Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Surabaya di Persebaya Store
Keywords:
Digitalisasi, Loyalitas Suporter, Persebaya Surabaya, Proses BisnisAbstract
Persebaya adalah klub sepak bola profesional Indonesia yang berbasis di Surabaya Jawa Timur yang didirikan pada tahun 18 Juni 1927 yang dikenal oleh orang banyak baik dari Indonesia maupun luar negeri, loyalitas supoter menjadi elemen penting atas keberlanjutanya klub sepak bola serta digitalisasi pada kanal penjualan merchandise resmi yang strategis untuk memperkuat hubungan antar klub dengan penggemarnya. Dengan adanya digitalisasi persebaya store supporter dapat mengakses produk resmi serta mendapatkan tanda tangan dari pemain secara cepat dan lebih murah harganya. Adanya web persebaya store ini membantu masyarakat surabaya atau para supporter dari luar kota bisa membeli melalui online. Dampak digitalisasi yaitu peningkatan pengalaman belanja supporter sehingga dapat memudahkan navigasi, metode pembayaran yang beragam, diskon yang diminati oleh masyarakat, memilih layanan pengiriman yang cepat serta program loyalitas digital. Web ini diawasi dan diatur oleh pemilik persebaya maka dari itu jika ada masukan dari masyarakat surabaya hal itu menjadi bahan evaluasi pemilik persebaya dan karyawan persebaya store
References
Al Qohirie, M. I., Masri, D., Apriyandi, A., & Harahap, B. (2022). Sosialisasi Penggunaan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Era Digitalisasi Pada Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan. MEJUAJUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 35-42. https://www.jurnal.yaspenosumatera.org/indexphp/mejuajua/article/view/66/52
Auzan, F. B., & Sukardani, P. S. (2022). Positioning Persebaya Store Dalam Membentuk Fashion Lifestyle. Commercium, 5(1), 44 - 55.
Febriani, S., Paiza, M., Rahmah, Novadilastri, & Sularno. (2023). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Es Teh Kampul. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 12-22. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jipm/article/view/132/183
Firdaus, M. R. Y., & Mashariono. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Persebaya Store. Ilmu dan Riset Manajemen, 8(6), 1 - 16. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2255/2260
Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152-161. https://jurnal.unidha.ac.id/index.php/jteksis/arti cle/view/392/228
Hartawan,, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 8(1), 217-228.
Irsalina Husna. (2020). Peran Kepu Asan Dan Keterikatan Emosional Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Anggota Persebaya Selamanya). Ilmu Manajemen, 8(2), 599 - 605. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/articl e/view/33674/30090
Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). Peran E-Bisnis dalam Pengembangan UMKM. Jurnal Economina, 1(2), 240-247. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/eco nomina/article/view/73/49
Jimmy Ignatius, & Firmandani, K. A. (2023). Analisa Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Persebaya Store. Simki Economic, 6(2), 333 - 339.
Lismula, R. J. A. (2022). Analisis Pengaruh E- Commerce terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Journal of Finance and Business Digital (JFBD), 1(2), 107-118.
Maharani, A., & Nurlukman, A. D. (2022). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Umkm Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Di Kota Tangerang. Sebatik, 27(1), 333-343. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/arti cle/view/2160/827
Maria, V., Gunawan, S. N., Faradiva, N. I., Agustiani, H., Ramadhan, D. C., & Salamah, F. (2024). Peran E-Commerce dalam Meningkatkan Akses Pasar bagi Produk UMKM Lokal di Kota Serang. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), 3(2), 155-164.
Rahmadani, A. P., Agustina, D., Khuzaimah, D., Ningsih, E. C. W., Assafillia, F., Kurniawati, K. D., Imanulloh, M., Rohim, R. N., Izzati, S. Z., Jannah, Z., & Nurlael, I. (2023). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan UMKMDalam Digitalisasi Marketing. Jurnal Literasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 57-66. https://www.ejournal.literaaksara.com/index.php/JLPPM/article/view/39/30
Ramdhan, D., Riskinanto, A., Ramadhan, G. B., Mardhiyyah, A., Thoriq, M. R., & Alfriadi, M. (2022). Digitalisasi Marketing Pada UMKM Cheese Me Bidang Kegiatan : PKM Pengabdian Masyarakat. Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 100-107
Sahrul, E. A., & Nuringsih, K. (2023). Peran E- Commerce Media Sosial dan Digital Transformation Untuk Peningkatan Kinerja Bisnis UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 286-299. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmieb/articl e/view/23293
Setiawan, B. (2018). Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang. Jurnal ABDIMAS Mandiri, 2(2), 106-110. https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/articl e/view/531/657
Sevina, F. B., & Pabulo, A. M. A. (2023). Upaya Digitalisasi Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kecamatan Juwana. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 251-257. https://pbsi- upr.id/index.php/Faedah/article/view/414/341
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298 – 309. https://repository.ubaya.ac.id/39011/
sholichah, I. P., Sutopo, & Nurul Iman. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Persebaya Store Komplek. Benchmark, 2(2), 165 - 170.
Zahra, P. A., & Arti Sukmalengkawati. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi), 6(3), 2008 - 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Natasya Olivia Cahyanti, Indah Respati Kusumasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


