Meningkatkan Keterampilan Digital Siswa Melalui Pemasaran Digital dalam Pembelajaran P5 di SDN Pagesangan Surabaya
Keywords:
Keterampilan Digital, Pemasaran Digital, SDN Pagesangan SurabayaAbstract
Agar berhasil melibatkan klien melalui saluran daring, pemasaran digital di era teknologi saat ini perlu mengalami modifikasi substansial. Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila akan digunakan dalam penelitian ini untuk menyelidiki keterampilan digital siswa SDN Pagesangan Surabaya. Keterampilan siswa dalam pemasaran digital ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis P5, atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Temuan penelitian menunjukkan seberapa efektif sumber belajar berbasis digital, seperti Market Learning, dapat meningkatkan tingkat literasi digital siswa. Menerapkan strategi pemasaran digital adaptif juga diantisipasi untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan siswa serta mempersiapkan mereka menghadapi rintangan di dunia yang semakin saling terhubung dari hari ke hari. Untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran, penelitian ini juga menemukan bahwa instruktur harus mendapatkan pelatihan dan memiliki akses ke infrastruktur digital yang memadai. Dengan tujuan membekali siswa untuk menangani kesulitan digital di masa mendatang, saran penelitian ini adalah untuk menggabungkan praktik terbaik dari lembaga lain dan terus meningkatkan fasilitas dan kemampuan instruktur. Dengan demikian, penelitian ini memajukan pengetahuan tentang pentingnya literasi digital dalam pendidikan dasar Indonesia
References
Astrida, D. N., Firdauzi, A. A., Al Farizi, A., & Saputra, W. Y. (2024). Pelatihan Teknik Storytelling Animasi dalam Pembuatan Cerita dan Visualisasi Produk Sebagai Dasar Pemasaran Digital Bagi Siswa SMK. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 237-243. https://www.edumediasolution.com/society/article/vie w/422
Edy, I. C., Haryanti, S. S., Utama, H. B., & Rahayu, B. S. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Digital Pada Siswa Smk Pembangunan Nasional Sukoharjo (Pendekatan Sistem Bisnis Dropship). WASANA NYATA, 6(1), 38-46. https://ejournal.stieaub.ac.id/index.php/wasana_nyata/article/view/1224
Febriana, W., Anggriani, R., Sumadewa, I. N. Y., & Rosanensi, M. (2023). Meningkatkan kemudahan pembelajaran digital marketing menggunakan mobile learning di SMAN 2 Aikmel. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 5(1), 9- 16. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/target/article/view/2759
Hamidy, F., Pasha, D., Sulistiani, H., Rahmanto, Y., & Rahayu, M. (2023). Pelatihan Video Iklan Produk dan Strategi Pemasaran Digital di SMKN 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 135-141. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/2662
Hanif, A. (2021). Modul Pembelajaran Digital Pemasaran Daring Dengan Penghitung Harga Jual Berbasis Android. Profitabilitas, 1(1), 38-45. https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/profitabilitas/article/vi ew/444
Irawan, I. N., Lestari, T. P., Lubis, R. B. F. F., & Rahimullah, M. F. (2024). Pelatihan Peningkatan Kesadaran Brand Awareness Digital Marketing bagi Siswa Pemasaran SMK Budi Warman II Jakarta. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 492-498. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1288
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34-40. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/13854
Karina, M., Sari, A. K., Setiawan, T., & Aini, H. N. (2024). Program Pelatihan Strategi Membangun Kemitraan Bisnis Lokal Melalui Digital Marketing Bagi Siswa Pemasaran SMK Budi Warman II. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 553-561. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1291
Karsim, K., Yakin, I., Saputra, P., & Mayasari, E. (2023). Pendampingan Kewirausahaan Dan Digital Marketing Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Panca Bhakti Sungai Raya. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8557-8562. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cd j/article/view/19623
Listiyono, H., Anis, Y., Diartono, D. A., & Nugroho, I. (2023). Pelatihan Digital Marketing Siswa SMKN-01 Tonjong Brebes Untuk Meningkatkan Kapasitas Pemasaran Pada Era Digital. Servis: Jurnal Pengabdian dan Layanan kepada Masyarakat, 2(1), 31-35. https://journal.nacreva.com/index.php/servis/article/vi ew/60
Machmudi, M. A., Susilo, G., & Wahyudiono, S. (2024). Pemasaran Digital Berwirau-saha Bagi Siswa SMK Bhakti Karya Magelang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 8(1), 69-77. https://www.jurnalumbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/5443
Mujiati, D. W., Muslim, S., & Febriana, R. (2020). Pengembangan Media: Pemasaran Online Berbasis Digital Imaging Di SMKN 1 Tambun Selatan. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(2), 101-106. https://scholar.archive.org/work/fk5nhfzu6bfzzebxby2fxmwvny/access/wayback/http://ejournals.fkwu.uniga.ac.id/index.php/BIEJ/article/download/88/62/
Putra, S. F., & Wijayanti, O. (2024). Penerapan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Mata Pelajaran Seni Tari Dalam Sbdp Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 01 Jatilawang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 713-730. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/vi ew/16930
Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 pada Pendidikan Kewirausahaan untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik SMK. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17-32. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/5786
Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118-1124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/vie w/40502
Septiana, L., Sapitri, S., & Muhlida, S. M. (2022). Pelatihan Digital Marketing dan Pembuatan Sabun pada Siswa– Siswi SMP Yayasan Perguruan Islam As Sa’adah. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 22-31. https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/art icle/view/1843
Trianto, R. (2021). Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Di SD Luqman Al Hakim Surabaya). An-Nida': Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 9(2), 95-120. https://ejurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/279
Wasesa, A. J. A., Nurcahyanie, Y. D., Walujo, D. A., & Koesdijati, T. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Penunjang Kewirausahaan Siswa SMKN 7 Surabaya. Kanigara, 2(2), 471-477. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/articl e/view/6154
Winarsih, T. W., & Yono, Y. D. W. (2021). Melatih karakter kewirausahaan siswa smk melalui pemasaran online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 14-23. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/jpeaku/article/vie w/16287
Zulkifli, N., & Ferdiansyah, H. (2023). Efek Pemanfaatan Website pada Pelajaran Pemasaran Online untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMKN 2 Sidrap. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 39-46. https://litabmas.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/ download/5937/2506
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Naura Husnina Athifanita Putri, Siti Ning Farida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


