Optimalisasi Promosi Serta Branding Produk Pada UMKM Jamu Seger Melalui Pengembangan Digital Marketing

Authors

  • Cynarawita Firjatullah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ety Dwi Susanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digital Marketing, Branding Produk, Promosi, Pelatihan, Pendampingan

Abstract

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran secara online atau melalui media digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi UMKM dalam Optimalisasi Promosi serta Branding Produk pada UMKM melalui pengembangan digital marketing guna meningkatkan penjualan produk UMKM, khususnya UMKM Jamu Seger. UMKM Jamu Seger belum memanfaatkan potensi digital marketing secara maksimal  karena  sering  kali  harus mengelola  beberapa faktor  lain,  maka  hal  ini merupakan tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat untuk mengedukasi UMKM. Hasil dari kegiatan ini adalah UMKM menerima materi pelatihan dan pendampingan secara langsung untuk branding produk. Manfaat dari dukungan ini antara lain pelaku UMKM dapat mempromosikan  produk  mereka melalui  foto  produk  yang  lebih  menarik  sebagai  bahan promosi serta foto katalog produk sebagai upaya memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka

References

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96-102.

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., ... & Arum, D. P. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740-746.

Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, M. D., & Hidayati, L. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(2), 144-159.

Astuti, A., Mane, A. A., & Saleh, M. Y. (2023). Peran Perkembangan Teknologi Digital Terhadap Strategi Pemasaran Dan Distribusi Umkm Kota Makassar. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 175-180.

Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88).

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing.

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 45-48.

Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2).

Maretno, S., & Marlini, M. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi perpustakaan. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 58-71.

Marlina, L., Ardiana, D. P. Y., Rini, N. K., Novianti, A., Srisusilawati, P., Yuniati, U., ... & Pujianto, D. (2020). Digital Marketing. Meizary, A., & Magdalena, B. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada

Produk Umkm Dapoer Ibu Hayra. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 85-92.

Muhammad, B. L. S., & Utami, T. L. W. (2023, August). Penerapan pemasaran digital sebagai media promosi. In UMMagelang Conference Series (pp. 501-508).

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24-31.

Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29-37.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. Prosiding Ekonomi Kreatif Di Era Digital, 1(1).

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109-118.

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis pengaruh pemasaran digital (digital marketing) terhadap brand awareness pada e-commerce. Jurnal Manajerial, 12(2), 198.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Firjatullah, C., & Susanti, E. D. (2025). Optimalisasi Promosi Serta Branding Produk Pada UMKM Jamu Seger Melalui Pengembangan Digital Marketing . Jurnal Sinabis, 1(5), 1544–1553. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/320

Issue

Section

Articles