Upaya peningkatan Presentase SDGS Pertumbuhan Ekonomi Merata Melalui Branding Octno Batik dan Perencanaan Eduwisata Kopi

Authors

  • Choirul Miftakhul Anam Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sumainah Fauziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Eduwisata, Rebranding, SDGs, UMKM

Abstract

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan kumpulan tujuan global yang dirumuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mencapai kemajuan berkelanjutan secara merata. Pengabdian masyarakat memainkan peran penting dalam melibatkan partisipasi aktif warga dalam merancang dan melaksanakan program pembangunan yang sejalan dengan SDGs. Salah satu contoh penerapannya terlihat di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang signifikan. Dalam hal ini, penulis mengembangkan program keberlanjutan melalui rebranding UMKM Octno Batik, dengan memperbarui logo menggunakan aplikasi Canva serta memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi. Selain itu, penulis juga merancang konsep Eduwisata Kopi yang bertujuan memberikan  pengalaman  wisata sambil meningkatkan  pengetahuan  masyarakat tentang kopi. Program ini diharapkan dapat mendukung pengembangan UMKM serta meningkatkan kesadaran akan potensi lokal di Desa Carangwulung

References

Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58-62. https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.201

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Alkalah, C. (2023). Laporan Bulanan Maret 2023. Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, 19(5), 1–23. https://ditjenpen.kemendag.go.id/storage/laporan/KI40Mw2bf93RqB4dIshPg7mYFaOOCpdtDvjkPvMH.pdf

Apriadi, D., Hidayat, N., & Nizhamuddin, A. B. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25-30.

Arifin, M., & Ariyanto. (2018). Desa Penghasil Kopi Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Damarwulan Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 3(1), 19–31. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2247

Ariyanto, D., & Saijo, S. (2018). Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Penanaman Pohon Ekonomis di Desa Ciherang, Bogor, Jawa Barat: The Improving Roles and Communities on The Yard Area Utilization Through Tree Planting in Ciherang Village, Bogor, West Java. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 141-145. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v3i2.381

Del Río Castro, G., González Fernández, M. C., & Uruburu Colsa, Á. (2021). Unleashing the convergence amid digitalization and sustainability towards pursuing the Sustainable Development Goals (SDGs): A holistic review. Journal of Cleaner Production, 280, 122204. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122204

Desa Carangwulung, 2024 https://carangwulung.com/ diakses pada tanggal 1 Oktober 2024

Dewi, R. F., Ningtyas, V. K., Zulfa, A. N., Farandina, F., & Nuraini, V. (2021). Sosialisasi pencegahan stunting melalui penyuluhan dan pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 504-509. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6487

Efendi, S., Hamdi, S., Saputra, F., Iqbal, M., Hendra, S. H., Safitri, A., ... & Kasih, D. (2023). Program Desa Binaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Gampong Pasi Mesjid Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26-33. https://doi.org/10.59891/jpmgotava.v1i2.6

Fatimah, F., & Muqoffa, M. (2024). Aspek Wisata Edukasi Pada Eduwisata Doesoen Kopi Sirap di Dusun Sirap, Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Senthong, 7(2). https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/view/1861/970

Firmansyah, M. A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Penerbit Qiara Media.

Humanika, E., Trisusilo, A., & Setiawan, R. F. (2023). Peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam Pencapaian SDGs Desa. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 8(2), 101-116. https://doi.org/10.29103/ag.v8i2.14827

Iskandar, A. H. (2020). SDGs desa: percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Lehoux, P., Poland, B., & Daudelin, G. (2006). Focus group research and “the patient's view”. Social science & medicine, 63(8), 2091- 2104. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2006.05.016

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73

Maulani, R. D., & Wahyuningsih, D. (2021). Analisis Ekspor Kopi Indonesia pada Pasar Internasional. Pamator Journal, 14(1), 27–33. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i1.8692

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press. Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89–95. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687

Rahman, K. G., Rachma, N., & Marlinah, A. (2023). Analisis swot dan keuangan umkm dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 221-230. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11991

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Anam, C. M., & Fauziah, S. (2025). Upaya peningkatan Presentase SDGS Pertumbuhan Ekonomi Merata Melalui Branding Octno Batik dan Perencanaan Eduwisata Kopi . Jurnal Sinabis, 1(5), 1387–1396. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/299

Issue

Section

Articles