Digitalisasi Bisnis: Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Upaya Pengembangan Bisnis di Era Transformasi Digital

Authors

  • Fitri Auliya Rijali Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R. Y. Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi, Bisnis, Transformasi Digital

Abstract

Pada era digital saat ini, teknologi memiliki peran penting dalam proses digitalisasi bisnis. Akan tetapi, teknologi digital tidak hanya memberikan kemudahan, namun juga memberikan tantangan dalam digitalisasi bisnis. Penulisan artikel ditujukan untuk memberikan pemahaman terkait peran teknologi dalam membangun digitalisasi bisnis, tantangan yang dihadapi dalam digitalisasi bisnis, serta contoh penerapan digitalisasi bisnis pada era transformasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi digital dalam digitalisasi bisnis memberikan dampak positif terhadap pengembangan bisnis. Pemanfaatan teknologi digital membantu bisnis dalam mendukung pemasaran dan pertumbuhan bisnis, mendorong pengambilan keputusan secara efisien, meningkatkan keunggulan kompetitif, dan membantu dalam pengelolaan hubungan pelanggan. Meskipun demikian, pelaku bisnis juga perlu memperhatikan tantangan yang ditimbulkan oleh penggunaan teknologi digital dalam bisnis yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis.

References

Aisyah, H., Puspita, S., & Elizamiharti, E. (2022). Resource-Based View: Strategi Umkm Di Sumatera Barat Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 5(2), 109–120.

Azhari, K. ., Budiman, T., Haroen, R., & Yasin, V. (2021). Analisis dan Rancangan Manajemen Proses Bisnis untuk Layanan Pelanggan di PT. Pgas Telekomunikasi Nusantara. JISICOM: Journal of Information System. Informatics and Computing, 5(1), 48–68.

Ernawati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan Keunggulan Kompetitif UMKM Melalui Strategi Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2).

Fachrurazi, F., Rukmana, A. Y., Supriyanto, S., Syamsulbahri, S., & Iskandar, I. (2023). Revolusi bisnis di era digital: Strategi dan dampak transformasi proses teknologi terhadap keunggulan kompetitif dan pertumbuhan organisasi. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 2(3), 297–305.

Firdaus, R., Margutomo, S. A. ., Dulame, I. ., Hastuti, D., Yulhendri, Yendri, O., Bayu, Setiawan, I., Hernando, R., Hidayat, S., Efitra, Ridwan, A., Lutfi, M., & Bakhar, M. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hartono, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi bisnis umkm sanfresh melalui digitalisasi bisnis pasca covid 19. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 9–15.

Husna, S., & Susyanti, J. (2024). Analisis Systematic Literature Review Tentang Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Melalui Digitalisasi Proses Bisnis. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 207–216.

Miradji, M. A., Vercelly, W. A. S., Faiz, R. M., Aisyah, M. K., & Yuherda, A. (2024). Inovasi Dalam Manajemen Strategi:" Membangun Keunggulan Kompetitif Di Era Digital". Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 28–38.

Naninsih, N., Alam, S., & Indriasari, D. P. (2022). Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Digital Marketing. YUME: Journal of Management, 5(2), 479–490.

Pangandaheng, F., Maramis, J. B., Saerang, D. P. E., Dotulong, L. O. H., & Soepeno, D. (2022). Transformasi digital: sebuah tinjauan literatur pada sektor bisnis dan pemerintah. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).

Putri, D., Dita, R. D., Rizkia, C. S., Hidayat, R., & Ikaningtiyas, M. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengembangan Bisnis: Tantangan dan Peluang. WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 42–50.

Santoso, H. (2022). Analisis Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Dalam Perspektif Ekonomi Islam. I- ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 8(2), 152–164.

Sienatr, K. B., Henryanto, A. G., Oktavio, A., Wijayadne, D. R., Sudyasjayanti, C., & Santoso, W. (2024). Akselerasi Digitalisasi Sentra Wisata Kuliner Wiyung Kota Surabaya Dalam Rangka Meraih Keunggulan Kompetitif Pasca COVID-19. Madaniya, 4(2), 712–719.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Rijali, F. A., & Rusdianto, R. Y. (2025). Digitalisasi Bisnis: Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Upaya Pengembangan Bisnis di Era Transformasi Digital . Jurnal Sinabis, 1(5), 1312–1318. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/287

Issue

Section

Articles