Mendorong Pertumbuhan UMKM Melalui Digitalisasi: Strategi dan Implementasi Pada UMKM Jus Sherly
Keywords:
Digitalisasi, UMKM Jus Sherly, strategi, pertumbuhanAbstract
UMKM Jus Sherly, sebagai bagian dari sektor minuman, berpotensi mengalami pertumbuhan pesat melalui adopsi digitalisasi. Artikel ini membahas strategi digitalisasi yang relevan untuk UMKM Jus Sherly, seperti penggunaan platform e-commerce, pemasaran digital, dan pembayaran online guna memperluas pasar dan meningkatkan efisiensi operasional. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan literasi digital, penerapan teknologi yang tepat dapat mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Studi kasus Jus Sherly menunjukkan bahwa digitalisasi berperan penting dalam meningkatkan produktivitas, daya saing, dan inovasi bisnis
References
Aji Putra, C., Aprilia, N. N., Novita Sari, A. E., Muhammad Wijdan, R., & Rafidah Putri, A. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Pengembangan UMKM di Kelurahan Tlumpu Melalui Online Single Submission (OSS). I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1397
Anggraeni, R. (2022). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77–83.
Aysa, I. R. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha ( NIB ) dan Branding Produk dalam Upaya Pengembangan UMKM di Dusun Sukomoro Desa Puncu Kec . Puncu Kediri. 2(2).
Budiarto, F. N. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Mawardhany, S. K., Belangi, H. A., Mas’udah, K. W., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha ( NIB ) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–124.
Hakim, L., Junaidi, Fidiyanti, E., Deni, A., Regitasari, M., Husna, A., Yulanda, S., & Khotimah, K. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Peningkatan Kinerja UMKM dan Pendampingan Pembuatan NIB. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(1), 394–400.
Hapsari, C. M. (2022). Penyuluhan Dan Simulasi Dalam Proses Pembuatan Nomer Induk Berusaha (Nib) Bagi Kelompok Wanita Tani Anugerah Guwosari. Hikmayo: Jurnal Pengabdian Masyarakat Amayo, 1(1), 49. https://doi.org/10.56606/hikmayo.v1i1.49
Hamta, F., Hasibuan, R., & Ramadhan, D. A. (2023). Strategi Pengembangan Ekonomi Berbasis Kampung Wisata. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 94–102. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4232
Muhammad Anasrulloh, Kadeni, K., W, M. A. S., & S, I. S. (2023). Pendampingan Legalitas Usaha Umkm untuk Meningkatkan Kredibilitas Masyarakat Desa Karanganom. Journal of Entrepreneurship and Community Innovations (JECI), 1(2), 35–42. https://doi.org/10.33476/jeci.v1i2.25
Tafrilyanto, C. F., Aini, S. D., Hasanah, S. I., Kusyairi, K., & Susanti, L. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi UMKM Desa Branta Tinggi, Tlanakan, Pamekasan. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 105–109. https://doi.org/10.38043/parta.v3i2.4115
Wibisono, C. S., Oktadifa, R. M., & Mas’udah, K. W. (2022). Peningkatan Pengetahuan Pelaku UMKM Mengenai Urgensi NIB di Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Jurnal Dedikasi Hukum, 2(2), 211– 220. https://doi.org/10.22219/jdh.v2i2.21792 Wahyuni, D., Suriono, H., Hissania Br Harianja, M.,
Satria, M., & Khoiriyah Lubis, A. (2024). Pemberdayaan Kelompok Usaha Kreatif Melalui Pendampingan Izin Usaha Nib Untuk Mendorong Pendapatan Masyarakat Di Desa Air Joman Kecamatan Air Joman. Communnity Development Journal, 5(1), 321–326.
Baweja, P., Kumar, S., & Kumar, G. (2020). Fertilizers and pesticides: Their impact on soil health and environment. Soil health, 265-285.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233-247.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Widiatmoko, J., Indarti, M. G. K., Puspitasari, E., & Hadi, S. S. (2020). Pendampingan penyusunan harga pokok produksi bagi pelaku UMKM di Kota Semarang. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 206-215.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85.
Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara, 2(1), 27-46.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.
Fawahan, L., & Purnasari, I. M. (2022). Membangun Branding Produk UMKM Melalui Media Sosial Tiktok. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 280-289.
Faizal, I., Nanda, I., Ariestiandy, D., & Ernawati, T. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(2), 81-86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rusdi Hidayat Nugroho, Aisyah Widya Ayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


