Transformasi Digital UMKM Melalui Pendampingan Teknologi: Studi Kasus Kedai Takoyaki & Maklor Mama Akmal di Desa Sarirogo, Sidoarjo

Authors

  • Cyntia Ayu Sukmaningati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Transformasi Digital, UMKM, Digitalisasi, Media Sosial

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dirancang untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam beradaptasi dengan tuntutan era digital. Digitalisasi menjadi krusial bagi UMKM agar dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat. Program ini secara khusus ditujukan untuk UMKM Kedai Takoyaki & Maklor Mama Akmal, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam memanfaatkan teknologi digital secara efektif guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Metode yang diterapkan dalam program ini mencakup pelatihan, pendampingan dan praktek langsung, serta praktik yang berfokus pada penguasaan teknologi digital, seperti penggunaan media sosial dan platform e-commerce sebagai sarana pemasaran dan penjualan.Selain itu, program ini tidak hanya memberikan pemahaman teoretis, tetapi juga keterampilan praktis yang relevan, sehingga UMKM mampu menerapkan strategi digital yang lebih efektif. Diharapkan, melalui evaluasi yang komprehensif dan berkelanjutan, program ini dapat memberikan dampak yang nyata dalam meningkatkan daya saing UMKM, memperluas akses pasar, dan mendukung perkembangan ekonomi lokal. Pada akhirnya, program ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sarirogo secara keseluruhan, dengan membuka peluang usaha yang lebih luas dan berkelanjutan bagi pelaku UMKM di wilayah tersebut

References

Ainun, A. (2020). Transformasi UMKM: Pendampingan pemasaran dan teknologi untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 4(1), 23-28.

Andriana, M., Sumarlin, T, Rakasiswi, S., Fitriani, N., Setiawan, D., Fitrianto, Y., Manalu, G., & Budi Nurmana, A. H. (2023). Implementasi Digitalisasi UMKM di Kabupaten Boyolali Melalui Pelatihan Pemasaran Online Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 994-999. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2. 936

Arsyad, A. A. J., & Tamrin, U. (2023). Transformasi UMKM Melalui Pendampi-ngan Keterampilan Literasi Digital. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 89-104. https://doi.org/10.31947/kareba.v12i 2.31402

Erdiansyah, E., Rismansyah, R., Najib, M. ., Kurbani, A. ., Maliah, M., & Sundari, S. (2024). Transformasi UMKM Menuju Era Digital di Kabupaten OKUS Sumatera Selatan . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 76–79. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.118 5

Fadlan, A. (2023) “Digitalisasi UMKM dengan Penguatan Media Sosial pada Kelompok UMKM di Kelurahan Pelawi Utara, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), 42-48. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i 02.823.Sidanti, H., Sari, E. W., Aziz,

A. N., Purwanto, H., Angella, D. S., & Noor, N. I. (2022). Transformasi Digital Marke-ting Industri Manco Kabupaten Madiun. Madaniya, 3(2), 271-278. https://doi.org/10.53696/27214834.1 58

Fajarino, A., Lisanty, N., & Hamidah, E. (2023). Edukasi Literasi Digital terhadap Pelaku UMKM Makanan Khas di Kota Palembang. JATIMAS: Jurnal Pertanian dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.30737/jatimas.v3i1.4550

Faujiyah, F., Yuniarti, T., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2023). Penerapan Media Digital Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bidang Kuliner di Area Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(3), 135–140. https://doi.org/10.55382/jurnalpustak amitra.v3i3.507

Fitra Farastutie, I., Yuma Eka Putri, M. ., & Manggalou, S. . (2023). Optimalisasi Digitalisasi UMKM di Kelurahan Rungkut Kidul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1762-1770. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3. 1203

Fitriani, I. D., Pratama, A., Quthb, A. N., Fadhlurrahman, F., Iwan, F. S. D., Hisyam, R. A. M., ... & Hunafa, Z. D. (2024). Digitalisasi UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran online di Desa Sindangpanon. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 391-398. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2. 810

Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60 -72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.3 88

Latief, F., Firman, A., Muslimin, I., Askar, H., & Nuggraha,. I. M. W.. (2024). Transformasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Pendampingan Entrepreneurship Dan Penggunaan Media Sosial Untuk Diversifikasi Di Desa Bonto Jai Kabupaten Bantaeng. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.37531/celeb.v3i2.1 753

Nita Merlina, Lia Mazia, Ida Zuniarti, Irhenda Zuniar Fakhira, & Jonatan Antonius Hutagalung. (2023). Pendampingan Penerapan Digital Marketing untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital . Majalah Ilmiah UPI YPTK, 30(2), 71–76. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i2.1 59

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022). Pendampingan pengembangan digitalisa-si UMKM masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan menghadapi era new normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14-24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.6 52

Putra, T. W. A., Solechan, A., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1). https://doi.org/10.26877/jiu.v9i1.150 96

Saputra, I. G. N. W. H., Wijaya, G. C., & Lestari, N. P. N. E. (2024). Transformasi Digital UMKM: Program Upskilling Digital Marketing di Pantai Jerman, Kuta - Bali. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengab-dian Nusantara, 8(3), 780-788. https://doi.org/10.29407/ja.v8i3.2350 9

Shela Marliya Oktafiyani, & Azfa Mutiara Ahmad Pabulo. (2023). Pendampingan Transformasi UMKM dengan Pende-katan Go Legal Bagi Pelaku Umkm Kopi Di Daerah Istimewa Yogyakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 7085–7090. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i12. 5579

Teddy Setiawan, Dwinanto Priyo Susetyo, & Eka Pranajaya. (2021). Edukasi Literasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1599–1606. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.6 92

Wahono, W., Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society: Jurnal Pengabdian dan Pem-berdayaan Masyarakat, 3(2),156-164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305

Wulandari, A., Dompak, T., & Salsabila, L. (2024). Transformasi Digital UMKM Studi Kasus Strategi Adopsi Teknologi. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 6(1), 21-30. https://doi.org/10.31539/joppas.v6i1. 11117

Was’an, G. H., Utarindasari, D., & Suratminingsih, S. (2023). Transformasi Digital untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Cileungsi: Pengabdian dalam Implementasi Solusi Inovatif. Bhakti Yustisia, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.56457/bhayu.v1i1. 47

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Sukmaningati , C. A. ., & Nirawati , L. . (2025). Transformasi Digital UMKM Melalui Pendampingan Teknologi: Studi Kasus Kedai Takoyaki & Maklor Mama Akmal di Desa Sarirogo, Sidoarjo . Jurnal Sinabis, 1(4), 1245–1252. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/346

Issue

Section

Articles