Sosialisasi Pemasaran Digital Untuk UMKM di Wilayah Kalijudan Surabaya
Keywords:
UMKM, Pemasaran Digital, Kalijudan, Surabaya, SosialisasiAbstract
UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun sering kali terkendala dalam hal pemasaran yang efektif. Di era digital ini, pemanfaatan teknologi informasi, khususnya pemasaran digital, menjadi solusi untuk meningkatkan daya saing UMKM. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menyosialisasikan konsep dan strategi pemasaran digital kepada pelaku UMKM di wilayah Kalijudan, Surabaya, guna membantu mereka meningkatkan visibilitas dan penjualan produk secara online. Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini meliputi presentasi, pelatihan langsung, dan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman yang komprehensif. Hasil dari sosialisasi menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM terhadap platform pemasaran digital seperti media sosial, e- commerce, dan SEO. Dengan adanya pelatihan ini, pelaku UMKM diharapkan mampu mengimplementasikan strategi digital dalam bisnis mereka untuk meningkatkan daya saing di pasar
References
Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surakarta. Sebatik, 25 (1), 234–240. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1293
Astuti, A. W., Sayudin, S., & Muharam, A. (2023). Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2787-2792. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp/article/view/554/644
Bohan, D., Febby Haryanti, Kurnia Allya Suci, Okky Maulana Chandra, Widya Ayu Lestari, Abraham Batubara, Yohana, S.E., M.Si, C.A.P, & Temmy Setiawan, S.E., M.Si. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Membuat Healthy Food dan Edukasi Digital Marketing untuk Masyarakat Kp. Pramita – Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 134–138. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.265
Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138-149. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.ph p/khidmatuna/article/view/1582/618
Fadhilah, D. A., &Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 (1), 17– 22. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coo petition.v12i1.279
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13. http://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldikl us/article/view/37122/15321
Gideon S. Budiwitjaksono, dkk. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Literasi : Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Volume 2, Nomor 2, hal. 615-624. https://scholar.archive.org/work/6vh3hmq55fbipg6fp2gwreyavq/access/wayback/https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/arti cle/download/367/283
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan X”, 9 (1), 195–204. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.ph p/Prosiding/article/view/1212
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3 (3), 651–659. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2799/pdf
Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosia-lisasi pemasaran digital bagi pelaku industri rumahan di kabupaten bangka tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054-1063. https://abdidas.org/index.php/abdidas/arti cle/download/429/297/2403
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://jibeka.asia.ac.id/index.php/jibeka/a rticle/view/45/31
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11 (2), 46 -53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45.
Pratama Afrianto, Adrian, and Irwansyah Irwansyah. 2021. “Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3(1):10–29. https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/ article/view/181/106
Puspita, D., Anggraeni, L., Khumaidi, A., & Wati, R. (2023). Sosialisasi Pemasaran Produk Melalui (Internet Marketing) pada UMKM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 155-160. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/ article/view/24/21
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common,3(1), 71-80. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/commo n/article/view/1950/1307
Saniyyah, S., Adviola, T. F., & Swasti, I. K. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM di Kota Blitar Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 30-39. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/j urma/article/view/592/557
Setiyana, C. D. M. R., & Maulidasari, C. D. (2020). Sosialisasi digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bhakti Teuku Umar, 2(1), 63- 73 http://jurnal.utu.ac.id/baktiku/article/view/2050/pdf
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/a rticle/view/627/400
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6 (1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.
Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155-159. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/a bdimas_ekon/article/view/2112/860
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12–26. https://journals.ums.ac.id/dayasaing/article/v iew/5101/3403
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eries Priandana Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


