Optimalisasi Manajemen Pemasaran bagi UMKM untuk Meningkatkan Keberlanjutan Usaha di Desa Gedangan

Authors

  • Herlian Adji Setia Wibawa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yanda Bara Kusuma Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Manajemen Pemasaran, Keberlanjutan Usaha, Digitalisasi, Desa Gedangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengoptimalkan manajemen pemasaran bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gedangan guna meningkatkan keberlanjutan usaha. UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian desa, namun masih banyak yang menghadapi tantangan dalam hal strategi pemasaran yang efektif. Melalui metode pendekatan partisipatif, penelitian ini memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM di bidang pemasaran digital,  branding  produk,  dan  manajemen  hubungan pelanggan (customer relationship management). Data dikumpulkan melalui wawancara yang melibatkan 20 UMKM di Desa Gedangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi manajemen pemasaran, terutama dalam pemanfaatan platform digital dan peningkatan branding produk, mampu meningkatkan daya saing dan penjualan UMKM. Selain itu, penerapan strategi pemasaran berbasis teknologi, seperti e-commerce dan media sosial, turut berkontribusi terhadap peningkatan keterlibatan pelanggan serta memperluas jangkauan pasar. Studi ini juga menemukan adanya peningkatan pengetahuan pelaku UMKM tentang pentingnya manajemen pemasaran yang berkelanjutan untuk mempertahankan eksistensi usaha dalam jangka panjang

References

Amanda, A., & Ridho, W. F. (2023). Peran Pendamping Pada Pentingnya Strategi Pemasaran UMKM Nasabah BTPN Syariah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(3), 86–92. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i3.694

Anwar, M. C., Andini, S. A., Adellia, E. A., & Yulaeli, T. (2024). Peran Transformasi Digital dan Tantangan Inovasi terhadap Keberlanjutan UKM di Indonesia (Studi Literature Review). Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik (JUMATI), 2(2). https://ciptakindpublisher.com/jumati/index.php/ojs/article/ view/148/116

Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477–483. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.366

Digitalisasi, D., Di, U., Jayamukti, D., & Bekasi, K. (2024). Implementasi Program Pengabdian Masyarakat Untuk Branding. 02(01), 100–103. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jipm/arti cle/view/1570

Ekawanti, W., Qodariah, Septi Handayani, W., & Sri Wahyuni, E. (2023). Pemanfaatan Qris Dalam Rangka Percepatan Digitali-sasi Umkm Pada Kelompok Usaha Di Kecamatan Parung Panjang. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(6), 1049–1055. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i6.262

Febriyani, S., Nugrahaeni, I. D., & Andara, A. M. (2024). Pengembangan strategi melalui digitalisasi dan rebranding pada umkm jajanan thaya. 2898, 52-58. http://e.journal.titannusa.org/index.php/j uan/article/view/61/76

Hidayat, D., Yunita, E., & Syarif, D. (2023). Inovasi & Digitalisasi Umkm Menuju Masyarakat Mandiridi Desa Tebing Tinggi Tapan. RANGGUK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–7. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/RGK/article/view/3533%0Ahttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/RGK/article/downl oad/3533/1133

Lestari, L., & Aisyah, S. (2023). Analisis Pemanfaatan Digitalisasi Umkm Muslim Di Kota Medan ( Ditinjau Dari Perspektif Maqashid Syariah ). Jurnal Sains Dan …, 5(2), 687–693. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/s aintek/article/view/2130/1639

Muhardono, A., Mahmudah, D. A., Tsamara, T., & Baqo, M. (2023). Penerapan Digitalisasi UMKM melalui E-Commerce dan Portal Informasi sebagai Strategi Pemasaran Produk ATBM Desa Cepagan. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 192–204. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i1.3645

Permana, G. P. L., & Dwiyanti, I. G. K. A. (2023). Menakar Adopsi Cloud-Based Accounting Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Dengan Computer Self-Efficacy, Computer Anxiety Dan Perceived Enjoyment Sebagai Faktor Determinan. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 6(1), 18–31. https://doi.org/10.34128/jra.v6i1.139

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022). Pendampingan Pengembangan Digitalisasi Umkm Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Pendi-dikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14-24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652

Rahmadani, A. P., Agustina, D., Khuzaimah, D., Ningsih, E. C. W., Assafillia, F., Kurniawati, K. D., Imanulloh, M., Rohim, R. N., Izzati, S. Z., Nurlaeli, I., & Jannah, Z. (2023). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan UMKM Dalam Digitalisasi Marketing. Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 57–66. https://doi.org/10.61813/jlppm.v2i2.39

Ramadhan, B., & Hakim, A. (2023). Pengamatan Sumber Daya Usaha Umkm Rengginang The Entin di Desa Cibadak dalam Melakukan Inovasi dan Digitalisasi. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 2361-2370. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.ph p/AJPM/article/view/3925/2679

Ramadhan, D., Nayawangsa, A., & Kusuma, M. S. (2023). Digitalisasi UMKM dalam Menghadapi Era Society 5.0 di Desa Pasirjambu. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(2), 75–87. http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/ proceedings/article/view/3306/1622

Rofiaty, R., Perdana, B. I., & Arif, M. E. (2023). Penguatan Strategi Bersaing Melalui Pendampingan Digitalisasi Marketing, Pendanaan untuk Izin Nutrisi pada UMKM AIRA. Jurnal Pengabdian …, 4(5), 203–207. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2440%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/downl oad/2440/1556

Rohim, I. E., Sholihah, E. L., Firmansyah, F. R., & Andriani, F. (2022). Digitalisasi UMKM Melalui Pelatihan Google Maps dan Pemasaran Online. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 5(2), 14-29. https://garuda.kemdikbud.go.id/document s/detail/3216424

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1-189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Simanjuntak, G. Y. (2024). Pendampingan GMAPS dan QRIS sebagai Media Digitalisasi UMKM Desa Tempurejo Kabupaten Jember. 2023, 193–202. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/JAK/articl e/view/3201/2003

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58. https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.627

Wardhani, D. O. K., Ramadhan, M. H., Risanti, R., & Prabowo, B. (2024). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Digitalisasi UMKM di Desa Kemiri. Pelayanan Unggulan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(3), 118- 123. https://pkm.lpkd.or.id/index.php/Unggulan/ article/view/480/757

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Wibawa, H. A. S., & Kusuma, Y. B. (2025). Optimalisasi Manajemen Pemasaran bagi UMKM untuk Meningkatkan Keberlanjutan Usaha di Desa Gedangan . Jurnal Sinabis, 1(5), 1448–1455. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/307

Issue

Section

Articles