Sosialisasi Pemasaran Digital Untuk UMKM di Wilayah Kalijudan Surabaya

Authors

  • Eries Priandana Putra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Kalijudan, Surabaya, Sosialisasi

Abstract

UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun sering kali terkendala dalam hal pemasaran yang efektif. Di era digital ini, pemanfaatan teknologi informasi, khususnya pemasaran digital, menjadi solusi untuk meningkatkan daya saing UMKM. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menyosialisasikan konsep dan strategi pemasaran digital kepada pelaku UMKM di wilayah Kalijudan, Surabaya, guna membantu mereka meningkatkan visibilitas dan penjualan produk secara online. Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini meliputi presentasi, pelatihan langsung, dan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman yang komprehensif. Hasil dari sosialisasi menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM terhadap platform pemasaran digital seperti media sosial, e- commerce, dan SEO. Dengan adanya pelatihan ini, pelaku UMKM diharapkan mampu mengimplementasikan strategi digital dalam bisnis mereka untuk meningkatkan daya saing di pasar

References

Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surakarta. Sebatik, 25 (1), 234–240. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1293

Astuti, A. W., Sayudin, S., & Muharam, A. (2023). Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2787-2792. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp/article/view/554/644

Bohan, D., Febby Haryanti, Kurnia Allya Suci, Okky Maulana Chandra, Widya Ayu Lestari, Abraham Batubara, Yohana, S.E., M.Si, C.A.P, & Temmy Setiawan, S.E., M.Si. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Membuat Healthy Food dan Edukasi Digital Marketing untuk Masyarakat Kp. Pramita – Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 134–138. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.265

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138-149. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.ph p/khidmatuna/article/view/1582/618

Fadhilah, D. A., &Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 (1), 17– 22. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coo petition.v12i1.279

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13. http://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldikl us/article/view/37122/15321

Gideon S. Budiwitjaksono, dkk. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Literasi : Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Volume 2, Nomor 2, hal. 615-624. https://scholar.archive.org/work/6vh3hmq55fbipg6fp2gwreyavq/access/wayback/https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/arti cle/download/367/283

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2019). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan X”, 9 (1), 195–204. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.ph p/Prosiding/article/view/1212

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3 (3), 651–659. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2799/pdf

Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosia-lisasi pemasaran digital bagi pelaku industri rumahan di kabupaten bangka tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054-1063. https://abdidas.org/index.php/abdidas/arti cle/download/429/297/2403

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://jibeka.asia.ac.id/index.php/jibeka/a rticle/view/45/31

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11 (2), 46 -53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45.

Pratama Afrianto, Adrian, and Irwansyah Irwansyah. 2021. “Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3(1):10–29. https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/ article/view/181/106

Puspita, D., Anggraeni, L., Khumaidi, A., & Wati, R. (2023). Sosialisasi Pemasaran Produk Melalui (Internet Marketing) pada UMKM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 155-160. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/ article/view/24/21

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common,3(1), 71-80. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/commo n/article/view/1950/1307

Saniyyah, S., Adviola, T. F., & Swasti, I. K. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM di Kota Blitar Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 30-39. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/j urma/article/view/592/557

Setiyana, C. D. M. R., & Maulidasari, C. D. (2020). Sosialisasi digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bhakti Teuku Umar, 2(1), 63- 73 http://jurnal.utu.ac.id/baktiku/article/view/2050/pdf

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/a rticle/view/627/400

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6 (1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155-159. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/a bdimas_ekon/article/view/2112/860

Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12–26. https://journals.ums.ac.id/dayasaing/article/v iew/5101/3403

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Putra, E. P. (2025). Sosialisasi Pemasaran Digital Untuk UMKM di Wilayah Kalijudan Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(5), 1464–1470. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/308

Issue

Section

Articles