Transformasi Digital UMKM Melalui Asistensi Digital Branding: Peningkatan Daya Saing di Era Ekonomi Digital di Kelurahan Mulyorejo, Surabaya

Authors

  • Rheiza Marell Anugerah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Digitalisasi Branding, Asistensi, Pemasaran Digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, dengan menyumbang 61,97% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 97% tenaga kerja pada tahun 2020. Namun, meskipun perannya yang vital, banyak pelaku UMKM belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan bisnis mereka. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan tentang digitalisasi, terutama dalam penerapan branding digital dan strategi pemasaran online. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, transformasi digital menjadi keharusan agar UMKM dapat bersaing dalam ekonomi digital. Pengabdian masyarakat ini berfokus pada implementasi asistensi digitalisasi branding bagi pelaku UMKM di Kelurahan Mulyorejo, Kota Surabaya. Tujuan utama dari asistensi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial, platform e-commerce, serta alat digital lainnya guna memperluas pasar dan meningkatkan daya saing bisnis mereka. Melalui asistensi ini, diharapkan UMKM mampu beradaptasi dengan teknologi digital dan mengintegrasikan strategi digital branding secara efektif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa asistensi dalam digitalisasi branding memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM, baik dari segi peningkatan pengetahuan maupun keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk branding dan pemasaran. Dengan implementasi yang berkelanjutan, diharapkan UMKM di wilayah tersebut dapat terus tumbuh dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional

References

Sari, A. A., & Samsudin, A. (2023). Optimalisasi pengembangan digitalisasi marketing dan digital branding produk UMKM Madu Lebah Klanceng. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3), 53–61. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i3.2006

Kusumawati, D. A. (2022). Peran Digital Skill Dan Workforce Transformastion Terhadap KinerjaUmkm. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 125– 135. https://doi.org/10.30659/EKOBIS.23.2.125-135

Ika Nurul Qamari, Herawati, R., Handayani, S., Junaedi, F., & Jatmiko Jati, L. (2020). digitalisasi bisnis kelompok umkm di desa poncosari, bantul, yogyakarta, indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/PPM.32.211

Budiwitjaksono, G. S., Putri, R. A., & Carissa, N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Literasi: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat dan Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.367

Caroline, R. T. M., & Murtiningsih, D. (2024). Digitalisasi UMKM: Pencatatan Keuangan UMKM Kecamatan Srengseng dengan Aplikasi Akuntansi UKM. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 7(3), 1387–1400. https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i3.13861

Dewi, D. H., Setyawati, I., Karyatun, S., Setiawan, A. R., Hardianto, M. N., & Zulfikar, A. (2023). Strategi Pengembangan Dan Pengelolaan UMKM Desa Kalikidang Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.176

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 291–298. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.176

Fadlan, A., Lubis, R. P., & Sinulingga, K. A. (2023). Digitalisasi UMKM dengan Penguatan Media Sosial pada Kelompok UMKM di Kelurahan Pelawi Utara, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 42–49. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.367

Kusnindar, A. A., Pratiwi, D., & Yuniarsih, T. (2022). Optimalisasi Digital bagi Pedagang Pasar Tradisional. Jurnal Budimas, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.24198/budimas.v4i1.4422

Widiyanti, E., Suherlan, Y., & Iman S., A. (2022). Peningkatan daya saing UMKM kacang J-Nut melalui perbaikan kemasan dan pemasaran online. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 244-250. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i 2.36836

Zefriyenni, E., & Azka, B. P. (2022). Pengembangan UMKM berbasis digital pada UMKM Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 558-564. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i 3.41446

Raharja, S. J., Natari, S. U., & Thirafi, L. (2021). Pelatihan strategi bisnis berbasis pengetahuan digital bagi wirausaha eksportir di Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 435-444. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i 3.35390

Prasetyo, E. T., Al Fizikri, B., Yunita, E., Mustafa, H. P., Nazira, N. A., Firdauzi, N. S. N., Sari, R. N., Dewi, S., Habibah, S., & Yuliani, Z. (2024). Sosialisasi UMKM tentang pentingnya digitalisasi marketing (pemasaran) pada platform digital. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(7), 1065-1071. https://doi.org/10.59024/ejoin.v2i7.135 7

Pribadi, U., Aji, J. S., & Hayati, K. (2023). Penguatan ekonomi UMKM pepes ikan nila Desa Kluweh, Kabupaten Sleman menuju UMKM go-digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 415-423. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i 2.40735

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha UMKM di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i 1.32361

Anwar, K., Yunus, M., & Alfin, R. (2023). Rebranding dan digitalisasi marketing UMKM "Dua Nada" menjadi raja minuman botanikal di negeri sendiri. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 315-324. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i 2.38457

Asiyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi pemasaran melalui sosial media marketing pada pelaku UMKM guna peningkatan pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442-448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.186 6

Febby, N. U., Yossinomita, M. G. P., & Angraini, D. (2023). Pelatihan aplikasi platform digital e-commerce sebagai media pemasaran digital pada UMKM UP2K Kelurahan Paalmerah. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 2(2), 98-109. https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.885

Nita Merlina, Lia Mazia, Ida Zuniarti, Irhenda Zuniar Fakhira, & Jonatan Antonius Hutagalung. (2023). Pendampingan Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital . Majalah Ilmiah UPI YPTK, 30(2), 71–76. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i2.1 59

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022). Pendampingan pengembangan digitalisasi UMKM masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan menghadapi era new normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14-24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.6 52

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Anugerah, R. M., & Nirawati, L. (2025). Transformasi Digital UMKM Melalui Asistensi Digital Branding: Peningkatan Daya Saing di Era Ekonomi Digital di Kelurahan Mulyorejo, Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(5), 1427–1435. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/304

Issue

Section

Articles