Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Literasi Digital: Studi Pustaka Implementasi Pendampingan Transformasi Pemasaran Digital di Desa-Desa Terpencil
Keywords:
Literasi Digital, Pemasaran Digital, Desa TerpencilAbstract
Dalam memajukan dan meratakan kesejahteraan masyarakat, pengembangan UMKM dapat menjadi solusi yang menguntungkan lingkungan sekitarnya. Di sisi lain, dinamisnya perkembangan teknologi memaksa hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, terutama pada UMKM untuk melakukan tranformasi digital untuk mempertahankan eksistensinya ditengah-tengah masyarakat. Selain itu, pemasaran digital dapat meningkatkan efektivitas kerja pemasaran itu sendiri. Terdapat beragam cara pengabdian masyarakat dalam meningkatkan literasi digital terutama pada pemasaran digital, maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merangkum dan memaparkan beragam kondisi daerah terpencil, hambatan yang dialami UMKM di daerah tersebut, hingga strategi yang sesuai dengan masing-masing kondisi daerah. Penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan sumber data berdasarkan studi literatur
References
BR Siboro, D. R., Prasetya, H. A., Oktavianti, M. E., Maysalwa, F. A., & Az Zahra, A. N. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Marning sebagai Produk Lokal Unggulan. Jurnal Bina Desa, 5(1), 96–104. https://doi.org/10.15294/jbd.v5i1.41402
Supriatna, T., Juhandi, D., & Rasipan, R. (2022). Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 167–178. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.481
Muhammad, F., & Yosefin, Y. (2021). Peran Kearifan Lokal Pada Pendidikan Karakter Dimasa Pandemi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan & Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 519–528. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.508
Rachmawati, D., Afrianti, R., & Lianardo, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital bagi UMKM Desa Tridaya Sakti sebagai wujud literasi digital UMKM di Kabupaten Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 30–38. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1304
Aini, A. I., Khaudli, M. I., & Suprapto, R. (2018). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pemasaran Wisata Kuliner Jajanan Tradisoional di Desa Cantuk Kabupaten Banyuwangi. ENGAGEMNT; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 168–175. http://engagement.kopertais4.or.id/index.php/engage ment/issue/view/4
Rizki, S. M., Hakim, M., Lestari, A., Ningrum, S., & Karaihandak, W. (2025). Strategi Pemasaran UMKM di Desa Lubuk Enau Melalui Media Banner dan Google Maps. 7(1), 78–83.
Cahyono, K. E., & Suryawirawan, O. A. (2021). Pelatihan Pengelolaan Persediaan, Pemasaran Dan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(2), 122–126. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i2.a2685
Sifa Ni, R., Martinda Lestari, D., Purnama Nur, S., Lutfy Hidayat, D., Rahman, A., & Bina Bangsa, U. (2024). Pengembangan Strategi Pemasaran Digital Untuk Umkm Di Desa Baros Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 4(3), 180–189. https://doi.org/10.53067/icjcs.v4i3
Nurhalimah, N., Darmawan, R. N., & Kanom, K. (2021). Bimbingan Teknis Digitalisasi Promosi Berbasis Website dan Media Sosial Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Angin Desa Pakel Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 223–230. https://doi.org/10.54082/jamsi.74
Sugama, A., Johandri, J., Rahman, R., & Karimah, S. A. (2024). Pemanfaatan Teknologi IPUSNAS untuk Memperkuat Literasi Digital di Masyarakat Desa Rancabungur. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 82–89. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.746
Irawan, E. (2023). Literature Review : Literasi Digital , Literasi Ekonomi , Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(4), 30–41.
Demmanggasa Yultan, Sabilaturrizqi Mashudah, Kasnawati, Mardikawati Budi, Ramli Akhmad, & Arifin Nofri Yudi. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan. Community Development Journal, 4(5), 11158–11167.
Sujono, S., Sufaidah, S., Munawarah, M., Hasanah, H., Mujahidin, R. A., Sulvani, F. M., & Khasanah, U. U. (2023). Pelatihan Desain Kemasan dan Sosialisasi Penjualan Kripik Tempe Melalui Media Digital. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 138–144. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i3.4221
Hilmiana, H., & Kirana, D. H. (2021). Peningkatan Kesejahteraan Umkm Melalui Strategi Digital Marketing. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388
Laila Azkia, Resky P, dan A. (2021). This is an open access article under the CC–BY-SA license. 1(2), 86–95.
Amalia, A. P., & Farida, S. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Aneka Dodolan Kauman Di Kota Blitar Utilization Of Instagram Social Media As A Promotional Media For Aneka Dodolan Kauman In Blitar City. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–114.
Hariyono, S. P., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing (Studi Kasus UMKM Dapur Mommy, Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar). Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(3),81–90. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jphm- widyakarya/article/view/1001
Vania Regita Lailia, & Jojok Dwiridotjahjono. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma. Jurnal of Management and Social Sciences,1(2), 01–10. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i2.161
Ramadhani, M. F., Artikel, H., & Mojo, K. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM melalui Digital Marketing Pada Keripik Pisang Banna-Qu. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 153–158. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4297
Holis, M. N., Purnomo, E., Yuliandari, N. K., & Utami, K. R. (2024). Jurnal Pengabdian Pelatihan Dalam Penyusunan Strategi Pemasaran Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Di Desa Segobang Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. 2, 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luthfiyah Qurrotul Aini, Nurhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


