Pendampingan UMKM Dalam Pemanfaatan OSS dan Digital Marketing untuk Legalitas UMKM di Desa Mojowarno

Authors

  • Dina Aprilia Irawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurhadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

NIB, OSS, UMKM

Abstract

Nomor Izin Berusaha (NIB) merupakan dokumen penting bagi UMKM untuk memperoleh izin usaha dan menjalankan kegiatan operasional. Kegiatan pendampingan pembuatan NIB ini dilaksanakan oleh Kelompok 1 KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur melalui sosialisasi dan workshop. Latar belakang kegiatan ini adalah adanya ketidakmerataan dalam penjualan, yang mengakibatkan produk para pelaku UMKM belum dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM memanfaatkan teknologi digital dengan legalitas usaha, sehingga dapat memperkuat kegiatan usaha mereka melalui platform Online Single Submission (OSS). Terdapat tiga metode pelaksanaan yang diterapkan dalam kegiatan ini, yaitu presentasi, demonstrasi, dan praktik. Dari total 10 UMKM yang hadir, hanya 8 yang bersedia untuk membuat NIB

References

Hasan, H., Haliah, H., & Fahdal, M. A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.35912/yumary.v3i1.1225.

Husaeni UA, Dewi TK. 2019. Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Anggota BMT di Jawa Barat. Bongaya Journal for Research in Management. 2 (1): 48-56.

Kaukab, E. (2021). Pemasaran Produk Berbasis Teknologi Informasi Sederhana. April, 67. Kustin, A. (2017). Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online. CNN.

Mardiatmi, B. D., Nopiyanti, A., & Resti, A. A. (2022). Praktik Baik Manajemen Menuju Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Mandiri dan Produktif di Kampung Bulak Timur, Kelurahan 2022 | Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 43-50 50 Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3): 119-131.

Musnaini, Suherman, Wijoyo, H., Indrawan, I. 2020. Digital Marketing. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Putri, A. C., Wobowo, B. A., & Triarso, I. (2019). Analisis Persepsi dan Partisipasi Nelayan Terkait Kebijakan Izin Berusaha Perikanan Tangkap Melalui Sistem Online Single Submission (OSS) Bagi Nelayan di PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai)

Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 8(2):1–6.

Rahayu, S. (2021). Implementasi Sistem OSS dalam Mendukung Kemudahan Berusaha di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 145-160.

Sari, M., & Prasetyo, B. (2020). Legalitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Nomor Induk Berusaha (NIB). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 33-45.

Wati, A. P., Martha, J. A., Indrawati, A. I. 2020. Digital Marketing. Malang: PT. Literindo Berkah Karya.

Khumaidi, A., Suyono, Puspita, D., Anggraeni, L. (2022). Pemanfaatan Web Online Single Submission (OSS)untuk Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)Pada UMKM Tanggamus. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 26

Witjaksono, G. S.B., Hendinie, S.M., Mahardhika, A.P., Murtazah, I.B., Syifani, S.N., Aufa, V.A. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Legalitas NIB UMKM Quin Koi Farm Melalui Online Single Submission (OSS) di Kelurahan Pakunden. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 97-105

Sono, M.G., Erwin, E., Muhtadi, M.A. (2023). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 1(4), 312-324

Yacub, R., Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal Manajerial, 12(2), 198-209

Irawaty, Anitasari, R.F., Setiawan, A. (2022). Peningkatan Pemahaman Pelaku UMK Mengenai Urgensi Dan Tata Cara Mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 5(1), 35-49

Dwijayanti, A., Pramesti, A. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digitak Menggunakan E-Commerce Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ABDIMAS, 4(2)

Diana, L., Akbhari, I., Fadhilah, A., Hidayaturrachman, H. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Untuk Kesadaran Legalitas Usaha Bagi UMKM Kelurahan Dukuh Sutorejo. Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 1(2), 81-88

Sudirjo, F., Rukmana, A.Y., Wandan, H., Hakim, M.L. (2023). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman: Riset dan Manajemen, 5(1), 55-69

Hasiholan, L.B., Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45-48

Lailila, V.R., Dwiridotjahjono, J. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma. Journal of Management and Social Science (JMSC), 1(2), 01-10

Mavilinda, H.F., dkk. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Journal of Sriwijaya Community Service, 2(!), 17-28

Indrawatii, Septi., dkk. (2021). Edukasi Legalitas Usaha sebagai Upaya Perlindungan Hukum bagi Pemilik UMKM. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(3), 231-241

Triwanti, Cherli., dkk. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Legalitas UMKM Di Desa Mojowarno, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia, 1(2), 1-4

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Irawan, D. A., & Nurhadi. (2025). Pendampingan UMKM Dalam Pemanfaatan OSS dan Digital Marketing untuk Legalitas UMKM di Desa Mojowarno . Jurnal Sinabis, 1(5), 1498–1504. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/313

Issue

Section

Articles