jurnal.umb.ac.id/index.php/jems/article/view/4438
Dewantara, N. Pardede, E. & Soter Sihombing, N. (2022). Pemasaran Digital. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=o8CAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=digitalpemasaran+konten+blog&ots=dpj0Tm7DOV&sig=lm0TU6K5OyBpUZLcrsmSYlSeis4&redir_esc=y#v=onepage&q=digitalpemasaran%20konten%20blog&f=true
Diana, L. (2022). Implementasi E- Commerce Shopee sebagai Upaya Penerapan Digital Marketing Produk UMKM di Kelutrahan Kalijudan. Jurnal Abdimas Patikala, 2(1), 454–462. https://etdci.org/journal/patikala/article/view/505/257
Elwisam & Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif, dan Orientasi Pasar untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 4(2), 277 – 286. https://core.ac.uk/download/pdf/235155695.pdf
Fitri, A. (2024). Sosialisasi Pembuatan Sabun Minyak Jelantah dan Cuci Tangan di SD Petompon 3. Communnity Development Journal, 5(4), 7519 – 7542. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/27133/21890
Fitri Kusuma, D & Syahriar Sugandi, M. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18 – 33. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1061337
Harini, S & Silaningsih, E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. 6(1), 67 – 82. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2957014&val=26355&title=Pengaruh%20orientasi%20pasar%20kreativitas%20dan%20inovasi%20produk%20terhadap%20kinerja%20pemasaran%20UMKM
Jannatin, R. Wardhana, W. Haryanto, R. (2020). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(1). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/844/745
Kartika Sari, Y. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Pemasaran Online Pada Pelaku Usaha UMKM Kelurahan Plosokandang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa. 1(8), 1589–1595. http://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.coStrategiInovasiPemasaranMediaSosialuntukMeningkatkanKeunggulanKompetitifm/index.php/jpmba/article/view/3 91/291
Khairani, S. (2022), Pelatihan Pembuatan Paper Soap(Sabun Kertas)di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan BeringinKabupaten Deli Serdan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI). 2(1), 211 – 216. https://jamsi.jurnal-id.com/index.php/jamsi/article/view/208/109
Maharani, T. (2023). Menarik Minat Beli Konsumen dengan Digital Marketing – UMKM Korean Cake Batam. Jurnal Economina. 2(6). 1181 – 1192. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina/article/view/561/494
Mardikaningsih, R. (2023). Strategi Inovasi dan Pemasaran Media Sosial untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Baruna Horizon. 6(2), 58–67. https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jbh/article/view/101/85
Puspa Dewi, I. (2020). Formulasi dan Evaluasi Sabun Kertas Katekin sebagai Antiseptik. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia. 17(2), 514 – 523. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PHARMACY/article/view/7586/3814
Ramadhani Muklis, I. (2023). Digital Marketing Strategy (Panduan Praktis & Strategi Pemasaran Digital Terkini). Jambi; PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nreEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=digitalpemasaran+konten+blog&ots=v2pLRbqySL&sig=nTwvidmaR1soDOkTlqh8VnkyDbk&redir_esc=y#v=onepage&q=digitalpemasaran%20konten%20blog&f=true
Surani, D. Umalihayati, Dwi Septoyani, R. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Berbasis Blog, sebagai Media Promosi Digital UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6(2), 113 – 120. https://www.academia.edu/download/10791786/1144.pdf
Susana Saragih, L. (2024). A nalisis Pemasaran Dalam Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Riset Ilmu Akuntansi. 3(2), 69 – 75. https://badanpenerbit.org/index.php/Akuntansi/article/view/1988/649
Ulfah, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2), 2795 – 2805. file:///C:/Users/llais/Downloads/jptamadmin,+40+Fadila+Ulfah+27952794.pdf
Yanto Rukmana, A. (2023). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melaui Peranan Inovasi. Jurnal Multidisiplin West Science. 2(2), 118 – 134. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jmws/article/view/229/160
Yulfita, A & Shella. (2024). Modul Bisnis Digital: Pemasaran Digital, Branding, & Promosi. Cikarang Utara, Bekasi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=geYTEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=digitalpemasaran+konten+blog&ots=EfaSazgIFX&sig=TT8SVd_E-jMl-gegtryTAPm4NZM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=true
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laisya Kezia Clarinta, Budi Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


