Implementasi Penyuluhan Digital Marketing pada UMKM Sektor Food and Beverage di Kelurahan Klampis Ngasem
Keywords:
Penyuluhan, Digital Marketing, UMKMAbstract
Kemajuan teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan tidak bisa dihindari, akan selalu ada inovasi baru yang diciptakan dengan tujuan untuk membantu berbagai aktivitas manusia. Penggunaan internet memang sangat membantu dan meringankan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari terutama untukpemberdayaan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki usaha. Masyarakat di Kelurahan Klampis Ngasem sendiri tentunya sudah memahami sedikit banyak penggunaan dan manfaat dari internet, namun masih banyak juga masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang kurang memahami betul manfaat dari kemajuan teknologi saat ini, khususnya dalam penjualan produk mereka. Hal ini menjadi hambatan bagi pelaku usaha yang ada di Kelurahan Klampis Ngasem dalam mengembangkan pangsa pasar mereka. Maka dari itu dibutuhkan penyuluhan kepada para peserta terutama pelaku UMKM mengenai pentingnya digitalisasi promosi, branding usaha dan ekonomi kreatif untuk menemukan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan usahanya di era industri baru saat ini. Pemanfaatan media sosial dan e-commerce memang dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi dan jual beli yang dilakukan oleh para UMKM untuk memasarkan produknya serta dapat meminimalkan biaya. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini adalah pelaku UMKM di Kelurahan Klampis Ngasem dapat menerapkan digital marketing untuk mengoptimalkan peningkatan penjualan produknya
References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Aditia, N, N., Martha, I., Wardaya, W., (2023). Penerapan digital branding dalam optimalisasi peningkatan penjualan produk UMKM olahan Bunda Hamiz di Kelurahan Klampis Ngasem. Kacanegara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,6(4). https://ejournals.itda.ac.id/index.php/KACANEGA RA/article/view/1724
Aisyafah, O. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Podomoro Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Repositori UIN Raden Intan, Teknologi Pengajaran, 30. https://repository.radenintan.ac.id/1947/
Febriani, R. (2021). Penyuluhan Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Keripik Ciping Desa Sukawana Curug Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 194–202. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i2.1551
Giri, R, C., Anwar, S., Yuningsih, E., dkk. (2023). Pemanfaatan Branding dan E-Commerce Sebagai Digital Marketing Pada Usaha Mikro Krcil Menengah (UMKM). J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5). https://www.mendeley.com/catalogue/65f7bcff-9d4a-33f1-b8bd-9da63e9b6dd3/
Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2),120–125. https://doi.org/10.25047/jdinamika.v4i2.1133
Ikhsana, P. D., Prisanto, G. F., & Anggraini, R. (2019). Penerapan Strategi E-Marketing Communication Dan Ekuitas Merek Siaranku.Com Terhadap Loyalitas Viewers. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 58. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.217
Izzalqurny, T, R., Permatasari, F, P., Nawangwulan, G, A., Anitsa, D. (2022). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Strategi Online marketing di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(2), 138-147. https://www.mendeley.com/catalogue/00fd5679- c244-38af-a600-27261ab89eed/
Juliana., Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. NEM. https://books.google.co.id/books?id=pZ8CEAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=fals
Khairusy, M. A. (2021). Pengemasan Produk Sebagai Upaya Pengembangan pemasaran Industri Kerupuk Emping (Kruping) Studi Observasi Kp. Cilowong. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 112–123. http://ejournal.lppmunbaja.ac.id/index.php/jmb/ article/view/1209
Langga, L., & Se, H. (2022). Pelatihan Manajemen Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan Kota Baru Kabupaten Ende. RESONA Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat , 06 (1), 48-54.
Lie, D., Siregar, R. T., Efendi, E., Inrawan, A., & Halim, F. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Alternatif Pemasaran 4.0 Bagi Pelaku UKM Ulos Di Kota Pematangsiantar. Glow: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8. https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/35211
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2),119-130. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/ar ticle/view/844
Nilma, Nuzulah, R., & Mardika, P. D. (2020). Penyuluhan Tentang Kewirausa-haan Melalui Media Sosial Kepada Ibu-Ibu Pkk Di Wilayah Kelurahan Abadijaya, Sukamaja, Depok. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat , 03 (01), 101-106. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/ article/view/3241
Prabowo, W, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/m ar/article/view/21152
Robbani, M. R. (2021). Srategi Promosi Pada Sundara Coffee Space Bandung Melalui Media Sosial Instagram Di Tengah Pandemi Covid-19. Repository Universitas Pasundan. https://repository.unpas.ac.id/53678/
Rezky, S,F., R. Hamdani., D. Suherdi., K. Erwansyah., E. F. Ginting., and P. B. N. Simangunsong. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri,” Abdimas Iptek, 1(1). .39–44, https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/adbim asiptek/article/view/3381
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2),1–189. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article/view/1952
Sari, W. E., Yulianto, Y., Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video Branding untuk Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10-18. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/articl e/view/7174
Sholikhatin, S. A., Fitrianingsih, W., & Dhiyaulhaq, S. (2021). Pelatihan Digital Marketing bagi Anggota Nasyiatul Aisyiyah Purbalingga dalam Menghadapi Era Pasar Global dan Pengembangan Industri Kreatif. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 849-854. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/articl e/view/5395
Susanto, B., Hadainto, A., Chariri, F, N., dkk. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47. https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/4244/2013
T. Rahman and Y. Nurdian, (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no.3, pp. 645–650. https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/ article/view/4727
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran melalui Pelatihan Whatsapp Business pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2),137-148. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/dedication/ article/view/362
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jovita Roseina Nariswari, Nurul Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


