Peran O2O Business Administrator dalam Meningkatkan Proses Operasional di PT Semesta Integrasi Digital (Sekolah.Mu)

Authors

  • Fitri Maharani Andamdewi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R. Yuniardi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

O2O Business Administrator, Efisiensi Operasional, Pendidikan Digital, Manajemen Proyek, Komunikasi Terintegrasi

Abstract

Penelitian ini membahas peran O2O Business Administrator di PT Semesta Integrasi Digital (Sekolah.mu) dalam konteks meningkatkan efisiensi operasional. Dalam menghadapi tantangan kompleks administrasi di lingkungan Pendidikan digital, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan peran O2O Business Administrator dalam mengelola integrasi antara platform online dan aktivitas offline. Studi kasus dilakukan untuk menganalisis strategi pengelolaan dokumen yang efektif, perencanaan proyek yang terstruktur, dan komunikasi yang sistematis dalam mendukung operasional  harian.  Ditemukan  bahwa  implementasi prinsip-prinsip  manajemen  proyek,  komunikasi  organisasi yang efektif, sistem informasi manajemen yang terintegrasi, dan manajemen waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi hambatan administratif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan lebih lanjut dalam manajemen operasional di Sekolah.mu dan sektor pendidikan digital secara keseluruhan

References

Arifin, M. Z. (2022). Efektifitas Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Batu Bara. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17981

Belferik, R., dkk. (2023). Manajemen Proyek: Teori & Penerapannya. Edisi ke-1. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi.

Dua, I., & Rumerung, J. (2022). Kajian Efisiensi Dan Efektivitas Kerja Karyawan Bidang Administrasi Pada Pt. Manado Media Grafika. Manajemen Administrasi Bisnis Dan Pemasaran, 4(1 April), 118. https://Jurnal.Polimdo.Ac.Id/Index.Php/Mabp/Article/V iew/329

Erwin, dkk. (2024). Sistem Informasi Manajemen: Teori, Prinsip, dan Penerapan. Edisi ke-1. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi.

Hasanah, R., Islam, M. H., & Rachman, P. (2024). Peran Kepala Tatausaha Seba-gai Administrator Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Layanan Adminis-trasi di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Tiris. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1), 119-129. https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6032

Husada, S., & Yunus, U. (2024). Komunikasi Pemasaran Offline to Digital (O2O) PT. Bank Aladin Syariah Tbk. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 197-210. https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i1.3896

Julyanthry, J., Siagian, V., Asmeati, A., Hasibuan, A., Simanullang, R., Pandarangga, A. P., ... & Syukriah M, E. A. (2020). Manajemen Produksi dan Operasi. https://repository.unai.edu/id/eprint/284

Kaleb, B. J., Lengkong, V. P., & Taroreh, R. N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Manajemen dan Pengawasan-nya di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Kiswati, S., & Chasanah, U. (2019). Analisis Konsultan Manajemen Konstruksi terhadap Penerapan Manajemen Waktu pada Pembangunan Rumah Sakit di Jawa Tengah. Neo Teknika, 5(1).

Mukaromah, N., & Supriono, S. (2020). Pengaruh kecukupan modal, risiko kredit, efisiensi operasional, dan likuiditas terhadap profitabilitas perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015–2017. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(1), 67-78. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i1.1082

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Andamdewi, F. M., & Rusdianto, R. Y. (2025). Peran O2O Business Administrator dalam Meningkatkan Proses Operasional di PT Semesta Integrasi Digital (Sekolah.Mu) . Jurnal Sinabis, 1(6), 1690–1697. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/340

Issue

Section

Articles