Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Penerapan Fotografi Produk Berbasis
Keywords:
Kecerdasan buatan, UMKM, fotografiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan fotografi produk berbasis kecerdasan buatan (AI) terhadap peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) "Street Tea" di Surabaya. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, UMKM ini diberikan pelatihan mengenai teknik fotografi produk menggunakan AI. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada kualitas visual produk setelah penerapan teknologi AI. Hal ini tercermin dari peningkatan estetika, konsistensi, dan profesionalisme tampilan produk. Dengan demikian, diharapkan UMKM "Street Tea" dapat menarik minat konsumen yang lebih luas dan memperkuat citra mereknya. Dengan demikian, diharapkan UMKM ini dapat meningkatkan daya saingnya di pasar dan memperluas jangkauan konsumen
References
Aji, F. I., Santoso, S., & Saari, F. A. (2018). Analisis Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Perusahaan Kecil Menengah Di Industri Kreatif. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3). https://ejournal.upi.edu/index.php/jtiik/articl e/view/14198
Khrisna, S. H. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Produk Sebagai Intervening Variable Pada Umkm Di Kota Malang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 20(2), 77. https://doi.org/10.9744/jmk.20.2.77-88
Maulia, E. (2017). Determinan Partisipasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pariwisata Dan Peran Komunalitas Lokal Dalam Peningkatan Daya Saing (Studi Kasus Desa Wisata Kelok-Sinden Di Kabupaten Kulonprogo). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1). https://ejournal.its.ac.id/index.php/JSST/arti cle/view/9470
Juniwati, M. E., & Wardhani, L. (2017). Analisis Peran Pemasaran Mix Dalam Meningkatkan Daya Saing Usahatani Jagung Di Kabupaten Cilacap. Jurnal Manajemen Agribisnis, 14(3), 269. https://doi.org/10.17358/jma.14.3.269
Halim, R. A., & Handayani, P. W. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada UMKM Kuliner Kopi Gembira Di Kecamatan Lowokwaru Malang. E-Journal Administrasi Bisnis (EJAB), 5(4). https://ejournal.unair.ac.id/EJ- ADMIN/article/view/5037
Hamid, M., & Istanti, A. Y. (2020). Analisis Faktor Penentu Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Batik Di Kota Tegal. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(1), 1-11. http://journal.uin- suska.ac.id/index.php/jab/article/view/13504
Basuki, I. J., Djumilah, D. P., & Muslih, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Batik Tulis Di Kabupaten Ngawi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 59(1), 127-134. http://journal.uinsuska.ac.id/index.php/jab/article/view/12031
Herawati, D., & Noermijati, N. (2020). Dampak Penerapan Teknologi Digital Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surakarta. Journal of Technology Management And Business, 3(1), 47. https://journal.unipma.ac.id/index.php/jtbm/ article/view/1530
Herdiana, P., & Prasetiyo, B. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Loyalitas Konsumen
(Studi Kasus pada UMKM Kuliner di Kabupaten Sleman). Jurnal Inovasi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 93-98. https://journal.unisbank.ac.id/index.php/jum bia/article/view/2754
Purnamadewi, R., Prabowo, H., & Susilowati, E. (2018). Membangun Strategi Pemasaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jom Fisip, 5(1). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jomfisip/article/view/14190
Kholifah, R. A., & Azwar, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM Kuliner Di Kota Blitar. Agora, 7(1), 30-40. https://ojs.unib.ac.id/index.php/agora/article/view/1765
Syam, H. M. (2018). Tinjauan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Bisnis, 56(2), 128-136. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/jab/article/view/6246
Pratiwi, A. I., Ruslan, R., & Supriyanto. (2017). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Way Kanan. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(2), 1-12.
Afriani, D., Utami, H., & Anstiaswati. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Produk Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM Kuliner Kota Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 161-169. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmp/articl e/view/30315
Mahendra, A. H., Ghozali, I., & Handayani, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen (Studi pada UMKM Kuliner di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 1-10. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jmp/articl e/view/24373
Wirda, H. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner di Kota Jember. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, 20(2), 96-105. https://doi.org/10.17509/jsti.v20i2.11513
Ahmadi, A. H. (2019). Analisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 2(1), 27- 39. https://ejournal.unismi.ac.id/index.php/jiep/ article/view/188
Yulianto, E., & Ruhul, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kuliner di Kota Tegal. Jurnal Manajemen dan Agribisnis, 14(3), 186-198. https://doi.org/10.17358/jma.14.3.186
Wardani, D. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Kuliner Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 1-14. https://ejournal.unpam.ac.id/index.php/jurna l-ebi/article/view/15644
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azzahra Putri Purnama, Nurhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


