Implementasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Beli Mursi Collection Melalui Penguatan Brand Image dan Pemasaran Berbasis Instagram
Keywords:
Mursi Collection, Minat Beli, Citra Merek, Pemasaran InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat beli konsumen pada Mursi Collection melalui penguatan citra merek dan pemasaran digital berbasis Instagram. Mursi Collection adalah UMKM yang memproduksi batik ecoprint di Jombang, Jawa Timur, yang memiliki tantangan dalam pemasaran produk secara efektif. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pendampingan pada Mursi Collection, yang melibatkan pembuatan logo sebagai bagian dari penguatan citra merek serta pembentukan akun Instagram untuk strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media promosi dapat meningkatkan jangkauan pasar, memperkuat citra merek, serta menarik minat beli konsumen. Tantangan yang dihadapi adalah waktu pengabdian yang terbatas dan perlunya pemahaman lebih mendalam tentang cara penataan feed Instagram yang estetik
References
Johan Johan, Maradonald Maradonald, & M. Rachman Mukyandi. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada@Basoacicuankiaa Di Sepatan Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 01–06. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i2.331
Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326–348. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.241
Oktavianty, & Alamsyah. (2023). Strategi Penguatan Brand Image Produk Melalui Social Media Marketing Pada Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 62–69.
Andriana, A., Saputri, F. A., & Ardiantoro, L. (2019). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Pembuatan Logo Dan Promosi Media Online Umkm Jamur Kebontunggul. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 2, 160–165. https://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/articl e/view/427
Batubara, C., Safitri, D., Permata Sari, D., Tasya Luthfiah, H., & Utama Putra, B. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Bagaskara Utama Putra Journal of Human And Education, 3(2), 420–427.
Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ningrum, I. I. P., Marisa, P. I., & Anggraida, R. W. (2022). Pembuatan Logo, Peningkatan Marketing Online Inovation, Dan Pembukuan Sederhana Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Toko Kelontong Vian Cell Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1), 27–31. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v3i1.970
Udayana, P. S. N. (2024). Dampak Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Menggunakan Media Sosial Instagram: Tinjauan Literatur. INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.46837/inspire.v2i1.46
Mustika, W., & Kurniawati, D. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace “X.” Seri Seminar Nasional Ke IV Universitas Tarumanegara, 709–715.
Astuty, D., & Yuswardi, Y. (2024). Strategi Promosi atau Membangun Brand Image pada Media Digital/Online pada UMKM Fashion @Highlaff.id2. Madani, 2(2), 58–64.
Nurdin, S., & Hardianti, L. (2022). Meningkatkan Minat Beli Melalui Strategi Digital Marketing Dan Ekuitas Merek. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 36–46. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.698
Nirmala, D. S., Nafiqoh, A., Manjasari, P. V., Ningsih, K. D., & Kuswandi. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Konsumen(Studi Pada PKM Tabaxain.aja). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (Embiss), 4(2), 107–115. https://www.embiss.com/index.php/embiss/articl e/view/287/202
Tesalonika Devvany Nugoro, Nanda Putri Widianti, Karina Sanggraeini, Bintang Gymnastiar, Vincentia Stephani, Elvira Aprilia Primastika, Fitri Erliya Wati, Ilham Dio Bhakti, Zulfa Fayza Budiono, & Muhammad Yafi Dhiyaulhaq. (2024). Strategi Brand Awareness Melalui Pembuatan Logo dan Pemasaran Digital pada Mursi Collection di Desa Mojowangi Kabupaten Jombang. Pelayanan Unggulan : Jurnal Pengab-dian Masyarakat Terapan, 1(3), 58–67. https://doi.org/10.62951/unggulan.v1i3.379
Nirmala, D. S., Nafiqoh, A., Manjasari, P. V., Ningsih, K. D., & Kuswandi. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Konsumen(Studi Pada PKM Tabaxain.aja). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (Embiss), 4(2), 107–115. https://www.embiss.com/index.php/embiss/articl e/view/287/202
Nurdin, S., & Hardianti, L. (2022). Meningkatkan Minat Beli Melalui Strategi Digital Marketing Dan Ekuitas Merek. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 36–46. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.698
Oktavianty, & Alamsyah. (2023). Strategi Penguatan Brand Image Produk Melalui Social Media Marketing Pada Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 62–69.
Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ningrum, I. I. P., Marisa, P. I., & Anggraida, R. W. (2022). Pembuatan Logo, Peningkatan Marketing Online Inovation, Dan Pembukuan Sederhana Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Toko Kelontong Vian Cell Kelurahan Kejuron Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1), 27–31. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v3i1.970
Batubara, C., Safitri, D., Permata Sari, D., Tasya Luthfiah, H.,& Utama Putra, B. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Bagaskara Utama Putra Journal of Human And Education, 3(2), 420–427.
Andriana, A., Saputri, F. A., & Ardiantoro, L. (2019). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Pembuatan Logo Dan Promosi Media Online Umkm Jamur Kebontunggul. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 2, 160–165. https://snp2m.unim.ac.id/index.php/snp2m/articl e/view/427
Yuli, Kurnia Sintakarini, Iriani, Ririt Sri Setiawati, W. M. (2023). Pembuatan Logo Dan Label Sebagai Branding Produk Pada UMKM Di Kelurahan Sentul. 2(3).
Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326–348. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.241
Emt, T., Lestira, T., Warganegara, P., & Safitri, D. (2023). Pengaruh Promosi Online dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk UMKM Kopi Kenangan Ruko Ahmad Yani di Bandar Lampung. 7(2), 521–529.
Afriana, A. A. (2023). Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image. : Journal Of Economic, Accounting and Management, 1(2), 75–92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elvira Aprilia Primastika, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


