Transformasi Digital UMKM : Pemberdayaan Melalui Pelatihan Digital Marketing dan Branding
Keywords:
Digital Marketing, Branding Produk, PelatihanAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial, UMKM dituntut untuk memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk mereka. Penelitian ini menyoroti metode sosialisasi yang bertujuan meningkatkan pemahaman pelaku UMKM di Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang terkait branding dan pemasaran digital. Kegiatan ini dilakukan melalui dua pendekatan: pemberian materi tentang digital marketing dan branding, serta praktik fotografi produk. Program pelatihan ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam membangun identitas merek yang kuat, memperluas jangkauan konsumen, dan secara efisien memanfaatkan media sosial serta e-commerce. Hasil dari sosialisasi ini menunjukkan bahwa dengan pemahaman yang lebih baik tentang pemasaran digital, UMKM mampu meningkatkan daya saing dan penjualan mereka di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Studi ini juga memberikan rekomendasi yang berguna bagi UMKM untuk beradaptasi dan berkembang di era bisnis digital
References
Abdurrahman, A. (2020). Digital Marketing: Strategi Memperkenalkan Produk di Era Digital. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 45-57.
Adi, H. P., & Sari, R. (2021). Penerapan Branding dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 85-94. https://jurnal.itscience.org/index.php/dst/article/view/3636
. Alif, M. (2019). Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 5(3), 78-90. https://jurnalbima.id/index.php/masarin/article/download/197/146/
Arif, M. Y. (2021). Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Penjualan UMKM. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), 100-112 https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/addiwan/article/download/997/665/3327
Devi, P. (2020). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Branding Produk UMKM Jurnal Komunikasi Bisnis, 6(1), 32-45. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/J IMB/article/download/16497/5203
Djuwanto, A. (2022). Pemberdayaan UMKM melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 12-20 https://ojs.ideanusa.com/index.php/IAJ/article/view/126
Firmansyah, A. (2019). Implementasi Strategi Digital Marketing pada UMKM di Indonesia. Jurnal Bisnis Modern, 10(4), 23-37https://journal.unimar
Fitria, D. (2021). Peranan Digital Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis , 14(3), 56- 66. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/3293
Hasan, A. R. (2020). Dampak Pelatihan Digital Marketing terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen, 11(2), 90 -105.. https://journal.ukmc.ac.id/index.php/jkb/article/download/316/417/2190
Kurniawan, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 15-25. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/abdipraja/article/view/3602
Lestari, R. (2022). Optimalisasi Media Sosial untuk Branding Produk UMKM. Jurnal Pemasaran, 15(3), 112-125. https://ejurnal.stpkat.ac.id/index.php/jpkm/article/view/183
Putra, A. (2021). Transformasi Digital pada UMKM: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi dan Inovasi, 4(2), 22-35. https://journal.civiliza.org/index.php/jess/article/download/150/150/598
Rahayu, S. (2020). Studi Kasus Penerapan Digital Marketing pada UMKM di Jakarta. Jurnal Ekonomi, 18(2), 44-56. https://journal.unilak.ac.id/index.php/nia/article/download/15295/5835/
Rahman, I. (2021). Keterampilan Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Bisnis, 20(1), 34-50. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Digital/article/download/2512/2066/7658
Salma, I. (2020). Peran Pelatihan dalam Pengembangan UMKM di EraDigital. Jurnal Sosial, 10(1), -27 https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/18514/ 10329
Santosa, H. (2019). Pemasaran Digital: Kunci Sukses UMKM di Era Globalisasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(4), 112-124. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/558967 - manajemen-umkm-konsep-dan-strategi-di-er-16a4e769.pdf
Setiawan, R. (2021). Dampak Digital Marketing pada Pemasaran UMKM di Indonesia. Jurnal Pemasaran Modern, 5(2), 87-95. https://ukitoraja.id/index.php/semnas/article/download/2/2/72
Siti, N. (2020). Inovasi Branding untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7(1), 50-64. https://journal.ummat.ac.id/journals/9/articles/12673/public/12673-45929-3-PB.pdf
Utami, D. (2021). Keterampilan Digital sebagai Modal Utama UMKM di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 90-100. https://www.tnp2k.go.id/download/62816Buku_Pemetaan%20Program%20Pemberdayaan%20Usaha%20Mikro,%20Kecil,%20dan%20Menengah%20(UMKM).pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alsya Puteri Pradanti, Rusdi Hidayat N.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


