Meningkatkan Efisiensi Operasional Dan Kepuasan Pelanggan KGXpress Melalui Penerapan Sistem Logistik Digital Yang Terintegrasi

Authors

  • Anisa Nur Chumairoh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yanda Bara Kusuma Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi Logistik, Efisiensi Operasional, Kepuasan Pelanggan, KGXpress

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan KGXpress melalui penerapan sistem logistik digital yang  terintegrasi. KGXpress, sebagai  perusahaan logistik,  menghadapi berbagai tantangan seperti keterlambatan pengiriman, kesalahan data, dan kurangnya integrasi sistem yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penerapan sistem logistik digital yang mencakup pelacakan real-time, manajemen gudang, optimasi rute,  dan pelaporan. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi proses, perancangan sistem, implementasi, serta evaluasi kinerja. Hasilnya, penerapan sistem ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional dengan penurunan waktu pengiriman dan kesalahan data, serta meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 85%. Kendala teknis dan resistensi karyawan diatasi melalui pelatihan intensif dan dukungan manajemen. Keberhasilan ini menunjukkan pentingnya digitalisasi logistik dalam industri, dengan dampak positif pada operasional dan pengalaman pelanggan

References

Fahrezi, M. N. P., & Dewayanto, T. (2024). Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning Dan Supply Chain Management-A Systematic Literature Review. Diponegoro Journal of Accounting, 13(1).

Gugat, R. M. D. (2023). Revitalisasi Manajemen Gudang Logistik melalui Penerapan Sistem Informasi Persediaan Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18909-18914.

Nining, N. (2023). Optimasi Proses Logistik dengan Penggunaan Teknologi IoT: Studi Kasus Pada Perusahaan Distribusi Z. Jurnal Ilmu Komputer (JILKOM), 1(10).

Purbasari, R., Novel, N. J. A., & Kostini, N. (2023). Digitalisasi Logistik Dalam Mendukung Kinerja E- Logistic Di Era Digital: A Literature Review. Journal of Organization, Management, Business and Logistics (JOMBLO), 1(2), 177-196.

Raza, E., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49-63.

Siswadi, F., Hari, M., & Sufrin, H. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 18(1), 42-53

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Chumairoh, A. N., & Kusuma, Y. B. (2025). Meningkatkan Efisiensi Operasional Dan Kepuasan Pelanggan KGXpress Melalui Penerapan Sistem Logistik Digital Yang Terintegrasi . Jurnal Sinabis, 1(5), 1363–1366. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/294

Issue

Section

Articles