Meningkatkan Efisiensi Operasional Dan Kepuasan Pelanggan KGXpress Melalui Penerapan Sistem Logistik Digital Yang Terintegrasi
Keywords:
Digitalisasi Logistik, Efisiensi Operasional, Kepuasan Pelanggan, KGXpressAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan KGXpress melalui penerapan sistem logistik digital yang terintegrasi. KGXpress, sebagai perusahaan logistik, menghadapi berbagai tantangan seperti keterlambatan pengiriman, kesalahan data, dan kurangnya integrasi sistem yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penerapan sistem logistik digital yang mencakup pelacakan real-time, manajemen gudang, optimasi rute, dan pelaporan. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi proses, perancangan sistem, implementasi, serta evaluasi kinerja. Hasilnya, penerapan sistem ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional dengan penurunan waktu pengiriman dan kesalahan data, serta meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 85%. Kendala teknis dan resistensi karyawan diatasi melalui pelatihan intensif dan dukungan manajemen. Keberhasilan ini menunjukkan pentingnya digitalisasi logistik dalam industri, dengan dampak positif pada operasional dan pengalaman pelanggan
References
Fahrezi, M. N. P., & Dewayanto, T. (2024). Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning Dan Supply Chain Management-A Systematic Literature Review. Diponegoro Journal of Accounting, 13(1).
Gugat, R. M. D. (2023). Revitalisasi Manajemen Gudang Logistik melalui Penerapan Sistem Informasi Persediaan Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18909-18914.
Nining, N. (2023). Optimasi Proses Logistik dengan Penggunaan Teknologi IoT: Studi Kasus Pada Perusahaan Distribusi Z. Jurnal Ilmu Komputer (JILKOM), 1(10).
Purbasari, R., Novel, N. J. A., & Kostini, N. (2023). Digitalisasi Logistik Dalam Mendukung Kinerja E- Logistic Di Era Digital: A Literature Review. Journal of Organization, Management, Business and Logistics (JOMBLO), 1(2), 177-196.
Raza, E., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49-63.
Siswadi, F., Hari, M., & Sufrin, H. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 18(1), 42-53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Nur Chumairoh, Yanda Bara Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


