Implementasi Penyuluhan Digital Marketing pada UMKM Sektor Food and Beverage di Kelurahan Klampis Ngasem

Authors

  • Jovita Roseina Nariswari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Penyuluhan, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Kemajuan teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan tidak bisa dihindari, akan selalu ada inovasi baru yang diciptakan dengan tujuan untuk membantu berbagai aktivitas manusia. Penggunaan internet memang sangat membantu dan meringankan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari terutama untukpemberdayaan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki usaha. Masyarakat di Kelurahan Klampis Ngasem sendiri tentunya sudah memahami sedikit banyak penggunaan dan   manfaat   dari   internet,  namun   masih   banyak   juga masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang kurang memahami betul manfaat dari kemajuan teknologi saat ini, khususnya dalam penjualan produk mereka. Hal ini menjadi hambatan bagi pelaku usaha yang ada di Kelurahan Klampis Ngasem dalam mengembangkan pangsa pasar mereka. Maka dari itu dibutuhkan penyuluhan kepada para peserta terutama  pelaku UMKM  mengenai  pentingnya digitalisasi promosi, branding usaha   dan   ekonomi kreatif untuk menemukan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan usahanya di era industri baru saat ini. Pemanfaatan media sosial dan e-commerce memang   dapat   memberikan   kemudahan   dalam   proses promosi dan jual beli yang dilakukan oleh para UMKM untuk memasarkan produknya serta dapat meminimalkan biaya. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini adalah pelaku UMKM di Kelurahan Klampis Ngasem dapat menerapkan digital marketing untuk mengoptimalkan peningkatan penjualan produknya

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Aditia, N, N., Martha, I., Wardaya, W., (2023). Penerapan digital branding dalam optimalisasi peningkatan penjualan produk UMKM olahan Bunda Hamiz di Kelurahan Klampis Ngasem. Kacanegara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,6(4). https://ejournals.itda.ac.id/index.php/KACANEGA RA/article/view/1724

Aisyafah, O. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Podomoro Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Repositori UIN Raden Intan, Teknologi Pengajaran, 30. https://repository.radenintan.ac.id/1947/

Febriani, R. (2021). Penyuluhan Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Keripik Ciping Desa Sukawana Curug Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 194–202. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i2.1551

Giri, R, C., Anwar, S., Yuningsih, E., dkk. (2023). Pemanfaatan Branding dan E-Commerce Sebagai Digital Marketing Pada Usaha Mikro Krcil Menengah (UMKM). J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5). https://www.mendeley.com/catalogue/65f7bcff-9d4a-33f1-b8bd-9da63e9b6dd3/

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2),120–125. https://doi.org/10.25047/jdinamika.v4i2.1133

Ikhsana, P. D., Prisanto, G. F., & Anggraini, R. (2019). Penerapan Strategi E-Marketing Communication Dan Ekuitas Merek Siaranku.Com Terhadap Loyalitas Viewers. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 58. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.217

Izzalqurny, T, R., Permatasari, F, P., Nawangwulan, G, A., Anitsa, D. (2022). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Strategi Online marketing di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(2), 138-147. https://www.mendeley.com/catalogue/00fd5679- c244-38af-a600-27261ab89eed/

Juliana., Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. NEM. https://books.google.co.id/books?id=pZ8CEAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=fals

Khairusy, M. A. (2021). Pengemasan Produk Sebagai Upaya Pengembangan pemasaran Industri Kerupuk Emping (Kruping) Studi Observasi Kp. Cilowong. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 112–123. http://ejournal.lppmunbaja.ac.id/index.php/jmb/ article/view/1209

Langga, L., & Se, H. (2022). Pelatihan Manajemen Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan Kota Baru Kabupaten Ende. RESONA Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat , 06 (1), 48-54.

Lie, D., Siregar, R. T., Efendi, E., Inrawan, A., & Halim, F. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar. Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8. https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/35211

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2),119-130. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/ar ticle/view/844

Nilma, Nuzulah, R., & Mardika, P. D. (2020). Penyuluhan Tentang Kewirausa-haan Melalui Media Sosial Kepada Ibu-Ibu Pkk Di Wilayah Kelurahan Abadijaya, Sukamaja, Depok. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat , 03 (01), 101-106. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/ article/view/3241

Prabowo, W, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/m ar/article/view/21152

Robbani, M. R. (2021). Srategi Promosi Pada Sundara Coffee Space Bandung Melalui Media Sosial Instagram Di Tengah Pandemi Covid-19. Repository Universitas Pasundan. https://repository.unpas.ac.id/53678/

Rezky, S,F., R. Hamdani., D. Suherdi., K. Erwansyah., E. F. Ginting., and P. B. N. Simangunsong. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri,” Abdimas Iptek, 1(1). .39–44, https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/adbim asiptek/article/view/3381

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2),1–189. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952

Sari, W. E., Yulianto, Y., Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video Branding untuk Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10-18. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/articl e/view/7174

Sholikhatin, S. A., Fitrianingsih, W., & Dhiyaulhaq, S. (2021). Pelatihan Digital Marketing bagi Anggota Nasyiatul Aisyiyah Purbalingga dalam Menghadapi Era Pasar Global dan Pengembangan Industri Kreatif. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 849-854. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/articl e/view/5395

Susanto, B., Hadainto, A., Chariri, F, N., dkk. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47. https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/4244/2013

T. Rahman and Y. Nurdian, (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no.3, pp. 645–650. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/ article/view/4727

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran melalui Pelatihan Whatsapp Business pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2),137-148. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/ article/view/362

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Nariswari, J. R., & Azizah, N. (2025). Implementasi Penyuluhan Digital Marketing pada UMKM Sektor Food and Beverage di Kelurahan Klampis Ngasem . Jurnal Sinabis, 1(5), 1554–1560. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/321

Issue

Section

Articles