Strategi Digitalisasi UMKM Melalui Digital Menu dan Content Marketing
Keywords:
Digitalisasi, UMKM, Digital Menu, Content MarketingAbstract
Transformasi digital merupakan fokus penting yang sekarang sedang digadang-gadangkan oleh pemerintah Indonesia, tujuannya untuk memperkuat perekonomian Indonesia. Sekitar 90% perusahaan yang ada di Indonesia adalah UMKM. Sebagai kontributor terbesar terhadap ekonomi Indonesia, UMKM menjadi harapan yang besar bagi pemerintah untuk ikut menyukseskan rencana kebijakan ini. Pendampingan terhadap pelaku UMKM dan edukasi terkait digitalisasi perlu dilakukan sebagai salah satu strategi dalam menghadapi tantangan akselerasi transformasi digital. Pelaku UMKM harus mulai memanfaatkan teknologi digital baik di ranah pelayanan maupun pemasaran. Pelayanan UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital salah satunya yaitu penggunaan digital menu. Sedangkan, di ranah pemasaran UMKM bisa memanfaatkan berbagai platform digital untuk memasarkan produk/usaha dengan membuat konten yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan digital menu dan pembuatan content marketing yang baik sebagai strategi digitalisasi UMKM untuk mampu bersaing di era transformasi digital. Metode dalam penelitian ini adalah dengan studi literatur dari jurnal-jurnal terkait yang membahas mengenai digital menu, content marketing, dan digitalisasi UMKM. Jurnal dibatasi dalam rentang sepuluh tahun terakhir untuk memastikan relevansi dengan keadaan saat ini. Terdapat dua strategi yang mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam penerapannya, yang cocok untuk skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yaitu penerapan digital menu menggunakan barcode atau QR Code dan pembuatan content marketing. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan dan referensi bagi pelaku UMKM untuk mengadopsi kedua strategi tersebut dan meningkatkan daya saing bisnis di era transformasi digital saat ini
References
Badan Pusat Statistik. (2024, September 20). Laporan Perekonomian Indonesia 2024. Retrieved from https://www.bps.go.id/:https://www.bps.go.id/id/publication/2024/09/20/3f6dbcd515737b5c8e40d497/laporanperekonomian- indonesia-2024.html
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia : Peluang dan Tantangan untuk Pengem-bangan Ekonomi Kreatif. JSKP : Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 27-40.
Hayu, R. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millenial Indonesia. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) 4 (1), 61-69.
Irawan & Adriantantri (2018). Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Promosi Toko. MNEMONIC, 1(2), 56-61.
Järvinen, T. (2016). Harnessing marketing automation for B2B content marketing. Industrial Marketing Management, 54, 164-175.
Mamalaki, A. (2023, Oktober 19). The Digital Menu Revolution : Transforming the Global Food Industry. Retrieved from https://medium.com/:https://medium.com/@andriana.mam alaki/the-digital-menu-revolution- transforming-the-global-food- industry-d4379c650826
Novitasari, A. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9(2). 184-204.
Roselle, V. (2024, Juni 8). Laporan Tren dan Statistik Kode QR Global 2024. Retrieved from https://www.qrcode- tiger.com/: https://www.qrcode- tiger.com/qr-code-trend#Year-on-year_catapult_in_QR _code_usage_al l_over_the_world
Saraswati & Hastasari. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial. Biokultur, 9(2), 114-128.
Vinerean, S. (2017). Content Marketing Strategy : Definition, Objectives, and Tactics. Expert Journal of Marketing, 5(2), 92-98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prameswary Chandra Buana, Jojok Dwiridotjahjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


