Menerapkan E-Commerce Sebagai Strategi Digitalisasi Untuk Usaha UMKM di Kelurahan Manyar Sabrangan Surabaya
Keywords:
E-commerce, Digitalisasi, UMKM, Pemasaran Digital, Manyar SabranganAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 2 minggu lebih dimuali jelajah lokasi bulan 7 Agustus 2024 pelaksanaanya sesuai dengan tahapan program dan selesai tgl 14 Agustus 2024. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan e-commerce sebagai strategi digitalisasi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Manyar Sabrangan, Surabaya. Saat ini, UMKM dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan meningkatkan daya saing mereka. Dengan menerapkan e-commerce, UMKM dapat memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan memaksimalkan pendapatan. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa e-commerce tidak hanya memudahkan transaksi, tapi juga memfasilitasi pelaku UMKM untuk berinovasi dalam pemasaran dan pengelolaan produk. Diharapkan penerapan e-commerce akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan keberlanjutan usaha UMKM di Kelurahan Manyar Sabrangan
References
Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM)
Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN: 2614-6711.
Wardana, Aditya. 2018. Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN: 978-602-17225-4-1.
Indriyani et al. (2024). Strategi Peningkatan Efisiensi Operasional UMKM di Era Digital: Pendekatan Kualitatif dengan Business Intelligence dalam Implementasi E- Commerce.
Saroyo (2023). Pengaruh E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM: Tinjauan Terhadap Implementasi Teknologi Digital.
Asiyah, S. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Ahmad, R., & Kurniawan, D. (2020). Implementasi e- commerce dalam pengembangan usaha mikro, kecil.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2022). "Laporan Tahunan Transformasi Digital UMKM."
Dewi, R. (2024). "Pemetaan Strategi E-commerce untuk UMKM." Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Digital.
Fujiyama (2024). Program Pengabdian kepada Masyarakat Telkom University Surabaya Bantu UMKM Desa Panjunan Go Digital.
JATIM SATU News. (2024). Digitalisasi UMKM Warga Manyar Sabrangan: Kelompok KKNT UPN 'Veteran' Jawa Timur.
Media Indonesia. (2023). UMKM 2023: Kendala Memasuki Pasar Digital
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Margaretha Exceline Louisa , Ety Dwi Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


