Optimalisasi Digitalisasi Proses Bisnis UMKM dengan Pendekatan Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus UMKM Kuliner di Surabaya

Authors

  • Faizah Radinka Karimah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digitalisasi Bisnis, UMKM, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Digitalisasi proses bisnis pemasaran merupakan langkah penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan efisiensi dan daya saing di era digital saat ini. Penelitian ini berfokus pada UMKM Steakland di Surabaya, yang merupakan salah satu pelaku usaha di sektor kuliner. Melalui penerapan metode pengabdian masyarakat, tim peneliti bertujuan untuk membantu Steakland mengadopsi teknologi digital dalam strategi pemasarannya. Metode yang digunakan meliputi pelatihan penggunaan media sosial, pengembangan situs web, serta implementasi sistem manajemen pelanggan berbasis digital. Dengan menerapkan strategi digital, Steakland diharapkan dapat menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan  mempermudah  proses  pemesanan  serta  pembayaran. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah pelanggan dan penjualan, serta pemahaman yang lebih baik mengenai pemasaran digital di kalangan pemilik UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur tentang digitalisasi di sektor UMKM dan menawarkan model yang dapat diadopsi oleh usaha lainnya untuk meningkatkan kinerja bisnis di pasar yang semakin kompetitif

References

Amanda, A., & Ridho, W. F. (2023). Peran Alaslan, A. (2022). Metode Penelitian Kualitatif.https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Alaslan%2C+A.+%282022%29.+Metode+Penelitian+Kualitatif&btnG=

Arifin, N. N. H., Dwiridotjahjono, J., No, J. R. M., & Anyar, G. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Melalui Kegiatan Rebranding Produk UMKM Jenang Legend Lek Siti di Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm/article/d ownload/179/178

Damis, S., & Harun, H. (2024). Peningkatan Pendapatan Usaha Umkm Asoka Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang Melalui Digitalisasi Bisnis. Economics and Digital Business Review, 5(1).https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/download/941/661

Desfiandi, A. (2023). Penerapan Digitalisasi Pada Umkm Chio Snack menggunakan Platform Simonik untuk memperluas Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 2(2), 114-121. https://tapisberseri.ubl.ac.id/index.php/jpmtapisbers eri/article/download/64/37

El Ghifari, L. F., & Supendi, M. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Cafe. Jurnal Niara, 16(3), 504-512. https://journal.unilak.ac.id/index.php/nia/article/do wnload/15295/5835

Fauzi, A., Firdauzy, N. S. N., Fadhilah, E. S. N., Aziz, M. S. N., Fauzia, N., Maharani, P. A., ... & Riyanto, R. (2023). Analisis Strategi Pemasaran di Era Digital Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11).https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/viewFile/1142/1207

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2023). Transformasi bisnis umkm sanfresh melalui digitalisasi bisnis pasca covid 19. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 9-15. https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKRA ITHABDIMAS/article/download/2399/1796

Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 43-50. http://penerbitgoodwood.com/index.php/jpm/article/download/1225/310

Nasution, J., Hardana, A., Damisa, A., & Rasyid, A. (2022). Pelatihan manajemen usaha dalam meningkatkan usaha umkm kuliner. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 271-280. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jpmb/article/download/927/802

Nugraha, E. S., & Andarini, S. (2023). Optimalisasi Branding UMKM Mikasi Drink Dengan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4). https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/ NJPC/article/viewFile/570/599

Purba, E., Purba, B., Khairad, F., Damanik, D., Siagian, V., Ginting, A. M., ... & Ernanda, R. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. https://repository.unai.edu/id/eprint/653/1/%5BIII.A .1.a.2.8%5D%20FullBook%20 Metode%20Penelitian%20Ekonomi.pdf

Puspitasari, W., Setiawan, I. N., Widiastuti, T., Fitriani, L. N., & Bulqis, T. (2022). Pelatihan Pengembangan Produk Kema-san UMKM Produk Jamu Homemade Dalam Menghadapi Persaingan Dagang di Era Globalisasi dan Pandemi. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(5), 773-778. https://www.bajangjournal.com/index.php/JPM/arti cle/download/2218/1547

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., ... & Indah, S. R. (2022). Pelatihan digital marketing untuk mencapai optimalisasi strategi pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/451/359

Rahman, A. N., Rohim, A. N., Septi, A. R. L., Asrori, K., Byzura, S. A., & Sekarwati, D. A. (2021). Model Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Desa Girirejo Melalui Program Wiradesa. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 22(2), 208-221. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse/article/download/6381/4462

Ridwan, A., Marfuah, A., Mustofa, S., & Santoso, S. (2022). Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 78-84. https://pkm.binamandiri.ac.id/index.php/jpmm/arti cle/download/67/48

Safitri, Y., Effendi, A., & Tarohman, R. F. (2024). Penyuluhan Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran Produk UMKM Halal Food di Karanganyar 2023. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 401-410. https://www.ejournal.imperiuminstitute.org/index.ph p/BERDA YA /article/download/937/651

Sutanto, Y. P., Mardliyaturrahma, A., & Wasiqoh, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM dengan Pemanfaatan Whatsapp Business di Desa Karanggayam Srengat Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(2), 175-181. http://journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/download/116/111

Sutardi, A., Hardiansyah, A., Sabrawera, B. S., Ismayadi, R., & Haniah, S. (2024). Pengembangan UMKM Steak Ranjang. MASMAN: Master Manajemen, 2(1), 156-164.https://ejournalnipamof.id/index. php/MASMAN/article/download/323/341

Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795-2805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/downloa d/1277/1146

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121-126. https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/download/202/128

Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM tentang pentingnya adaptasi digital dan legalitas usaha di Limpomajang Kec. Majauleng Kab. Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 299-306. http://jerkin.org/index.php/jerkin/article/download/177/112

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Karimah, F. R. (2025). Optimalisasi Digitalisasi Proses Bisnis UMKM dengan Pendekatan Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus UMKM Kuliner di Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(5), 1479–1487. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/311

Issue

Section

Articles