Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM
Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Teknologi, Penjualan, StrategiAbstract
Di era digital yang semakin berkembang, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ) diharuskan menjadi fleksibel dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing mereka dan meningkatkan penjualan mereka. Pemasaran digital adalah salah satu strategi yang terbukti efektif . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis strategi pemasaran digital yang dapat digunakan oleh UMKM untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah lanskap bisnis secara signifikan, dan ini termasuk UMKM. Digital marketing memberi UMKM banyak peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan reputasi merek, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Dalam abstrak ini , kami akan membahas berbagai strategi pemasaran digital yang berhasil digunakan oleh UMKM , serta masalah dan peluang yang dihadapi saat menerapkannya
References
Pidu, Y. M., Gerungan, R. A., Anita, A. S., & Irawan, W. (2022). Media Sosial Untuk Menunjang Kegiatan Digital Marketing Umkm. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka (Vol. 2, pp. 345- 356). https://conference.ut.ac.id/index.php/prosidingsenmaster/article/download/741/293/1527
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85. http://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bern as/article/view/540
Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. https://repository.um.ac.id/1150/1/fullteks.pdf
PM, S. M., & Burhan, U. (2023, May). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Makanan dan Minuman Khas Gresik. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp.485-497). https://www.usahid.ac.id/conference/index.php/snpk/article/download/156/129
Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., & Silvia, M. (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Masarin, 1(2), 100-110. https://jurnalbima.id/index.php/masarin/article/ download/197/146/
Mila, N., Alfauji, M., Wahyu, M., Aldianoor, M., Zaimah, Z., Sari, D. M., ... & Mahfudz, T. W. (2024). Strategi Digital Marketing untuk Pemasaran Produk Lokal Umkm Madu Kelulut Asli Lembeng. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1102-1107. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/2902/2050/20918
Budiarti, L., Mellinia, S. P., Fadhila, L. S., Su’daa, S. N., Zaen, M. R., & Noviyanti, S. E. (2024). Digital marketing sebagai strategi peningkatan penjualan produk UMKM di era digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 435-453. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/arti cle/view/21760
Risdiana, A. (2020). Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(1), 9-19.
Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=digital+marketing+untuk+umkm&oq=d=gs_qabs&t=1728268595683&u=%23p%3D7U8c3pabfZsJ
Suranto, S., Efita Sari, D., Narimo, S., Ulfatun, T., Hadi Mustofa, R., Suwandi, J., ... & Azhar Hendawan, H. (2022). Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media Dan E- Commerce Pada Industri Kecil Menengah Di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 123-136.
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98-102. https://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN/a rticle/download/109/92
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(2). https://search.app/188av7mv6gy4SJu9A
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008-2018. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/artic le/download/2573/1281
Arfan, N., & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212-224. https://e- journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/iltizam/article/download/1452/739/5627
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp- content/uploads/2022/09/35.pdf
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/download/175/128/
Putri, A. A., & Nurhadi, N. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(4), 43-49. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/jppmi/article/ download/736/581
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/35.pdf
Idris, Y. (2009). Sektor UMKM di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOSNOMOS, 2(1). https://repository.ung.ac.id/get/kms/9446/Jurnal-SEKTORUMKMDIINDONESIA-Profil-Masalah-Dan-Strategi-Pemberdayaan.pdf
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.
Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan dan penerapan strategi digital marketing bagi UMKM terdampak pandemi covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.
Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12-20. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianm as/article/download/1496/733
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vikri Jaya Anugrah, Ety Dwi Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


