Peningkatan Keterampilan Digital Melalui Sosialisasi Strategi Pemasaran STP dan Desain Identitas Produk Bagi Siswa SMK Al-Azhaar Tulungagung
Keywords:
Sosialisasi Pemasaran, keterampilan digital, Strategi Pemasaran Digital, Desain Identitas Produk, Siswa SMKAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 3 (tiga) minggu dimuali dari kedatangan tim KKN Inovasi Pesantren UPNVJT di PP. Al-Azhaar Tulungagung bulan Juli 2024 dan pelaksanaanya sesuai dengan tahapan program hingga selesai pada bulan Agustus 2024. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi sosialisasi konseptual dan pelatihan singkat yang mencangkup pre-test, penyampaian materi, tanya jawab, studi kasus, dan post-test. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan tingkat partisipasi siswa mencapai 98% dengan antusias yang cukup tinggi, serta pemahaman konsep Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) sebesar 68%. dengan rincian pemahaman segmentasi meningkat dari 45% menjadi 85%, targeting dari 40% menjadi 80%, dan positioning dari 35% menjadi 75%. Program ini pun juga mendapat sambutan positif dari pihak sekolah dikarenakan pihak sekolah merasa sosialisasi dan pelatihan ini diperlukan agar para siswa SMK Al-Azhaar Tulungagung khususnya siswa kelas XII yang telah memiliki produk atau jasa yang diperjualbelikan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi tuntutan industri dan pasar kerja modern
References
Anam, M. M., Tulhusnah, L., & Ediyanto. (2024). Pengaruh segmentasi, targeting, dan positioning terhadap kepuasan konsumen pada produk beras UD. Gotong Royong dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 3(11), 2194-2208. https://doi.org/10.36841/jme.v3i11.5320
Azmir, S., & Yolanda, N. S. (2021). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran operasi bentuk aljabar. Education and Economics Journal, 1(1), 16-18. https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.165
Buji, G. E., Alexandro, R., Eriawaty, & Hariatama, F. (2024). Pengaruh Segmentasi Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Kasus di Toko Benang Bintik Lestari Indah Kota Palangka Raya). Jurnal Pendidikan Ilmu Pengeta-huan Sosial (JPIPS), 16(1), 148-156. http://ejournal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS
Burhanuddin, R. (2021). Pengaruh Segmentasi, Targeting, Positioning, dan Strategi Bauran Pemasaran Yang Dimediasi Oleh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli (Studi Pada Restoran Di Kota Palopo) [Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Palopo]. UM Palopo Repository. http://repository.umpalopo.ac.id/2100/
Cahyanti, N. A. M., Putri, V. E., Listiyani, D., Vayuni, F. E., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Pemanfaatan Strategi Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Bisnis UMKM pada E-Commerce Shopee. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(1), 1-4. Pemanfaatan Strategi Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Bisnis UMKM pada E-Commerce Shopee | Economics And Business Management Journal ( EBMJ ) (ejournal-rmg.org)
Fitria, N. J. L. (2024). Sosialisasi dan praktik analisis kebijakan energi nasional menuju transisi energi Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif, 1(2), 130-136.
Husna, F. M., Bintang, R., Permadi, B., Anggraini, Y., & Hasanah, A. (2023). Pengembangan Umkm Melalui Inovasi Produk Dan Digital Marketing Di Desa Aras Kec. Air Putih Kab. Batubara. Journal of Human And Education, 3(2), 414- 419. https://jahe.or.id/index.php/jahe/index
Irianto, W. S. G., Widiyaningtyas, T., Sujito, Habibi, M. A., Syah, A. I., Hadi, A. A., & Fuadi, A. (2023). Digitalisasi Produk UMKM Berbasis E-Katalog untuk Meningkatkan Komersialisasi Pemasaran di Lingkungan Komunitas UMKM PADUKA. Bulletin of Community Engagement, 3(2). https://attractivejournal.com/index.php/bc e/
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2024, Juni 13). Pemerintah tekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan vokasi untuk tingkatan produktivitas dan daya saing SDM Indonesia. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5825/pemerintah-tekankan-pentingnya-pendidikan-dan-pelatihan-vokasi-untuk- tingkatan-produktivitas-dan-daya-saing- sdm-indonesia
Kotler., Armstrong. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 12, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2, 284–294. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/se mnas/article/view/397
PendowoNews. (2024, Agustus 10). Kelompok 5 KKN Inovasi Pesantren Al-Azhaar Tulungagung, Gelar Sosialisasi dan Pelatihan STP Guna Membekali Para Siswa SMK dalam Mengem-bangkan Produk/Jasa. Pendowo News. https://pendowonews.com/kelompok-5- kkn-inovasi-pesantren-al-azhaar- tulungagung-gelar-sosialisasi-dan-pelatihan- stp-guna-membekali-para-siswa-smk- dalam-mengembangkan-produk-jasa/
Sari, D. C., Wardhana, A., Arfah, Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., Hastutik, S., Poltak, H., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen pemasaran. In H. Hartini (Ed.), Book chapter manajemen pemasaran. CV. Media Sains Indonesia.
Schön, D. A. (1983). The reflective practitioner: How professionals think in action. Basic Books
Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D. P., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan pemasaran bagi pelaku UMKM. BAKTI BANUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-11. https://ejurnal.stimi- bjm.ac.id/index.php/BBJM/
Suhairi, Siregar, M. M., Ningrum, L. D., Bintang, R., & Mutiara, A. (2023). Strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning dalam Pasar Global: Pendekatan Untuk Keberhasilan Bisnis Internasional. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5120-5131. https://jinnovative.org/index.php/Innovative
Tambunan, R. T., Nasution, M. L. I., & Syarvina, W. (2024). Analisis strategi segmentasi, targeting dan positioning (STP) dalam meningkatkan pemasaran produk tabungan Smart IB Makbul pada nasabah Bank Sumut Syariah Simpang Kayu Besar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(01), 4803-4820. http://jurnal.stie- aas.ac.id/index.php/jie
Tiyas Maheni, M. R. R., Fajrina, N., Susilawati, Pramesti, R. D., & Adriyanto. (2023). Pembuatan desain identitas visual sebagai salah satu kekuatan brand untuk mendukung daya saing produk pada komunitas sahabat UMKM. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(1), 148-167. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/aba dimas
Wibowo, H., & Sari, Y. P. (2023). Peningkatan Kualitas Produksi Rengginang Berbasis Digital Marketing di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Abadimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 41-46. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/aba dimas/article/view/7344
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Dwi Isma Saputri, Sonja Andarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


