Penerapan Teknologi Digital dalam Pembuatan Akun Marketplace UMKM Makanan Ringan “UNICO“

Authors

  • Ety Dwi Susanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Marshyanda Putri Nurhidayah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi, E-Commerce, Marketplace, UMKM

Abstract

Ekspansi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan kontributor yang signifikan bagi perekonomian negara, terutama dalam hal penciptaan lapangan kerja, pengurangan pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi lokal. Meskipun demikian, daya saing UMKM terhambat di era digital karena seringnya mereka kesulitan mengadaptasi teknologi baru dan menjangkau pasar baru. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menilai dampak adopsi teknologi digital dengan membuat akun marketplace untuk UMKM, yaitu di UMKM “UNICO.” Melalui observasi dan wawancara, data dikumpulkan dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Menurut temuan tersebut, membuka akun marketplace dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan jumlah pesanan yang masuk dari berbagai penjuru negeri, dan mempermudah pengelolaan pembayaran, pesanan, dan promosi produk berkat fitur-fitur yang ada di dalam platform marketplace. Selain itu, teknologi ini membuat produk UMKM lebih terlihat dan mempermudah interaksi dengan pelanggan dengan cara yang lebih produktif. Di sisi lain, kendala utama yang dihadapi adalah infrastruktur digital yang kurang memadai dan rendahnya pengetahuan digital di kalangan pelaku UMKM. Oleh karena itu, untuk memanfaatkan teknologi digital secara maksimal bagi UMKM, diperlukan program pelatihan yang lebih ekstensif. Dengan demikian, diharapkan adopsi teknologi digital dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar dalam dan luar negeri, mengembangkan jaringan pasar, dan meningkatkan efisiensi operasional.

References

Andriatie, N. 2020. Pemanfaatan E- Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Bunga Hias Komunitas Lestari Cyclop di Jayapura. The Community Engagement Journal. 3 (2): 199-212.

Dewi, R., Fitriya, A., dst. 2023. Pendampingan Pembuatan Akun Marketplace Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2 (3): 76-81.

Dwijayanti, A. dan Pramesti P. 2021. Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek 4 Beradek di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ikaith Abdimas. 4 (2): 68-73.

Mahuda, I., Kusuma, A. C., & Meilisa, R. (2021). Know And Mentoring E- Commerce Market For Msmes In Lialang-Serang Village: Pengenalan Dan Pendampingan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan LialangSerang. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(1), 50–59.

Puspitasari, N., Nabillah, A., dst. 2019. Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. Journal Scientific and Applied Informatics. 2 (2): 165-171.

Rahmawati, K. (2021). Pelatihan Penjualan Online Menggunakan Marketplace Pada UKM Di Bantul. Dharma LPPM, 2(1).

Sudati, N. dan Hanung, E. 2019. UMKM Sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Bangsa. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan. 4 (2): 137-146.

Taupiqqurrahman, Dirkareshza, R., dst. 2022, Pelatihan Pembuatan Akun Marketplace Bagi Pelaku Umkm Dalam Mendukung Peningkatan Perekonomian Desa Di Kabupaten Indramayu. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4 (2): 152-157.

Yolanda, C. 2024. Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) dalam Pengem-bangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2 (3): 170-186.

Andani, M. Strategi dan Manfaat Digital Mrketing untuk Mempromosikan Bisnis. Digital Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaat (sekawanmedia.co.id). Diakes pada tanggal 07 Oktober 2024.

dmPCA. 2023, Cara Membuat Toko Online dengan Mudah dan Untung Banyak. https://powercommerce.asia/cara- membuat-toko-online-sendiri-di- marketplace-website/. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2024.

Putri, I. 2024. Pengenalan, Pelatihan, dan Pendaftaran UMKM Melalui Marketplace. https://kumparan.com/user-08022024021716/pengenalan- pelatihan-dan-pendaftaran-umkm- melalui-marketplace-227jAxl51nq. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2024

Ramadhayanti, A. 2022. Pengenalan Cara Membangun E-Marketplace UMKM. https://news.bsi.ac.id/2022/11/28/peng enalan-cara-membangun-e- marketplace-umkm-2/. Diakses pada tanggal 06 Oktober 2024.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Susanti, E. D., & Nurhidayah, M. P. (2025). Penerapan Teknologi Digital dalam Pembuatan Akun Marketplace UMKM Makanan Ringan “UNICO“ . Jurnal Sinabis, 1(5), 1306–1311. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/286

Issue

Section

Articles