Optimalisasi Sosial Media Sebagai Penunjang Digital Marketing UMKM

Authors

  • Ardila Mutiarasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurhadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digital Marketing, Sosial Media, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan media sosial telah mengubah cara pemasaran, namun banyak UMKM yang belum memanfaatkan potensi ini secara optimal. Banyak UMKM yang belum memanfaatkan media sosial secara optimal karena kurangnya pengetahuan dan edukasi tentang digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran. Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM tentang strategi digital marketing, teknik pembuatan konten yang menarik, dan pengelolaan akun media sosial secara optimal, khususnya Instagram. Dengan diberikannya sosialisasi, pelatihan  dan  pendampingan,  pelaku  UMKM  dapat memahami teknik pembuatan konten yang menarik dan strategi pemasaran melalui Instagram. Selain itu, UMKM mulai mampu mengelola akun Instagram secara mandiri dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk mendukung promosi produk secara online. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelola UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana digital marketing. Diharapkan pelatihan serupa dapat menginspirasi pelaku UMKM lain untuk dapat bersaing di era digital saat ini. Untuk penelitian selanjutnya, pendekatan pengabdian masyarakat perlu menyentuh aspek pengembangan lebih komprehensif strategi digital marketing UMKM.

References

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 77-88. https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOI NS/article/view/47

Cicik Harini, H. S. (2021). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Digital Marketing pada UMKM Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 90-96. https://pdfs.semanticscholar.org/7ac4/a2d87ee243be88ecb9df6cb56e58d48d0112.pdf

Dimas Sasongko, I. R. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 92-96. https://journal.trunojoyo.ac.id/pangabdhi/article/vie w/7809

Gellysa Urva, M. P. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. Abdine: Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat, 56-61. https://www.academia.edu/download/90372070/pdf. pdf

Hamida Syari Harahap, N. K. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 77-85. https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/articl e/view/301

I Wayan Willy Mustika, S. B. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMK/article/view/1716

Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. JURNAL PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 253-266. https://scholar.archive.org/work/l55wzqcvojdz3bcpmtowksliy4/access/wayback/http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/plakat/article/downl oad/8955/pdf

M. Habibullah Arief, E. D. (2023). Implementasi Digital Marketing Melalaui Periklanan Media Sosial untuk Mendukung Visibilitas Produk UMKM. Communnity Development Journal, 7381-7389. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/18874

Mira Veranita, L. A. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UKMM di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 89-96. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/arti cle/view/590

Mujianto Silajadja, P. M. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 88-100. https://jurnaluniv45sby.ac.id/index.php/Cakrawala/a rticle/view/1001

Nina Oktarina, J. W. (2019). Penguatan UMKM Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh Purwodadi. Jurnal ABDIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 170-174. https://journal.unnes.ac.id/nju/abdimas/article/view/17952

Ranti Eka Putri, M. W. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 667-675. http://www.jurnal.politeknik- kebumen.ac.id/jurpikat/article/view/1550

Ricky Noor Permadi, M. R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 15-29. https://www.academia.edu/download/101861389/pd f_67.pdf

Robby Aditya, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 96-102. http://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/jppmi/article/vie w/386

Romy Aulia, D. Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Sarana Promosi dan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 41-46. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/view/587

Roni Rizani, D. U. (2024). Pemanfaatan Foto sebagai Media Promosi untuk UMKM Studi Kasus Palembang Harum. J-AbdiJurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 485-491. https://bajangjournal.com/index.php/J- ABDI/article/view/8475

Sankist Herdiyani, C. S. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis [JAB], 103-121. https://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdminist rasiBisnis/article/view/5878

Silvester Dian Handy Permana, M. C. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Promosi bagi Kelangsungan UMKM. Journal Community Development And Society, 1-10. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/1649

Silvia Maylinda, I. P. (2021). Optimalisasi Integrated Digital Marketing Dalam Strategi Pemasaran UMKM Imago Raw Honey. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 521-533. https://www.academia.edu/download/85474411/4232.pdf

Siti Mariam, A. H. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul untuk Peningkatan Pemasaran UMKM di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 379-390. http://icjcs.esc- id.org/index.php/home/article/view/149

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Mutiarasari, A., & Nurhadi. (2025). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Penunjang Digital Marketing UMKM . Jurnal Sinabis, 1(6), 1596–1602. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/327

Issue

Section

Articles