Transformasi Promosi UMKM Melalui E-Katalog Di Kelurahan Manyar Sabrangan
Keywords:
Strategi Pemasaran Digital, E-Katalog, UMKM, Kode QR, Peningkatan EfisiensiAbstract
Indonesia, dengan populasi sekitar 270 juta jiwa, memiliki potensi besar untuk mengembangkan perekonomian melalui pemanfaatan optimal sumber daya yang ada. Meskipun demikian, tantangan dalam memperkuat perekonomian masih signifikan, terutama di tengah pesatnya perkembangan teknologi 4.0 yang mempengaruhi penyebaran informasi. Di era ini, strategi pemasaran digital menjadi kunci penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi UMKM yang masih banyak menggunakan metode pemasaran tradisional. Berdasarkan hasil observasi, banyak UMKM menghadapi kendala dalam mengadopsi pemasaran digital karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di RW 03, Kelurahan Manyar Sabrangan, Surabaya, dengan tujuan membantu UMKM beralih ke pemasaran digital melalui pembuatan e-katalog yang dapat diakses menggunakan QR code. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dengan pendekatan berbasis komunitas. Tahapan kegiatan meliputi pengumpulan data produk, pembuatan desain e-katalog menggunakan perangkat digital, serta pendampingan dalam penggunaan e- katalog oleh UMKM. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas penggunaan e-katalog oleh para pelaku UMKM. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan efisiensi operasional dan perluasan jangkauan pasar bagi UMKM. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam memperkuat posisi UMKM melalui strategi promosi yang lebih efektif, serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam hal pengelolaan usaha dan pemasaran digital
References
R. R. Wijayanti, O. A. (2022). peningkatan Pemasaran Produk Melalui Pelatihan e-Katalog dan Peningkatan Kesadaran Kesehatan Lingkungan Kerja di Kelompok Tani Kopi Sumber Kembang. 456–460. https://doi.org/10.25047/j- dinamika.v7i3.3528
A. Zamhari, D. R. (2023). Peran Kewirausahaan Di Era Globalisasi Dalam Memajukan Perekonomian Di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Indonesia 954, 953–962. Diakses Dari https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.250
Alfandi, M. R. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai e-Katalog Dalam Meningkatkan Visibilitas Dan Kehadiran Toko Zaidan di Dunia Digital. 567-573. Diakses Dari https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/725/383/2721
Aprianto, N. (2021). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Bisnis. International Journal Administration, Business and Organization (IJABO), 8-15. https://doi.org/10.61242/ijabo.21.152
Ariescy, R. M. (2021). Inovasi Pemasaran Produk UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing. 418–432. Diakses Dari https://jim.usk.ac.id/EKM/article/view/17276
Bangun, C. &. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah). ADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 89-98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826
F. Diani and F. Lubis. (2022). Analisis Implementasi E- Katalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam Mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah. 1970–1981. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/5794
Endarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. 25-43. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/download/209/214
Fajri, A. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Pembangunan Ekonomi. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 105-112. Diakses Dari https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/iqtishodiyah/article/view/619/493
Faujianto, S. I. (2023). Pengaruh Efisiensi Pemesanan, Kemudahan Pemasaran, dan Penetapan Harga Pada Penggunaan E-Katalog Terhadap Perkembangan UMKM Di Kabupaten Magetan. 33-45. https://doi.org/10.33319/jamer.v4i1.96
Mariam, S. &. (2022). Pengenalan Digital Marketing E- Katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur. 74-83. Diakses Dari https://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks/article/view/2429/1093
Nurdiansyah, D. M. (2024). Penguatan Brand Awareness Melalui Good Visual E-Katalog Marketplace Pada Pelaku UMKM di Desa Tamansari Bogor. Diakses Dari https://doi.org/10.47861/jipmnalanda.v2i3.1175
Suryono, A. R. (2022). E-Katalog Dalam Pemasaran Barang/Jasa Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Masa Pandemi Covid-19. 66-69. Diakses Dari https://doi.org/10.47134/comdev.v2i2.33
Zurani, I. M. (2022). Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Di Bidang Digital Marketing. Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Di Bidang Digital Marketing, 3118–3132. https://doi.org/10.37385/msej.v3i5.1135
Deni Amelia, F. S. (2024). Strategi Digital untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Kelurahan Jati Timur. Community Service Journal, 32-36. Diakses Dari https://doi.org/10.61536/konsienti.v2i01.43
Sari, N. (2023). Digitalisasi UMKM: Tantangan dan peluang di era pandemi. Jurnal Penelitian dan Edukasi, 2(1), 14-22. Diakses Dari
Sari, N. (2023). Strategi digitalisasi UMKM: Studi kasus di desa Domas. Jurnal Aspirasi, 5(2), 867-879.
Ahmad Wahyu Rafsan Zani1*, M. D. (2022). Website E- Katalog Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Desa Nglebak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 92-99. Diakses Dari https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.61
Ika Putri Maharani, L. M. (2024). Pemanfaatan e-katalog berbasis digital marketing pada budidaya tambak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 478-488. Diakses Dari https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22029
Wimpi Srihandoko, A. M. (2023). Pelatihan Pembuatan E- Katalog Sebagai Media Penjualan Online Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kampung Cincau Keluharan Gudang Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi kesatuan, 67-70. Diakses Dari https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.2424
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bobby Dewantoro Setyonugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


