Upaya peningkatan Presentase SDGS Pertumbuhan Ekonomi Merata Melalui Branding Octno Batik dan Perencanaan Eduwisata Kopi
Keywords:
Eduwisata, Rebranding, SDGs, UMKMAbstract
Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan kumpulan tujuan global yang dirumuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mencapai kemajuan berkelanjutan secara merata. Pengabdian masyarakat memainkan peran penting dalam melibatkan partisipasi aktif warga dalam merancang dan melaksanakan program pembangunan yang sejalan dengan SDGs. Salah satu contoh penerapannya terlihat di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang signifikan. Dalam hal ini, penulis mengembangkan program keberlanjutan melalui rebranding UMKM Octno Batik, dengan memperbarui logo menggunakan aplikasi Canva serta memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi. Selain itu, penulis juga merancang konsep Eduwisata Kopi yang bertujuan memberikan pengalaman wisata sambil meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kopi. Program ini diharapkan dapat mendukung pengembangan UMKM serta meningkatkan kesadaran akan potensi lokal di Desa Carangwulung
References
Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58-62. https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.201
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Alkalah, C. (2023). Laporan Bulanan Maret 2023. Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, 19(5), 1–23. https://ditjenpen.kemendag.go.id/storage/laporan/KI40Mw2bf93RqB4dIshPg7mYFaOOCpdtDvjkPvMH.pdf
Apriadi, D., Hidayat, N., & Nizhamuddin, A. B. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25-30.
Arifin, M., & Ariyanto. (2018). Desa Penghasil Kopi Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Damarwulan Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 3(1), 19–31. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2247
Ariyanto, D., & Saijo, S. (2018). Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Penanaman Pohon Ekonomis di Desa Ciherang, Bogor, Jawa Barat: The Improving Roles and Communities on The Yard Area Utilization Through Tree Planting in Ciherang Village, Bogor, West Java. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 141-145. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v3i2.381
Del Río Castro, G., González Fernández, M. C., & Uruburu Colsa, Á. (2021). Unleashing the convergence amid digitalization and sustainability towards pursuing the Sustainable Development Goals (SDGs): A holistic review. Journal of Cleaner Production, 280, 122204. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122204
Desa Carangwulung, 2024 https://carangwulung.com/ diakses pada tanggal 1 Oktober 2024
Dewi, R. F., Ningtyas, V. K., Zulfa, A. N., Farandina, F., & Nuraini, V. (2021). Sosialisasi pencegahan stunting melalui penyuluhan dan pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 504-509. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6487
Efendi, S., Hamdi, S., Saputra, F., Iqbal, M., Hendra, S. H., Safitri, A., ... & Kasih, D. (2023). Program Desa Binaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Gampong Pasi Mesjid Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26-33. https://doi.org/10.59891/jpmgotava.v1i2.6
Fatimah, F., & Muqoffa, M. (2024). Aspek Wisata Edukasi Pada Eduwisata Doesoen Kopi Sirap di Dusun Sirap, Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Senthong, 7(2). https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/view/1861/970
Firmansyah, M. A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Penerbit Qiara Media.
Humanika, E., Trisusilo, A., & Setiawan, R. F. (2023). Peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam Pencapaian SDGs Desa. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 8(2), 101-116. https://doi.org/10.29103/ag.v8i2.14827
Iskandar, A. H. (2020). SDGs desa: percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Lehoux, P., Poland, B., & Daudelin, G. (2006). Focus group research and “the patient's view”. Social science & medicine, 63(8), 2091- 2104. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2006.05.016
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73
Maulani, R. D., & Wahyuningsih, D. (2021). Analisis Ekspor Kopi Indonesia pada Pasar Internasional. Pamator Journal, 14(1), 27–33. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i1.8692
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press. Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89–95. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687
Rahman, K. G., Rachma, N., & Marlinah, A. (2023). Analisis swot dan keuangan umkm dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 221-230. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11991
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Choirul Miftakhul Anam, Sumainah Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


