Meningkatkan Keterampilan Digital Siswa Melalui Pemasaran Digital dalam Pembelajaran P5 di SDN Pagesangan Surabaya

Authors

  • Naura Husnina Athifanita Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Siti Ning Farida Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Keterampilan Digital, Pemasaran Digital, SDN Pagesangan Surabaya

Abstract

Agar berhasil melibatkan klien melalui saluran daring, pemasaran digital di era teknologi saat ini perlu mengalami modifikasi substansial. Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila akan digunakan dalam penelitian ini untuk menyelidiki keterampilan digital siswa SDN Pagesangan Surabaya. Keterampilan siswa dalam pemasaran digital ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis P5, atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Temuan penelitian menunjukkan seberapa efektif sumber belajar berbasis digital, seperti Market Learning, dapat meningkatkan tingkat literasi digital siswa. Menerapkan strategi pemasaran digital adaptif juga diantisipasi untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan siswa serta mempersiapkan mereka menghadapi rintangan di dunia yang semakin saling terhubung dari hari ke hari. Untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran, penelitian ini juga menemukan bahwa instruktur harus mendapatkan pelatihan dan memiliki akses ke infrastruktur digital yang memadai. Dengan tujuan membekali siswa untuk menangani kesulitan digital di masa mendatang, saran penelitian ini adalah untuk menggabungkan praktik terbaik dari lembaga lain dan terus meningkatkan fasilitas dan kemampuan instruktur. Dengan demikian, penelitian ini memajukan pengetahuan tentang pentingnya literasi digital dalam pendidikan dasar Indonesia

References

Astrida, D. N., Firdauzi, A. A., Al Farizi, A., & Saputra, W. Y. (2024). Pelatihan Teknik Storytelling Animasi dalam Pembuatan Cerita dan Visualisasi Produk Sebagai Dasar Pemasaran Digital Bagi Siswa SMK. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 237-243. https://www.edumediasolution.com/society/article/vie w/422

Edy, I. C., Haryanti, S. S., Utama, H. B., & Rahayu, B. S. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Pada Siswa Smk Pembangunan Nasional Sukoharjo (Pendekatan Sistem Bisnis Dropship). WASANA NYATA, 6(1), 38-46. https://ejournal.stieaub.ac.id/index.php/wasana_nyata/article/view/1224

Febriana, W., Anggriani, R., Sumadewa, I. N. Y., & Rosanensi, M. (2023). Meningkatkan kemudahan pembelajaran digital marketing menggunakan mobile learning di SMAN 2 Aikmel. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 5(1), 9- 16. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/target/article/view/2759

Hamidy, F., Pasha, D., Sulistiani, H., Rahmanto, Y., & Rahayu, M. (2023). Pelatihan Video Iklan Produk dan Strategi Pemasaran Digital di SMKN 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 135-141. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/2662

Hanif, A. (2021). Modul Pembelajaran Digital Pemasaran Daring Dengan Penghitung Harga Jual Berbasis Android. Profitabilitas, 1(1), 38-45. https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/profitabilitas/article/vi ew/444

Irawan, I. N., Lestari, T. P., Lubis, R. B. F. F., & Rahimullah, M. F. (2024). Pelatihan Peningkatan Kesadaran Brand Awareness Digital Marketing bagi Siswa Pemasaran SMK Budi Warman II Jakarta. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 492-498. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1288

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34-40. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/13854

Karina, M., Sari, A. K., Setiawan, T., & Aini, H. N. (2024). Program Pelatihan Strategi Membangun Kemitraan Bisnis Lokal Melalui Digital Marketing Bagi Siswa Pemasaran SMK Budi Warman II. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 553-561. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1291

Karsim, K., Yakin, I., Saputra, P., & Mayasari, E. (2023). Pendampingan Kewirausahaan Dan Digital Marketing Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Panca Bhakti Sungai Raya. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8557-8562. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cd j/article/view/19623

Listiyono, H., Anis, Y., Diartono, D. A., & Nugroho, I. (2023). Pelatihan Digital Marketing Siswa SMKN-01 Tonjong Brebes Untuk Meningkatkan Kapasitas Pemasaran Pada Era Digital. Servis: Jurnal Pengabdian dan Layanan kepada Masyarakat, 2(1), 31-35. https://journal.nacreva.com/index.php/servis/article/vi ew/60

Machmudi, M. A., Susilo, G., & Wahyudiono, S. (2024). Pemasaran Digital Berwirau-saha Bagi Siswa SMK Bhakti Karya Magelang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 8(1), 69-77. https://www.jurnalumbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/5443

Mujiati, D. W., Muslim, S., & Febriana, R. (2020). Pengembangan Media: Pemasaran Online Berbasis Digital Imaging Di SMKN 1 Tambun Selatan. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(2), 101-106. https://scholar.archive.org/work/fk5nhfzu6bfzzebxby2fxmwvny/access/wayback/http://ejournals.fkwu.uniga.ac.id/index.php/BIEJ/article/download/88/62/

Putra, S. F., & Wijayanti, O. (2024). Penerapan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Mata Pelajaran Seni Tari Dalam Sbdp Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 01 Jatilawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 713-730. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/vi ew/16930

Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 pada Pendidikan Kewirausahaan untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik SMK. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17-32. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/5786

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118-1124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/vie w/40502

Septiana, L., Sapitri, S., & Muhlida, S. M. (2022). Pelatihan Digital Marketing dan Pembuatan Sabun pada Siswa– Siswi SMP Yayasan Perguruan Islam As Sa’adah. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 22-31. https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/art icle/view/1843

Trianto, R. (2021). Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Di SD Luqman Al Hakim Surabaya). An-Nida': Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 9(2), 95-120. https://ejurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/279

Wasesa, A. J. A., Nurcahyanie, Y. D., Walujo, D. A., & Koesdijati, T. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Penunjang Kewirausahaan Siswa SMKN 7 Surabaya. Kanigara, 2(2), 471-477. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/articl e/view/6154

Winarsih, T. W., & Yono, Y. D. W. (2021). Melatih karakter kewirausahaan siswa smk melalui pemasaran online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 14-23. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/jpeaku/article/vie w/16287

Zulkifli, N., & Ferdiansyah, H. (2023). Efek Pemanfaatan Website pada Pelajaran Pemasaran Online untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMKN 2 Sidrap. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 39-46. https://litabmas.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/ download/5937/2506

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Putri, N. H. A., & Farida, S. N. (2025). Meningkatkan Keterampilan Digital Siswa Melalui Pemasaran Digital dalam Pembelajaran P5 di SDN Pagesangan Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(5), 1505–1516. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/314

Issue

Section

Articles