Pelatihan AI dan Canva untuk Pelaku UMKM: Strategi Peningkatan Kompetensi Digital dalam Era Industri 4.0

Authors

  • Sultan Syarif Cakrayuda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Maharani Ikaningtyas Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pelatihan AI, Canva, UMKM, Keterampilan Digital, Industri 4.0, Adopsi Teknologi

Abstract

Pelatihan teknologi digital menjadi semakin penting bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan era Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pelatihan Kecerdasan Buatan (AI) dan Canva terhadap peningkatan keterampilan digital dan kinerja bisnis  UMKM. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan 50 pelaku UMKM dari berbagai sektor di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, dan survei kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan AI membantu UMKM dalam mengotomatiskan proses bisnis, menganalisis data pelanggan, dan mempersonalisasi strategi pemasaran. Sementara itu, pelatihan Canva meningkatkan kemampuan UMKM dalam menciptakan materi pemasaran yang menarik dan profesional, yang berdampak positif terhadap branding dan efisiensi promosi. Selain itu, pelatihan ini juga mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi dalam strategi pemasaran. Meskipun demikian, UMKM masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya,  kurangnya  dukungan teknis,  dan resistensi terhadap  perubahan teknologi.  Oleh karena itu, direkomendasikan adanya pengembangan program pelatihan berkelanjutan, peningkatan akses finansial, dukungan teknis yang lebih baik, dan kolaborasi multi-pihak untuk mendukung adopsi teknologi di kalangan UMKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan AI dan Canva memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keterampilan digital dan kinerja UMKM, menjadikannya sebagai investasi strategis dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di era digital.

References

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99-120.

Badan Pusat Statistik. (2023). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Jakarta: BPS

Canva. (2023). Panduan Penggunaan Canva untuk Bisnis. Diakses dari https://www.canva.com

Davenport, T. H., & Ronanki, R. (2018). Artificial Intelligence for the Real World. Harvard Business Review.

Mulyana, A. (2022). Implementasi Teknologi Digital pada UMKM di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 15(2), 45-60.

Prasetyo, B. (2021). Efektivitas Pelatihan Teknologi terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 78-95.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations. 5th Edition. New York: Free Press.

H. Dunan et al., “Pelatihan Foto Produk Untuk Meningkatkan Brand Image Dan Minat Konsumen Umkm Rumah Bumn Bandar Lampung

Product Photo Training to Improve Brand Image and Consumer Interest in Rumah BUMN Bandar Lampung,” J. Abdimas Gorontalo, vol. 5, no. 1, pp. 17–23, 2022.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

E. T. Alawiah, D. Setyorini, and Hasanudin, “Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pelatihan Pembuatan Label Kemasan menggunakan Canva,” J. Pengabdi. Masy. dan Ris. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 279–285, 2023, doi: 10.31004/jerkin.v2i1.163

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Cakrayuda, S. S., & Ikaningtyas, M. (2025). Pelatihan AI dan Canva untuk Pelaku UMKM: Strategi Peningkatan Kompetensi Digital dalam Era Industri 4.0. Jurnal Sinabis, 1(2), 361–365. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/345

Issue

Section

Articles