Sosialisasi Hukum UMKM Berbasis E-Commerce di Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Jombang

Authors

  • M. Thoriq Hasan A. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Sosialisasi, UMKM, Berbasis E- Commerce

Abstract

Tumbuhnya industri Usaha Menengah, Kecil, Mikro/UMKM serta kesadaran masyarakat untuk menggerakkan perdagangan berbasis digital (e- commerce) menjadi kunci perekonomian Indonesia stabil. Metode sosialisasi UMKM berbasis e-commerce dilakukan dengan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan dengan melibatkan beberapa pihak terkait, seperti perangkat desa, dan asosiasi petani dan peternak sekitar yang mulai dilakukan antara 18 Mei – 18 Juni 2024, bertempat di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kab. Jombang. Fokus kegiatan sosialisasi UMKM berbasis e- commerce adalah bagaimana meningkatkan upaya kesadaran warga Desa Jarak, Kec.Wonosalam, Kab.Jombang untuk memperhatikan aspek legalitas perizinan usaha yang dijalankan, seraya melakukan berbagai macam pengolahan berbagai macam produk olahan yang berasal dari sektor perkebunan dan peternakan, yang dalam hal ini fokus pada produk olahan susu.Komoditas susu sebelumnya tidak memiliki nilai ekonomi, namun dengan diversifikasi olahan susu mampu menjadi nilai tambah bagi UMKM. Selain itu, pemanfaatan potensi alam juga menjadi nilai tersendiri bagi masyarakat Desa Jarak, Kec.Wonosalam, Kab. Jombang untuk menawarkan jasa edu-wisata alam milky village, yang semuanya bergantung pada pemanfaatan maksimal e-commerce dengan pendekatan partisipatoris masyarakat. Kesimpulan dari pendampingan UMKM Berbasis E-commerce adalah Perlu kesadaran kolektif bagi Masyarakat Desa Jarak, Kec.Wonosalam, Kab.Jombang melalui usaha partisipatif antara kelompok usaha masyarakat, ibu rumah tangga, dan entitas sosial lainnya untuk menjadikan proses perizinan hokum beserta dokumen-dokumen kelengkapannya dapat dipenuhi, sehingga kepastian hukum dan jaminan bagi konsumen maupun wisatawan dapat terjaga dengan baik. Selain itu, perlu dorongan Pemerintah dan instansi vertikal desa wisata dan geliat UMKM yang semakin tumbuh melalui pemanfaatan e-commerce dengan menggandeng kelompok masyarakat dan perguruan tinggi. Agar, diversifikasi olahan tersebut dapat menambah fnilai komoditas barang dan jasa (wisata) yang ditawarkan, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi warga berbasis partisipatoris

References

Asiyah, S. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/res wara/article/view/1866

Pelengkahu, R. M. (2023). Pengaruh Promosi, Phisical Evidence, Harga Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Kota Manado. EMBA. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/ article/view/46181

Putri, I. M. (2023). Pendampingan Umkm Parfum Melalui Pengelolaan E-Commerce Shopee (Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online Umkm Parfum Di Sidoarjo). https://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianb umir/article/view/5590

Qurata Ayuni, H. C. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 23(2).

Saputri, S. A. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. Knowledge : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan.

Evi Imtihani, M. F. (2023). Penerapan Akun E-Commerce Shopee dalam Strategi Digital Marketing pada UMKM Rempeyek Bunda Rahayu. Jurnal Ilmiah WahanaPendidikan.

Hikmah, L. S. (2023). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Sidoarjo.

Imania Melati Putri, P. F. (2023). Pendampingan UMKM Parfum Melalui Pengelolaan E-Commerce Shopee (Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online UMKM Parfum Di Sidoarjo).

Muddin, L. A. (2021). Pendampingan Digital Marketing, Inovasi Produk UMKM Sepatu Kulit di Sidoarjo. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 23(2), 117-120. https://journal.unnes.ac.id/nju/abdimas/article/vi ew/17880

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, I., & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital nTerhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 1-9.

Nurcahyani, D. I. (2023). Implementasi Pendampingan Penggunaan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Frozenfood Lancar Jaya di Kelurahan Turi, Kota Blitzar. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat.

Abidin Achmad, Z. et al. (2020) „Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik‟, Jurnal Ilmu Komunikasi, 10 (1), pp. 17–31.

Oktavia, Zetiara. 2021. Analisis Nilai Tambah Ubi Kayu Menjadikeripik Singkong Dkz Dalam Meningkatkan perekonomian Industri Rumah Tangga. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Pramukty, R., & Eviyannanda, S. A. (2020). Analisis Ekstensifikasi Pajak UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak (Studi KPP Pratama Pondok Gede). 4(1), 11–20

Puspita, IM. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Stategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(1), 19- 26

Riawati, Nian, and Nurcahyaning D.K. 2019. “Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna Di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5(1): 6–12.

Septiriyani, Veronika Indah. 2017. “Potensi Penanfaatan Singkong (Manihot Utilissima) Sebagai Bahan Bakar Tambahan Dalam Pembuatan Es Puter Secara Tradisional. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Singh, P., Gandhi, M., & Gramodaya, C. (2017). Impact of Digitalization on Small and Medium Enterprises in India. Indian Journal of Research, 6(4), 468–469.

Ulas, D. (2019). Digital Transformation Process and SMEs. Procedia Computer Science, 158, 662–671.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

A., M. T. H. (2025). Sosialisasi Hukum UMKM Berbasis E-Commerce di Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Jombang . Jurnal Sinabis, 1(5), 1526–1531. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/316

Issue

Section

Articles