Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Digital UMKM Bibit Tanaman Buah di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo

Authors

  • Galuh Onny Safitri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R. Yuniardi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Bibit Tanaman Buah, Hortikultura, Media Social, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digitalisasi yang semakin pesat, membuat seluruh sektor bisnis dituntut untuk bisa beradaptasi dan menjadi bagian dari revolusi industri saat ini. Pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial menjadi aspek yang penting untuk dilakukan para pelaku usaha agar dapat memperluas jangkauan pasar   dan   meningkatkan   penghasilan.   UMKM   Iron   Bibit   Tanaman   Buah belum memanfaatkan kemajuan teknologi dalam sistem pemasarannya karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, maka dari itu tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pemasaran digital serta meningkatkan keterampilan UMKM Iron Bibit Tanaman Buah untuk melakukan pemasaran digital melalui media sosial. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil dari kegiatan ini adalah UMKM Iron Bibit Tanaman Buah mendapatkan pendampingan dan pelatihan  terkait  pemanfaatan  penggunaan  media  sosial  Instagram  dan  TikTok  sebagai sarana pemasaran digital. Penerapan pemasaran digital melalui media sosial ini efektif dalam mengembangkan UMKM Iron Bibit Tanaman Buah, dengan dampak yang dirasakan berupa mulai dikenalnya UMKM Iron Bibit Tanaman Buah melalui media sosial

References

Afkarina, I. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Bibit Buah Alpukat pada UD. Jaya Makmur Tani Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/31419/1/IZZA%20AFKARINA_E20192291.pdf

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2018). Statistik Tanaman Buah-buahan dan Sayuran Tahunan Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik Indonesia.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2015). Analisis Rumah Tangga Usaha Hortikultura di Indonesia Hasil Survei Rumah Tangga Usaha Tanaman Hortikultura Tahun 2014. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://media.neliti.com/media/publications/48581-ID-analisis-rumah-tanggausaha-hortikultura-di-indonesia-hasil-survei-rumah-tangga.pdf

Vika Azkiya Dihni. (2021). Indonesia Miliki 115 Perusahaan Hortikultura, Terbanyak di Jawa Timur. https://databoks.katadata.co.id/agroindustri/statistik/4cc727e417e3fb7/indonesia-miliki-115-perusahaan-hortikultura terbanyak-di-jawa-timur

Kementeriaan Koordinator Bidang Perekonomian. (2022). Kembangkan Kawasan Hortikultura Berorientasi Ekspor, Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional dan Daerah. Kementeriaan Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3966/kembangkan- kawasan-hortikultura-berorientasi-ekspor-untuk- mendukung-pertumbuhan-ekonomi-nasional-dan-daerah

Nadziroh, M. N. (2020). Peran Sektor Pertanian dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Magetan. Jurnal AGRISTAN, 2(1), 52-60. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/agristan/articl e/download/2348/1455

Ningrum, R., & Rahim, R. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Promosi pada UMKM. Remik: Riset Dan E- Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1403–1412. https://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12520

Nisfulaila, I., Bisriyah, M., & Jayanti, S. D. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Marketing untuk Pemasaran Hasil Panen Buah dan Bunga di Desa Bulukerto Kota Batu. Journal of Research on Community Engagement (JRCE), 4(2), 87-92. http://dx.doi.org/10.18860/jrce.v4i2.17835

Novianti, K. D. P. & Sukerti, N . K. (2023). Pemanfaatan Pemasaran Digital sebagai Media Penjualan Produk Pertanian Perkotaan oleh Kelompok Tani Empelan Terbin. Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 27-33. https://widyabhakti.stikom- bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/download/362/224

Program Studi Informatika. (2023). Tren Dunia Bisnis dengan Digitalisasi Bisnis dan Artificial Intelligence. Program Studi Informatika. https://tif.uad.ac.id/tren- dunia-bisnis-dengan- digitalisasi-bisnis-dan-artificial- intelligence/

Rahmat, A. & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/i ndex

Usmadi., Soeparjono, S., Harsanti, R. S., Dewanti, P., Restanto, D. P., & Putri, W. K. (2023). Sosialisasi Pengembangan Kampung Hortikultura di Kabupaten Probolinggo dan Lumajang. Papuma: Journal of Community Services, 1(1), 9-16.https://journal.unej.ac.id/papuma/article/view/638

Peni Widarti. (2022). Pengusaha Wanita Jatim Diajak Perkuat Hilirisasi UMKM Berbasis Hortikultura. https://surabaya.bisnis.com/read/20220824/531/1570159/pengusaha-wanita-jatim-diajak-perkuat-hilirisasi-umkm-berbasis-hortikulturan/ article/view/480/757

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Safitri, G. O., & Rusdianto, R. Y. (2025). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Digital UMKM Bibit Tanaman Buah di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo . Jurnal Sinabis, 1(6), 1609–1618. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/331

Issue

Section

Articles