Peran Komunitas Relawanns Dalam Pemberdayaan Anak Yatim di Asrama Panti Yatim Indonesia Ngagel

Authors

  • Nadhiva Auliya Fatmala Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pemberdayaan, Bakti Sosial, Kemanusiaan

Abstract

Bakti sosial melalui kunjungan ke panti asuhan merupakan wujud nyata dari rasa kemanusiaan di antara sesama. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan sosial dan membangun rasa cinta kasih, saling menolong, dan peduli terhadap masyarakat. Kegiatan ini juga mengingatkan kami bahwa anak-anak tersebut merasa kesepian dan sangat  membutuhkan  perhatian  dari  para  pengunjung.  Anak  yatim sering  kali diabaikan oleh  masyarakat  sekitar  karena dianggap  tidak memberikan keuntungan material. Padahal, mereka memiliki hak yang harus dipenuhi, salah satunya adalah hak atas pendidikan yang layak agar dapat mengembangkan keterampilan dan mengubah masa depan mereka. Di panti asuhan, anak-anak biasanya menjalani aktivitas yang monoton, seperti sekolah dan mengaji, tanpa adanya pelatihan keterampilan  untuk  menggali potensi  mereka.  Untuk  itu,  Komunitas Relawanns meluncurkan program pemberdayaan di Asrama Panti Yatim Indonesia Ngagel.  Program ini meliputi kegiatan  membuat  kerajinan tangan, seperti tas bongkar pasang berbentuk burung hantu, permainan ice  breaking,  serta  belajar  membaca  dan  menulis  bersama. Pemberdayaan ini bertujuan untuk membantu anak-anak yatim mewujudkan mimpi mereka

References

Abu Zahrah, Muhammad. 1994. Membangun Masyarakat Islam. Jakarta : PT Pustaka Firdaus.

Adiati, Rini Selvi; Mendrofa, 2018, Strategi Panti asuhan dalam Pemberdayaan Anak Asuh di

Panti Elsadai, Sumatera Utara, Repositori, Institusi USU. http://repositori.usu.ac.id Alfitri. 2011. Community Development Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Anak Panti Asuhan Melalui Pelatihan Kewirausahaan, Abdimas, Vol. 21, No, 2.

Arisena, Korri, Gede Mekse, 2017, Diktat Kewirausahaan, Denpasar: Universitas Udayana, Prodi Agribisnis.

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT Elex Media Komputido.

Cahyani, Isah. 2012. Modul Mari Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag.

Candra, I Wayan. 2017. Psikologi Landasan Keilmuan Praktek Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Departemen Agama RI. 2015. Al-Qur’an Terjemah As-Salam. Depok : Al Huda Kelompok Gema Insani.

Efendi, Onong Uchjana. 1988. Hubungan Insani. Bandung : Remaja Karya.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Yogyakarta :Graha Ilmu. Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama

Ghony, Djunaidi dan Manshur, Fauzan. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hanani, Silfia. 2017. Komunikasi Antar pribadi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Hanurawan, Fattah. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Indrawati, Endang Sri. 2017. Psikologi Sosial.Yogyakarta : Psikosain.

Karolina Lamtiur Dalimunthe. 2009. “Kondisi Psikososial Anak yang Dibesarkan di Panti Asuhan”. Universitas Padjadjaran.

Isbanah, Yuyun; Kautsar, Prabowo, Prayudi Setiawan; 2017, Membangun kemandirian Financial.

Jurnal psikologi Islam (JPI) Copright 2011 Lembaga Penelitian dan Pengembangan Psikologi Keislman (LP3K). Vol 8 No.2, Januari 2011 231-246. Oleh Ayu Nuzulia Rahma. Psikologi Gajah Mada. Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan, dengan Subjek Remaja Usia 13-17 Tahun di Panti Asuhan Darul Hadlonah Kota Semarang

Pradita, Meisilvi; Jumardi, 2017, Strategi Pengurus Panti Asuhan Aisyiyah Muhammadiyah, Jakarta Selatan dalam menunjang pendidikan anak, The6th University Research Colloqium, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sulthani, Yahya. 2013. “Strategi Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya, Kajian Moral dan Kewarganegaraan,” Tajdida Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah. Surabaya.

Tafsir, dkk. 2010. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Mimbar Pustaka. Tarazi, Norma. 2013. Wahai Ibu Kenali Anakmu. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ulwan, Abdullah Nasih. 2010. Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Asy Syifa’.

Yuniana, Y. 2013. “Kesejahteraan Subyektif pada Yatim Piatu (Mustadh’afin)”

Elizabeth, Misbah Zulfa. 2015. Penguatan Generasi Muda Berbasis Komunitas (Implementasi Program di Panti Asuhan Kafalatul Yatama Semarang. Jurnal, Semarang :Universitas Islam Negeri Walisongo

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Fatmala, N. A., & Azizah, N. (2025). Peran Komunitas Relawanns Dalam Pemberdayaan Anak Yatim di Asrama Panti Yatim Indonesia Ngagel . Jurnal Sinabis, 1(5), 1471–1478. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/309

Issue

Section

Articles