Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Digital UMKM Bibit Tanaman Buah di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo
Keywords:
Bibit Tanaman Buah, Hortikultura, Media Social, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digitalisasi yang semakin pesat, membuat seluruh sektor bisnis dituntut untuk bisa beradaptasi dan menjadi bagian dari revolusi industri saat ini. Pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial menjadi aspek yang penting untuk dilakukan para pelaku usaha agar dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penghasilan. UMKM Iron Bibit Tanaman Buah belum memanfaatkan kemajuan teknologi dalam sistem pemasarannya karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, maka dari itu tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pemasaran digital serta meningkatkan keterampilan UMKM Iron Bibit Tanaman Buah untuk melakukan pemasaran digital melalui media sosial. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil dari kegiatan ini adalah UMKM Iron Bibit Tanaman Buah mendapatkan pendampingan dan pelatihan terkait pemanfaatan penggunaan media sosial Instagram dan TikTok sebagai sarana pemasaran digital. Penerapan pemasaran digital melalui media sosial ini efektif dalam mengembangkan UMKM Iron Bibit Tanaman Buah, dengan dampak yang dirasakan berupa mulai dikenalnya UMKM Iron Bibit Tanaman Buah melalui media sosial
References
Afkarina, I. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Bibit Buah Alpukat pada UD. Jaya Makmur Tani Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/31419/1/IZZA%20AFKARINA_E20192291.pdf
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2018). Statistik Tanaman Buah-buahan dan Sayuran Tahunan Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik Indonesia.
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2015). Analisis Rumah Tangga Usaha Hortikultura di Indonesia Hasil Survei Rumah Tangga Usaha Tanaman Hortikultura Tahun 2014. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://media.neliti.com/media/publications/48581-ID-analisis-rumah-tanggausaha-hortikultura-di-indonesia-hasil-survei-rumah-tangga.pdf
Vika Azkiya Dihni. (2021). Indonesia Miliki 115 Perusahaan Hortikultura, Terbanyak di Jawa Timur. https://databoks.katadata.co.id/agroindustri/statistik/4cc727e417e3fb7/indonesia-miliki-115-perusahaan-hortikultura terbanyak-di-jawa-timur
Kementeriaan Koordinator Bidang Perekonomian. (2022). Kembangkan Kawasan Hortikultura Berorientasi Ekspor, Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional dan Daerah. Kementeriaan Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3966/kembangkan- kawasan-hortikultura-berorientasi-ekspor-untuk- mendukung-pertumbuhan-ekonomi-nasional-dan-daerah
Nadziroh, M. N. (2020). Peran Sektor Pertanian dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Magetan. Jurnal AGRISTAN, 2(1), 52-60. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/agristan/articl e/download/2348/1455
Ningrum, R., & Rahim, R. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Promosi pada UMKM. Remik: Riset Dan E- Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1403–1412. https://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12520
Nisfulaila, I., Bisriyah, M., & Jayanti, S. D. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Marketing untuk Pemasaran Hasil Panen Buah dan Bunga di Desa Bulukerto Kota Batu. Journal of Research on Community Engagement (JRCE), 4(2), 87-92. http://dx.doi.org/10.18860/jrce.v4i2.17835
Novianti, K. D. P. & Sukerti, N . K. (2023). Pemanfaatan Pemasaran Digital sebagai Media Penjualan Produk Pertanian Perkotaan oleh Kelompok Tani Empelan Terbin. Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 27-33. https://widyabhakti.stikom- bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/download/362/224
Program Studi Informatika. (2023). Tren Dunia Bisnis dengan Digitalisasi Bisnis dan Artificial Intelligence. Program Studi Informatika. https://tif.uad.ac.id/tren- dunia-bisnis-dengan- digitalisasi-bisnis-dan-artificial- intelligence/
Rahmat, A. & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/i ndex
Usmadi., Soeparjono, S., Harsanti, R. S., Dewanti, P., Restanto, D. P., & Putri, W. K. (2023). Sosialisasi Pengembangan Kampung Hortikultura di Kabupaten Probolinggo dan Lumajang. Papuma: Journal of Community Services, 1(1), 9-16.https://journal.unej.ac.id/papuma/article/view/638
Peni Widarti. (2022). Pengusaha Wanita Jatim Diajak Perkuat Hilirisasi UMKM Berbasis Hortikultura. https://surabaya.bisnis.com/read/20220824/531/1570159/pengusaha-wanita-jatim-diajak-perkuat-hilirisasi-umkm-berbasis-hortikulturan/ article/view/480/757
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Galuh Onny Safitri, R. Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


